7 Tips Menjadi Blogger bagi Pemula Sampai Sukses

Menjadi blogger memang mudah, Anda hanya perlu membuat blog lalu merilis konten. Tapi bagaimana caranya menjadi blogger yang sukses dan mendapat banyak penghasilan lewat blog tersebut? Tentu saja tidak semudah yang Anda kira. Perlu adanya dedikasi tinggi dan pengetahuan yang luas di dunia blogger agar Anda berhasil survive di tengah ketatnya persaingan dunia digital.

Blogger

Oleh karena itu, khusus bagi Anda para blogger pemula yang ingin menjadi blogger profesional, sebaiknya simak dulu ulasan di bawah ini. Kami akan menjelaskan secara rinci 7 tips menjadi blogger bagi pemula sampai sukses dan menghasilkan pendapatan pertamanya.

7 Tips Menjadi Blogger untuk Pemula agar Sukses dan Profesional

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang blogger profesional yang sukses. Tapi setidaknya 7 hal berikut ini wajib Anda lakukan sebagai langkah awal meniti karir dari blogger pemula sampai sukses.

1. Meningkatkan Skill Menulis

Modal utama Anda sebagai blogger bukanlah laptop yang canggih, melainkan skill menulis. Ya, semua blogger wajib memiliki skill menulis agar mampu menyampaikan informasi dengan lebih baik. Skill menulis juga harus selalu diasah sehingga performa blog Anda bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan skill menulis adalah:

  • Penjelasan yang sederhana.
  • Menggunakan kalimat dan paragraf pendek.
  • Menghindari kata yang berulang.
  • Memerhatikan struktur artikel.
  • Membatasi topik yang spesifik.

2. Disiplin Waktu

Time management adalah tips menjadi blogger bagi pemula yang wajib Anda kuasai. Seorang blogger harus memiliki time management yang baik dan bisa disiplin waktu. Setidaknya Anda harus memiliki waktu atau jam kerja untuk mengelola blog Anda. Seperti waktu khusus untuk menggali konsep dan ide, menulis artikel, menentukan target posting, memaksimalkan jam terbaik untuk posting konten, hingga meningkatkan produktifitas harian Anda.

Seorang blogger yang disiplin waktu akan lebih mudah menghasilkan konten yang berkualitas karena tidak akan bosan atau terburu-buru saat harus mengejar deadline. Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu ekstra untuk belajar dan mempelajari berbagai skill baru.

3. Pelajari Fotografi

Sebagai seorang blogger, mungkin Anda berpikir bahwa tips menjadi blogger bagi pemula hanya sebatas jago nulis. Padahal tidak, Anda juga harus jago fotografi untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan gambar atau foto yang didapat dari internet dan memasukkannya ke blog Anda.

Tapi hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa ada peningkatan skill. Anda wajib mempelajari skill fotografi yang baik meski hanya bermodalkan kamera smartphone. Setidaknya Anda dapat menghasilkan gambar yang original dan hal ini akan mendapat apresiasi yang lebih tinggi dari para pengunjung blog.

4. Kuasai SEO Marketing

Tips menjadi blogger bagi pemula yang selanjutnya adalah menguasai Search Engine Optimization atau SEO. Ilmu SEO selalu berkembang sehingga Anda harus update dan mencari optimasi blog yang paling tepat.

Lewat SEO marketing Anda bisa meningkatkan trafik pengunjung dengan signifikan. Nantinya blog atau konten artikel Anda memiliki kesempatan tampil di halaman pertama mesin pencarian Google. Selain itu, mempelajari SEO juga mempermudah Anda dalam membuat konten yang spesifik berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari publik.

5. Membangun Jaringan

Seorang blogger pemula juga harus memiliki jaringan yang luas. Relasi adalah salah satu alasan kenapa Anda bisa menjadi blogger yang terkenal dan bertemu bertemu dengan banyak client. Setidaknya Anda perlu mempromosikan blog ke rekan-rekan terdekat Anda. Setelah itu Anda bisa bergabung dengan komunitas blogger secara online maupun offline.

Anda juga bisa menawarkan kolaborasi dengan blogger lain di niche market yang sama. Seperti misalnya membuat konten bersama blogger yang hobi traveling seperti Anda. Atau bahkan membuat konten blog seputar kulineran untuk Anda yang hobi makan-makan.

Baca juga :  Ternyata Banyak Manfaat Menjadi Guest Blogger Loh!

6. Inovatif dan Kreatif

Tips menjadi blogger bagi pemula yang satu ini mungkin terdengar klise, tapi sebenarnya wajib Anda miliki, yaitu inovatif dan kreatif. Anda harus mampu membuat konten yang tidak hanya menarik, tapi memberi inovasi dan menawarkan solusi untuk banyak orang. Berikan value atau benefit lewat konten Anda sehingga orang-orang mendapat pengetahuan tambahan.

Selain itu, Anda juga harus kreatif dalam mengemas konten tersebut agar tetap menarik meskipun pembahasannya cukup dalam. Dengan menggabungkan inovasi dan kreatifitas, blog yang Anda bangun bisa berbeda dari blog lain dan berpotensi mendapat lebih banyak pengunjung.

7. Konsisten

Tips menjadi blogger bagi pemula yang terakhir adalah konsisten. Semua hal di atas tidak akan ada artinya apabila hanya Anda lakukan sekali saja. Seorang blogger pemula juga tidak akan menjadi profesional apabila dia berhenti di minggu pertama sebagai blogger. Konsisten menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam dunia blogger dan internet. Semakin lama Anda merintis blog tersebut maka peluang keberhasilannya semakin tinggi.

 

Tags: Cara menjadi blogger bagi pemula Tips menjadi blogger bagi pemula

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar