7 Contoh Usaha Dekat Sekolah dan Kampus Paling Potensial Wajib Dicoba

Contoh usaha dekat sekolah dan kampus – Sekolah dan kampus menjadi lokasi yang ramai sehingga akan banyak peluang usaha yang bisa Anda lakukan di sini. Bisa dibilang area kampus dan sekolah adalah lokasi yang paling strategis karena tanpa harus mengumpulkan konsumen terlebih dahulu sudah banyak orang yang akan berkumpul di area tersebut. Mahasiswa mahasiswi, siswa atau siswi, sekaligus dengan tenaga pengajarnya bisa menjadi target bisnis Anda. Hanya saja Anda harus mampu melakukan analisa apa yang menjadi kebutuhan mereka setelah itu menjadikannya sebuah peluang usaha menguntungkan.

Khusus untuk sekolah Anda harus menyesuaikan dengan jenjangnya seperti TK, SD, SMP, dan juga SMA. Anda juga harus mengetahui kalangan siswa yang ada di sekolah tersebut apakah elite, atau yang standar dan biasa-biasa saja. Dengan melakukan pengamatan dan analisa target pasar yang baik ini Anda bisa menciptakan peluang usaha yang tepat pula. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha dekat sekolah dan kampus yang bisa menjadi pilihan:

Fotocopy

Usaha fotocopy

Usaha pertama yang bisa digeluti adalah fotocopy. Usaha ini cocok untuk semua jenjang mulai dari TK sampai dengan kuliah. Untuk usaha ini mungkin Anda akan banyak kompetitornya karena menjadi usaha yang paling praktis dan banyak dibutuhkan. Namun Anda tidak perlu risau karena jika mampu memberikan pelayanan terbaik dan harga kompetitif usaha Anda akan bisa bersaing dengan yang lainnya. Untuk bisa memberikan pelayanan terbaik gunakanlah kertas dan tinta yang berkualitas. Jangan lupa untuk melakukan maintenance terhadap mesin fotocopy secara rutin agar hasil cetakan memuaskan.

Jasa Rental

Contoh usaha dekat sekolah dan kampus yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah jasa rental. Jasa ini banyak dibutuhkan oleh anak sekolah dan juga mahasiswa. Untuk anak sekolah tidak jarang mereka belum memiliki laptop atau komputer dan printer untuk mengerjakan tugas-tugas mereka sehingga membutuhkan jasa rental untuk mengerjakan tugas tersebut. Untuk mahasiswa sering sekali ada yang enggan membawa laptop pribadi dengan alasan berat  padahal ada beberapa tugas dadakan dari dosen yang harus diketik dengan menggunakan komputer sehingga peluang bisnis jasa rental ini masih terbuka lebar.

Game Online

Game Online

Game Online

Usaha selanjutnya adalah game online. Saat membuka usaha ini Anda tidak boleh melanggar kebijakan sekolah yang sering melarang murid-muridnya bermain game tanpa kenal waktu. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa membuka bisnis game online saat jam pulang sekolah dan juga menutupnya pada pukul 8 malam agar murid-murid tidak melupakan belajar mereka. Berbeda lagi dengan kampus yang memiliki jam belajar lebih fleksibel dibandingkan dengan anak sekolah.

Alat Tulis

Peralatan Alat Tulis

Peralatan Alat Tulis

Contoh usaha dekat sekolah dan kampus yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membuka toko alat tulis. Anda bisa menyiapkan berbagai macam kertas, alat tulis, spidol, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin lengkap alat tulis yang Anda siapkan akan semakin bagus. Selain itu berikanlah harga yang kompetitif agar bersaing dengan kompetitor Anda.  Sebenarnya Anda bisa membuka usaha ini dengan jasa lainnya seperti fotocopy atau rental namun modal yang dikeluarkan terlalu besar. Anda juga harus bisa mengetahui siapa kompetitor Anda, kemudian berikanlah nilai lebih pada bisnis. Misalnya saja kompetitor Anda menyediakan alat tulis kurang lengkap maka Anda bisa menyediakan alat tulis yang lengkap dan tidak dijual kompetitor.

Jualan Pulsa dan Kuota

Contoh usaha dekat sekolah dan kampus yang bisa Anda lirik jualan pulsa dan kuota. Saat ini hampir semua mahasiswa memiliki smartphone begitu pula dengan siswa di jenjang SMP dan juga SMA. Untuk menjalankan bisnis ini Anda harus bisa memberikan harga kompetitif. Selain itu penting bagi Anda untuk berjualan pulsa maupun kuota secara kekinian yang bebas trouble. Jika Anda masih berjualan pulsa dengan cara lama akan ada beberapa hambatan yaitu terkena biaya SMS, selain itu nomor center untuk mengirimkan perintah sering trouble sehingga tidak bisa masuk ke nomor penerima tepat waktu. Jika hal ini sering terjadi konsumen akan complain dan beralih ke kompetitor Anda. Untuk berjualan pulsa maupun kuota secara kekinian Anda bisa menggunakan aplikasi atau marketplace seperti Kudo, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Laundry

Usaha yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah laundry.  Hidup jauh dari keluarga dan orang tua membuat mahasiswa harus mandiri mulai dari makan sampai dengan keperluan mencuci baju. Karena aktivitas kampus yang padat sering sekali tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian tersebut sehingga jasa laundry ini sering menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk membuat pakaian nya tetap rapi dan wangi.

Kos

Jenis usaha terakhir adalah kos. Usaha ini membutuhkan modal yang banyak sehingga menjadi usaha terakhir yang bisa Anda pilih. Untuk bisa sukses Anda harus mengetahui terlebih dahulu dari mana asal mereka apakah banyak dari dalam kota atau luar kota agar bisnis kos Anda ini menjadi tepat sasaran. Selain itu ciptakanlah kamar kos yang nyaman dengan fasilitas terbaik, kemudian berikanlah harga kompetitif.

Demikianlah beberapa contoh usaha dekat sekolah dan kampus yang potensial untuk Anda geluti, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Contoh usaha dekat sekolah dan kampus Contoh usaha dekat sekolah dan kampus terbaru prospek usaha dekat sekolah dan kampus usaha dekat sekolah dan kampus

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar