Ini Dia 9 Tips Memulai Bisnis Bagi Milenial

Tips memulai bisnis bagi milenial – Meski saat ini kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja, namun bukan berarti tidak ada harapan untuk bangkit. Banyak orang yang memang harus menelan kenyataan pahit bahwa mereka harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah pandemi ini. Di saat yang bersamaan banyak juga pengangguran, yang pada akhirnya menuntut mereka untuk memutar otak bagaimana cara agar tetap bisa bertahan dari kondisi ekonomi.

bisnis milenial

bisnis milenial

Memang terlihat sulit, namun merintis bisnis di tengah pandemi juga bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Bagi para milenial yang ingin mulai merintis bisnis, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis bagi milenial yang mungkin bisa Anda praktekkan.

Mulailah dari Sesuatu yang Anda Sukai

Ketika akan mulai berbisnis, maka mulailah melakukan observasi dari hal-hal kecil yang memang Anda sukai. Ketika menjalani sesuatu yang berkaitan dengan apa yang Anda sukai setidaknya Anda akan lebih nyaman dan gembira ketika melakukannya. Sehingga saat harus berjuang pun Anda tak merasa tertekan, karena pada dasarnya bisnis itu adalah sesuatu yang memang senang Anda lakukan.

Banyak Menimba Ilmu dari Manapun

Sebelum memulai bisnis apapun cobalah untuk mencari lebih banyak ilmu. Anda bisa sharing dengan kawan atau saudara yang sudah lebih dahulu terjun ke dunia bisnis. Anda juga bisa bergabung ke grup pebisnis untuk mengambil ilmu yang baik dari mereka.

Webinar atau seminar online tentang bisnis saat ini juga mulai banyak digelar, jadi tak ada kata sulit untuk menimba ilmu jika Anda memang serius ingin melakukannya.

Tentukan Target Pasar Anda

Saat Anda sudah tahu akan menjalankan bisnis apa, tips memulai bisnis bagi milenial selanjutnya adalah mulai menentukan target pasar. Mengapa target pasar ini penting? Sebab dengan mengetahui target pasar yang tepat, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat pula. Sehingga diharapkan target penjualan pun dapat tercapai.

Target pasar ini bisa mengenai usia, misalnya bayi, anak-anak, dewasa atau orang tua. Bisa juga dengan melihat kalangan ekonomi, misalnya kalangan ekonomi menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Buat Konsep Bisnis Secara Jelas

Sebelum benar-benar memulai sebuah bisnis Anda tentu harus membuat konsep bisnis yang jelas dan matang terlebih dahulu. Konsep ini terdiri atas proses pra produksi, saat produksi, pasca produksi, strategi pemasaran, target pasar dan sebagainya.

Dari konsep inilah nantinya Anda mendapatkan acuan dalam menjalankan bisnis Anda. Konsep bisnis ini juga yang akan menjadi bahan evaluasi, apakah sudah sesuai rencana ataukah belum bisnis yang sedang Anda jalani.

Analisis Kompetitor Anda

Sebenarnya Anda juga bisa belajar dari kompetitor Anda. Dengan menilai sisi kelebihan dan kekurangan bisnis kompetitor Anda dapat menemukan celah untuk berinovasi. Dengan melihat kompetitor juga Anda akan menemukan gambaran mengenai target pasar bisnis Anda.

Persiapkan Modal Usaha dan Dana Cadangan

Tips memulai bisnis bagi milenial selanjutnya adalah menghitung serta mempersiapkan modal dengan baik, serta Anda juga harus menyiapkan dana cadangan sebagai persiapan apabila terjadi hal yang diluar rencana pada bisnis Anda.

Modal ini nantinya digunakan untuk pembelian keperluan bisnis, untuk promosi atau iklan serta untuk tenaga kerja apabila Anda memang merencanakan untuk merekrut karyawan. Apabila dana yang Anda miliki ternyata masih kurang Anda bisa mengajukan pembiayaan dari bank.

Mulai Jalankan Bisnis Anda

Apabila semua persiapan sudah matang, modal sudah cukup, dana cadangan sudah tersedia dan konsep pun sudah matang maka saatnya eksekusi bisnis Anda. Mulailah bisnis Anda sekarang juga, karena saat Anda sudah siap namun terus menundanya maka bisa jadi ide Anda terdahului orang lain.

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Rating Tinggi di Lazada dengan Mudah

Minta Kritik dan Saran dari Konsumen Anda

Tips memulai bisnis bagi milenial yang tak kalah penting adalah meminta masukan dari konsumen Anda. Masukan ini bisa mengenai kualitas produk, kualitas pelayanan dan sebagainya. Jika Anda berbisnis makanan maka minta konsumen Anda untuk mereview  makan tersebut. Apakah rasa, porsi dan harga yang ditawarkan sudah sesuai atau belum. Masukan-masukan ini penting untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Jangan Cepat Puas dan Terus Berinovasi

Saat bisnis Anda sudah mulai berjalan dan mulai banyak pelanggan, maka jangan cepat puas atas hal tersebut. Teruslah menemukan ide-ide kreatif untuk bisnis Anda, sebab di saat yang sama mungkin saja kompetitor Anda juga melakukan hal yang sama. Cepat puas dengan apa yang Anda capai saat ini dan berhenti berinovasi hanya akan membuat bisnis Anda stagnan dan sulit untuk berkembang, apalagi bersaing ke depannya.

Itulah beberapa tips memulai bisnis bagi milenial yang bisa Anda praktekkan, jangan pernah berhenti belajar dan cepat puas saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia usaha atau bisnis.

Tags: cara memulai bisnis bagi milenial Tips memulai bisnis bagi milenial

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar