3 Cara Mendapatkan SDM yang Berkualitas Paling Berhasil

Cara mendapatkan SDM yang berkualitas – Bukan menjadi rahasia lagi jika SDM yang berkualitas amat sangat dibutuhkan dalam roda bisnis atau perusahaan. Tanpa adanya SDM yang berkualitas maka roda perusahaan atau bisnis tersebut tidak bisa berjalan sesuai semestinya. Oleh sebab itulah tidak jarang banyak perusahaan yang mencantumkan beberapa syarat kriteria bagi calon pelamar kerja yang ingin menjadi SDM di perusahaan tersebut.

Tidak salah memang perusahaan mematok syarat yang tinggi dan muluk-muluk, namun yang harus diingat di sini mematok syarat yang tinggi bukan menjadi jaminan jika perusahaan akan langsung mendapatkan SDM yang berkualitas. Dari sekian banyaknya pelamar kerja, harus bisa memilih mana SDM yang berkualitas dan mana yang tidak. Jangan sampai salah rekrut karena hanya akan menghambat perusahaan untuk mencapai tujuan. Simak beberapa cara mendapatkan SDM yang berkualitas berikut ini:

Tentukan Kualifikasi

Cara Mendapatkan SDM

Cara Mendapatkan SDM

Untuk bisa mendapatkan SDM yang berkualitas adalah tentukan kualifikasinya terlebih dahulu. Banyak perusahaan yang hanya berpatokan dengan IPK padahal bukan menjadi jaminan kalau dia adalah orang yang berkualitas. Masih banyak yang mengukur tingkat kecerdasan dan juga kerajinan seseorang dari IPK saja sebab bisa saja IPK yang tinggi tersebut didapatkannya dengan cara yang tidak jujur. Oleh sebab itu tentukanlah kualifikasinya tidak hanya sebatas IPK saja.

Cantumkan beberapa kualifikasi yang dibutuhkan, misalnya adalah perusahaan membutuhkan SDM untuk marketing maka kualifikasi yang dibutuhkan adalah lulusan yang berhubungan dengan penjualan yang mana memiliki pengetahuan dan skill tentang menjalankan strategi marketing yang jitu.  Jika perlu perusahaan juga melampirkan job desknya sehingga sebelum pelamar banyak yang tahu apakah dirinya memenuhi kualifikasi atau tidak.

Berikan Tes Spesifik

Psikotes

Psikotes

Banyak yang mengeluhkan tes untuk masuk kerja yang sulit, padahal tes tersebut dibuat untuk mengetahui seperti apa kualitas dari si pelamar tersebut. Hanya pelamar yang lolos tes saja yang akan dipekerjakan. Saat ini hampir semua perusahaan mewajibkan pelamarnya untuk mengikuti tes, seperti potensi akademik, psikotes, tes tertulis berhubungan dengan bidang yang dilamar, tes praktik, dan yang terakhir adalah sesi wawancara. Panjangnya tes tersebut bukan tanpa alasan namun digunakan untuk mengetahui kepribadian dan juga kualitas dari calon pelamar.

Gali Informasi Lebih Jauh

Gali Informasi Lebih Jauh

Gali Informasi Lebih Jauh

Cara mendapatkan SDM yang berkualitas selanjutnya yang penting adalah menggali informasi lebih lanjut. Ada perusahaan yang lebih fokus ke memberikan tes dibandingkan dengan menggali informasi yang lebih jauh tentang calon pelamar. Menggali informasi lebih jauh ini berguna untuk mengetahui seberapa tertarik si calon pelamar tersebut untuk bekerja di perusahaan. Jika melamar hanya dijadikan sebagai batu loncatan maka perusahaan perlu mempertimbangkan kembali untuk menerimanya menjadi karyawan. Untuk bisa mengetes seberapa tertarik pelamar tersebut untuk bekerja di perusahaan bisa dengan cara memberikannya beberapa pertanyaan seperti berikut ini:

1. Dari mana Mendapatkan Info Lowongan Kerja

Hal pertama yang bisa ditanyakan adalah dari mana mendapatkan informasi lowongan kerja. Pastikan perusahaan juga mengingat dimana saja membuka lowongan kerja tersebut apakah di forum, internet, atau media cetak.

2. Profil Perusahaan

Tanyakan pula profil perusahaan dan menyasar di sektor apa. Biasanya jika pelamar asal menyebar lamaran tidak akan mengetahui hal ini. Tanyakan profil perusahaan pada saat wawancara sehingga dari gestur dan cara menjawabnya bisa terlihat apakah pelamar benar-benar berminat bekerja di perusahaan tersebut. Pelamar yang benar-benar tertarik bekerja akan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang akan dilamarnya.

3. Gaji

Tips mendapatkan karyawan yang berkualitas adalah tanyakan gaji. Gaji merupakan bagian sensitif yang sering ditanyakan oleh perusahaan. Tanyakan kepada si pelamar berapa gaji yang diminta. Jika si pelamar menjawab gaji yang diinginkan sesuai dengan range gaji di posisi tersebut maka perusahaan bisa menerimanya untuk bekerja. Hal itu dikarenakan si pelamar benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut karena sudah menggali banyak informasi tentang perusahaan yang akan dilamarnya. Pelamar dengan tipe seperti ini akan menjadi seorang karyawan yang berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaan dimana dia bekerja.

4. Tunjukkan Fasilitas

Cara mendapatkan SDM yang berkualitas dengan menunjukkan fasilitas yang akan didapatkan. Banyak pelamar kerja yang pilih-pilih dalam melamar pekerjaan yang cocok. Supaya bisa menarik calon SDM yang berkualitas untuk melamar pekerjaan tunjukkan fasilitas yang bisa didapatkan oleh karyawan yang bekerja di perusahaan misalnya tunjangan makan, kesehatan, dan lain sebagainya.

5. Hindari Rasa Kasihan

Kesalahan yang sering terjadi di perusahaan kecil maupun besar sekalipun merekrut karyawan karena rasa kasihan atau pertemanan. Banyak HRD yang terpaksa menerima pelamar tersebut karena kenal dengan si A atau si B di dalam perusahaan, kemudian karena rasa tidak enak si HRD menerimanya untuk bekerja padahal belum tentu pekerjaan tersebut cocok dengannya. Jika hal ini dibiarkan akan bisa mengganggu efektivitas dan efisiensi perusahaan.

SDM yang berkualitas akan menjadi tidak berkualitas jika perusahaan ingkar janji kepadanya. Oleh sebab itu tidak hanya cara mendapatkan SDM yang berkualitas saja yang harus diketahui namun juga bagaimana cara mempertahankan kinerjanya agar selalu memberikan hasil terbaik untuk perusahaan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bagaimana cara mendapatkan sdm yang berkualitas -cara mendapatkan sdm yang berkualitas -tips memilih sdm untuk pengusaha -cara mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas -upaya untuk mendapatkan SDM yang berkualitas -mencari sdm -bagaimana cara mendapatkan sdm yang profesional -Cara mendapatkan SDM -cara mencari sdm yang berkualitas -cara mencari sdm yang baik -

Tags: bagaimana Cara mendapatkan SDM yang berkualitas Cara mendapatkan SDM terbaru Cara mendapatkan SDM yang berkualitas Cara mendapatkan SDM yang berkualitas terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Cara Mendapatkan SDM yang Berkualitas Paling Berhasil"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan