6 Etika Bisnis di Sosial Media yang Harus Anda Perhatikan

Etika bisnis di sosial media – Hampir setiap elemen memiliki etikanya masing-masing, misalnya saja adalah ketika menyampaikan pendapat, bermusyawarah, berbisnis dan dalam menggunakan sosial media. Namun saat ini banyak masyarakat yang melupakan etika dalam menggunakan sosial media dan internet tersebut, alasannya dikarenakan sulit dilacak oleh orang lain. Oleh sebab itu akan mudah sekali menemukan kalimat bullying atau hinaan terhadap orang lain di sosial media.

Sebagai orang yang bijaksana, Anda harus bisa menjunjung tinggi etika tersebut. Terlebih lagi jika Anda menggeluti bisnis, menjunjung tinggi etika sangat penting dalam mengembangkan bisnis Anda. Berikut ini adalah etika bisnis di sosial media yang harus diperhatikan oleh Anda:

 

Mulai dari lingkaran Pertemanan

Etika bisnis di sosial media yang bisa Anda lakukan adalah mulailah dari lingkaran pertemanan. Di sosial media ini ada orang yang tidak dikenal menjadi teman Anda, oleh sebab itu ketika sedang melakukan promosi bisnis Anda bisa memulai dari lingkaran pertemanan terlebih dahulu. Pilihlah sosial media yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter atau Path.

Hindari Bom Komentar

Bom Komentar instagram

Bom Komentar instagram

Etika bisnis di sosial media yang harus dihindari adalah jangan menggunakan bom sms atau bom comment. Hal ini bisa sering terjadi di instagram para artis yang mana di kolom komentarnya banyak digunakan untuk promosi bisnis. Karena ada yang risih dengan promosi seperti itu ada beberapa artis yang menggunakan block otomatis sehingga ketika ada yang bom komentar di instagramnya maka akunnya langsung terblok. Pebisnis yang memiliki etika tidak akan menggunakan cara seperti ini di sosial medianya. Bom komentar hanya akan membuat reputasi bisnisnya menjadi jelek, selain membuat penuh kolom komentar orang yang membaca bukannya tertarik namun justru menjadi ilfeel.

Hindari Menebar Spam

stop nyepam

stop nyepam

Sama halnya dengan bom komentar, spam ini juga bukan etika bisnis yang baik. Bedanya adalah bom komentar mengomentari postingan dengan komentar yang sama dan banyak, spamming ini adalah mengomentari postingan orang lain namun ujung-ujungnya promosi juga. Contoh kalimatnya adalah “Cek IG kita ya” atau bisa juga “Jual follower bergaransi 100% asli” dan lain sebagainya. Spamming tersebut bukannya di lirik tapi membuat orang lain yang membacanya menjadi ilfeel. Kalau emang niatnya mau promosi, Anda bisa membuat postingan sendiri di sosial media yang dimiliki dimana postingan tersebut terlihat lebih profesional dibandingkan dengan spamming di instagram orang lain.

Nge-Tag Banyak Orang di Facebook

facebook tags

facebook tags

Salah satu etika bisnis yang harus Anda hindari adalah jangan asal memberikan tag pada postingan Anda. Mungkin Anda menganggap memberikan tag banyak orang pada postingan promosi lebih efisien padahal tindakan tersebut bukan suatu etika yang baik dalam berbisnis. Ada orang yang tidak suka jika akun Facebooknya dikait-kaitkan dengan post yang berisi promosi dimana hal tersebut akan membuat lini masa atau kronologinya menjadi penuh dengan iklan. Jika memang Anda ingin membuka lapak bisnis bisa dengan memanfaatkan Facebook Ads yang mana akan membuat iklan Anda menjadi lebih profesional. Anda juga bisa membuka lapak di lini masa Anda sendiri sehingga tidak akan merugikan orang lain.

Hindari Mengambil Foto Orang Lain

Untuk mempromosikan suatu produk Anda tidak diperbolehkan mengambil foto orang lain yang mana akan membuat foto dengan produk terlihat berbeda. Jika memang foto tersebut tidak sama dengan produknya, Anda bisa menambahkan keterangan pada produk seperti kemiripan dengan gambar sekitar 80% sampai 90% sehingga konsumen tidak akan kecewa dengan produk yang dijual.

Coy paste Kalimat Promosi Lapak Orang Lain

Etika buruk ketika berbisnis adalah copy paste kalimat promosi di lapak milik orang lain. Meskipun kalimat promosi tersebut tidak mengandung hak cipta namun Anda tidak boleh melakukan hal tersebut. Buatlah kalimat promosi Anda sendiri sehingga tidak akan menimbulkan masalah ke depannya. Sekali ada masalah yang menyangkut bisnis Anda akan menimbulkan citra yang buruk. Jika memang tidak pandai dalam merangkai kalimat promosi, Anda bisa meminta jasa orang lain untuk membuatkan kalimat promosi yang menarik hati konsumen.

kopas kalimat iklan instagram

kopas kalimat iklan instagram

Etika akan menjadikan Anda sebagai pribadi yang berkualitas. Begitu pula saat bermain atau menggunakan sosial media. Gunakanlah etika bisnis di sosial media yang baik dan benar agar bisnis semakin profesional dan berkembang lebih baik.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

etika dalam berbisnis di media sosial -investasi di sosial media -apa yang harus diperhatikan dalam etika penggunaan instagram -cara buat qna di ig -Etika beriklan di sosmed -Etika bisnis via fb -Etika promosi dilapak orang lain -hal hal yang harus dihindari dalam etika bisnis di WhatsApp -

Tags: bagaimana Etika bisnis di sosial media Etika bisnis di sosial media

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Etika Bisnis di Sosial Media yang Harus Anda Perhatikan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan