5 Daftar Makanan Khas Jogja yang Potensial Dijadikan Usaha

Daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha – Jogja tidak hanya terkenal dengan pariwisatanya saja namun juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Selain disebut dengan kota pelajar, Jogja juga dikenal dengan kota kuliner. Dilihat dari sejarahnya Jogja ini memiliki makanan khas dan juga jajanan yang cukup terkenal. Soal harga tidak perlu khawatir karena harganya terjangkau, hanya dengan mengeluarkan budget mulai dari 10 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mencicipi kuliner khas di Jogja ini.

Dengan melihat banyaknya daftar makanan khas Jogja tersebut Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang potensial. Banyak wisatawan yang mengaku cocok dengan makanan-makanan tersebut dan ingin kembali memakannya tapi sayang mereka tidak memiliki waktu untuk datang kembali ke Jogja selain itu biaya perjalanan yang harus dikeluarkan tidak sedikit sehingga hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menggeluti bisnis kuliner Jogja tersebut. Berikut ini adalah daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha paling potensial:

Gudeg

Gudeg

Usaha Gudeg

Daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha pertama adalah gudeg. Tentu Anda sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Gudeg terbuat dari buah nangka muda dicampurkan dengan beberapa bumbu membuat gudeg ini memiliki rasa yang lezat dan manis. Jika Anda menggeluti usaha ini tentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Selain itu perhatikan lokasinya dengan baik. Di Jogja sudah banyak kompetitor yang siap menanti Anda dimana mereka tidak hanya berpengalaman namun juga menjadi pelopor gudeg itu sendiri seperti Gudeg Yu Djum dan masih banyak lagi lainnya.

Jika ingin menggeluti bisnis gudeg di Jogja Anda harus bisa melakukan inovasi dan memberikan harga yang kompetitif, sedangkan jika ingin menggelutinya di luar Jogja pilih lokasi yang strategis dan benar-benar tepat untuk menjalankan bisnis Anda. Inovasi yang bisa Anda lakukan untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis ini adalah dengan menyediakan gudeg yang tahan lama sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Anda juga bisa membuat varian gudeg lainnya dan melakukan inovasi seperti gudeg mercon, gudeg babat, gudeg manggar, gudeg basah, dan bisa juga membuat gudeg dengan cita rasa  gurih.

Oseng Mercon

Oseng Mercon

Oseng Mercon

Daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha selanjutnya adalah oseng mercon. Yang membuat oseng ini banyak disukai karena  cita rasanya yang pedas dan tersedia dalam berbagai macam pilihan seperti daging sapi, daging tetelan, atau juga bisa kikil. Disebut dengan oseng mercon karena rasanya yang sangat pedas dan ketika di mulut rasa pedasnya akan meledak seperti mercon. Untuk membuat oseng ini Anda membutuhkan cabai rawit dalam jumlah yang banyak. Kendala yang bisa Anda hadapi untuk menggeluti bisnis ini adalah harga cabai rawit yang bisa meroket sampai ratusan ribu rupiah per kilogramnya dimana hal itu akan membuat biaya pengeluaran bisnis Anda membengkak.

Agar sukses dalam menggeluti bisnis ini Anda harus menjaga kualitas dan cita rasa dari oseng mercon Anda. Untuk pemasarannya pun mudah karena mayoritas masyarakat Indonesia sangat menyukai pedas. Agar bisa tahan untuk pengiriman luar kota Anda bisa melakukan pengemasan dengan menggunakan mesin vacuum sealer, dimana mesin ini membuat tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan sehingga awet sampai berhari-hari.

Bakpia Khas Jogja

Bakpia Khas Jogja

Makanan khas Jogja yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah bakpia. Tentu sudah tidak asing dengan makanan satu ini dimana awalnya bakpia hanya terbuat dari isian kacang hijau dan juga kacang merah saja. Kini bakpia memiliki berbagai macam varian isian mulai dari susu, susu keju,  cokelat, durian, strawberry, dan masih banyak lagi lainnya. Yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah garing di luar namun lembut di dalam.

Walang Goreng

Jadah Tempe

Jika Anda bosan dengan ide kuliner khas itu-itu saja Anda bisa mencoba kuliner yang sedikit ekstrem yang berasal dari Gunung Kidul yaitu walang goreng. Walang goreng artinya belalang goreng yang memiliki cita rasa gurih dan manis. Belalang yang sering dijadikan sebagai makanan adalah belalang kayu yang tidak beracun dan aman dikonsumsi. Meski termasuk kuliner ekstrem namun belalang ini memiliki tinggi protein sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menyukai kuliner satu ini.

Jadah Tempe

Jadah Tempe

Makanan  khas Jogja yang bisa dijadikan peluang usaha terakhir adalah jadah tempe. Jadah merupakan makanan kenyal gurih terbuat dari tepung ketan dicampurkan dengan santan yang diberikan sedikit garam. Jadah dengan cita rasa yang gurih tersebut akan pas jika dimakan dengan tempe bacem yang memiliki cita rasa manis. Karena perpaduan rasa yang pas ini membuat jadah tempe menjadi kuliner yang saat digemari. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai peluang usaha yang potensial.

Sebenarnya masih banyak sekali makanan khas Jogja yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis ini penting bagi Anda untuk tidak hanya tahu daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha saja, namun Anda juga harus tahu siapa target pasar Anda, lokasi pendirian usaha yang tepat, dan masih banyak lagi lainnya supaya bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Загрузка...

Tags: apa saja daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha daftar makanan khas Jogja yang bisa dijadikan usaha

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar