Mau Hemat dan Aman Belanja di Tokopedia? Baca Ini Dulu!

Tokopedia merupakan salah satu start-up marketplace buatan anak negeri yang berlabel unicorn. Selain di Indonesia, rupanya Toped (sebutan gaul buat Tokopedia) terkenal juga di Asia Tenggara.

Sebagai mall online terbesar di Indonesia, siapa yang tak kenal dengan Toped ini? Mungkin kamu sudah sering berbelanja juga menggunakan aplikasinya untuk kebutuhan sehari-hari. Namunbuat kamu yang baru saja pertama kali akan berbelanja, dan bingung harus memulai dari mana, tenang saja karena pada kesempatan kali ini akan dikupas mengenai cara berbelanja di marketplace Toped yang aman tentunya mulai dari mencari produk, pembayaran, hingga produk yang dibeli sampai dengan selamat.

Tokopedia

Cara Mencari Produk di Tokopedia

Untuk memulai berbelanja, kamu perlu masuk terlebih dahulu ke aplikasi atau web resmi Tokopedia. Silahkan gunakan fitur pencarian untuk mencari produk tertentu. Bila masih bingung mau beli apa, jangan lewatkan informasi rekomendasi produk terpopuler.

Biasakan Baca Sebelum Membeli, Jadilah “Smart Buyer”

Bila kamu sudah menemukan produk yang dicari, selanjutnya klik gambar produk tsb untuk melihat deskripsi produk dan informasi tokonya. Biasakan untuk membaca segala informasi dan ketentuan yang ada di toko tsb. Selain deskripsi produk, jangan lupa untuk membaca diskusi dan ulasan yang ada pada produk tsb. Biasanya dengan informasi tsb akan memberikan gambaran bagaimana pelayanan toko dan bagaimana kualitas produk.

Bila kamu sudah yakin dengan produk yang dipilih, silahkan klik “Beli” atau klik “Masukkan Keranjang” bila kamu masih ingin membandingkan dengan merk lain atau toko lainnya.

Isi Data yang Benar sebelum Check Out

Setelah yakin dengan barang yang akan dibeli, selanjutnya adalah mengisi formulir pemesanan dengan benar dan lengkap. Pastikan jenis barang, jumlah dan variasi lainnya telah sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya masukkan alamat pengiriman dan pilih kurirnya. Setelah itu, pilih metoda pembayaran.

Metode pembayaran belanja di Tokopedia dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui transfer melalui rekening bank, pembayaran langsung menggunakan e-wallet, ataupun melalui gerai-gerai Alfamart / Indomaret.

Sebelum melakukan (klik) “Checkout”, pastikan lagi semua data yang diisi adalah benar dan lengkap.

Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan checkout, selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman pembayaran yang berisi no rekening bank atau virtual account Tokopedia. Di laman tsb juga tersedia petunjuk mengenai cara pembayarannya. Biasanya konfirmasi pembayaran akan dilakukan secara otomatis asalkan kamu mengikuti semua informasi yang ada di petunjuk pembayaran.

Memantau Status Pesanan

Saat melakukan pembelian, maka akan ada informasi mengenai estimasi kapan barang tsb akan dikirim dan kapan akan sampai. Bila sampai tanggal tsb, barang tsb belum sampai juga ke tangan kamu, silahkan gunakan fitur lacak status pesanan dengan cara klik “Pembelian” pada bagian “Profil Saya”. Bisa juga dengan klik “Inbox” Menu Notifikasi di header menu, lalu pilih “Status Pemesanan”, lalu klik “Lacak”.

Konfirmasi Penerimaan Barang

Saat menerima pesanan, biasakan untuk membuat video “unboxing” atau video saat membuka kemasan. Video ini akan sangat berguna sekali untuk digunakan sebagai bukti bila ternyata barang yang diterima ada cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi.

Bila semua sudah sesuai, maka kamu dapat melakukan konfirmasi penerimaan barang dan berikan penilaian juga. Namun bila ada cacat, kamu dapat meminta penggantian barang atau pengembalian dana dengan cara mengirimkan video unboxing tadi sebagai barang bukti.

Tips Belanja di Tokopedia yang Nyaman, Hemat, dan Aman

Berbelanja online memang memberikan berbagai kemudahan. Konsumen tak perlu pergi ke luar, cukup memiliki jaringan internet di rumah atau lokasi lainnya, bisa mendapatkan kebutuhannya. Namun agar berbelanja di Tokopedia bisa nyaman dan aman, perhatikan tips berikut ini.

  1. Pilih penjual online yang tepat dan terpercaya, cek kredibilitas toko dengan melihat hasil ulasan/review dari konsumen lain. Pastikan juga hanya membeli di aplikasi atau web resmi Tokopedia.
  2. Pastikan kualitas barang dengan seksama, sekali lagi jadilah “smart buyer”. Pastikan foto dan deskripsi produk sesuai dengan yang Anda inginkan saat pemesanan. Pastikan pula barang yang datang sesuai dengan yang Anda pesan.
  3. Perhatikan harga dengan mencoba membandingkan harga dengan toko lain yang jual barang dengan harga yang sama. Kamu dapat juga membeli produk yang sedang promo di Tokopedia sehingga lebih menghemat kantong.

Nah itulah informasi seputar tip-tips berbelanja di Tokopedia. Semoga bermanfaat …

Tinggalkan pesan "Mau Hemat dan Aman Belanja di Tokopedia? Baca Ini Dulu!"