Langkah-Langkah Dalam Menganalisis Pesaing Bisnis yang Tepat

Langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis penting diketahui. Persaingan bisnis ketat sehingga jika tidak bisa menganalisa pesaing, dengan mudah bisnis Anda akan terkalahkan dengan kompetitor. Yang dimaksud dengan kompetitor adalah pebisnis dari perusahaan lain yang menawarkan produk atau jasa mirip atau bahkan sama dengan bisnis atau perusahaan Anda.

Sebagai konsumen tentu akan mempertimbangkan antara Anda dan pesaing Anda mana yang menawarkan produk atau jasa lebih bagus dan mana yang memiliki banyak kelebihan, yang terbaik akan dipilih konsumen. Agar Anda lebih mengenali siapa pesaing Anda, simak beberapa langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis berikut ini:

Menganalisis Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Analisis pesaing yang tepat ini sangat dibutuhkan oleh pebisnis. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menganalisa produk atau jasa yang mereka tawarkan. Anda bisa melakukan identifikasi siapa pesaing utama Anda dan juga siapa pesaing terdekat Anda yang mana memiliki potensi dalam mengancam perusahaan Anda di masa sekarang maupun di masa yang mendatang.

Melihat Besaran Pasar yang Dikuasai

Langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat besaran pasar yang dikuasai. Dengan melihat besaran pasar ini Anda jadi tahu seperti apa kekuatan pesaing Anda. Cara melihat besaran pasar ini adalah dengan mengetahui segmen pasar yang akan dilalui oleh pesaing. Itu artinya perusahaan Anda harus melakukan estimasi besaran pasar dan juga market share pada masing-masing pesaing. Market share yang harus Anda ketahui di masa sekarang dan juga di masa yang mendatang yang sudah dikuasai pesaing maupun yang belum secara keseluruhan.

Peluang dan Ancaman

Setelah Anda mengetahui market share, akan ada peluang dan juga ancaman yang mungkin akan ditimbulkan sekarang dan juga di masa yang datang. Setiap peluang ini harus diketahui agar menguntungkan bisnis Anda. Ancaman yang ditimbulkan ini juga harus bisa dilakukan antisipasi dengan segera agar tidak menimbulkan masalah ke depannya.

Keunggulan dan Kelemahan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah identifikasi kelemahan dan juga keunggulan pesaing.  Contoh kelemahan dan keunggulan yang harus di identifikasi adalah kelengkapan produk, mutu, kemasan, harga, distribusi, dan juga promosi.

Sasaran Pesaing

Pada dasarnya pesaing ini ada dua yaitu pesaing dekat dan pesaing jauh. Pesaing dekat adalah perusahaan yang memproduksi barang atau menawarkan jasa sejenis, sedangkan pesaing jauh adalah perusahaan bisnis yang memiliki jasa atau produk mirip dengan bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui sasaran pesaing dan siapa yang akan mereka jadikan target pasar selanjutnya. Contoh sasaran pesaing adalah untuk bisa memaksimalkan laba, memperbesar market share, peningkatan mutu produk, dan yang terakhir adalah mematikan maupun menghambat pesaing lainnya. Banyaknya sasaran pesaing tersebut membuat Anda bersikap cermat dan teliti.

Kempetitor

Kempetitor

Misalnya saja adalah sasaran pesaing Anda adalah untuk bisa meningkatkan laba, maka perusahaan Ada penting untuk mengetahui laba pendek dan jangka panjang, serta tindakan apa yang akan pesaing Anda tersebut ambil. Untuk peningkatan laba bisa dilakukan dengan meningkatkan kepuasan konsumen dengan berbagai macam cara seperti melalui pelayanan maupun memberikan harga yang relatif murah.

Jika sasarannya adalah memperbesar maka perusahaan Anda wajib mengetahui pertumbuhan marker share yang dimiliki. Untuk meningkatkan market share ini banyak perusahaan yang melakukan promosi secara gencar, diringi pembukaan cabang yang gencar. Sedangkan jika sasarannya adalah meningkatkan mutu produk maka tujuan mereka adalah menarik pelanggan milik pesaing.

Memenangkan Persaingan

Tidak hanya langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis saja yang penting untuk Anda ketahui, namun cara memenangkan persaingan pun juga sangat penting untuk Anda ketahui. Berikut ini adalah strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan bisnis Anda:

  1. Aktif promosi

Hal ini bisa Anda lakukan setelah Anda bisa menganalisa pesaing Anda secara tepat. Promosi ini bisa Anda lakukan dengan cara online maupun offline. Bisnis tanpa promosi tidak akan efektif karena masyarakat tidak tahu apa yang Anda jual, kelebihannya bagaimana, dan lain sebagainya.

Agar promosi Anda tepat sasaran ada baiknya jika Anda bisa menganalisis target pasar Anda dengan tepat. Untuk promosi secara online Anda bisa memanfaatkan media sosial atau dengan memanfaatkan iklan berbayar di media sosial, setelah itu buat konten iklan yang menarik. Atur siapa saja pemirsa yang bisa melihat iklan Anda tersebut.

Baca juga : 5 Cara dan Teknik Closing Produk dan Jasa Paling Ampuh

  1. Memperluas target pasar

Cara memenangkan persaingan usaha selanjutnya adalah memperluas target pasar Anda. Jika awalnya bisnis Anda ini hanya untuk remaja maka Anda bisa memperluas pasar Anda dengan menyediakan produk yang bisa dinikmati oleh berbagai usia sehingga Anda bisa mendapatkan jumlah transaksi yang lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

  1. Diskon dan promo

Hal terakhir adalah berikan diskon dan promo. Hal ini digunakan untuk menarik pelanggan lebih banyak dan menjadi apresiasi terhadap pelanggan-pelanggan Anda yang setia menggunakan jasa di perusahaan Anda atau dengan setia membeli produk-produk Anda.

Setiap bisnis pasti memiliki pesaing, terlebih lagi jika jenis bisnis yang digeluti ini sangat potensial. Keberadaan pesaing ini bukan untuk ditakuti namun menjadi tantangan bagi bisnis Anda untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik. Lakukanlah langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis di atas untuk bisa memenangkan persaingan bisnis.

Загрузка...

Tags: Langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar