Sebelum Mulai Investasi Saham, Perhatikan 5 Hal Berikut

Investasi merupakan salah satu subjek yang kompleks, dan untuk dapat memahaminya membutuhkan waktu serta pengalaman. Akan tetapi, Anda bisa meningkatkan diri dengan cara mempelajari hal-hal penting yang perlu diketahui oleh setiap investor baru. Terlebih lagi kini sudah banyak instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan dengan mudah serta cepat. Salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang adalah saham.

Investasi Saham IHSG

Tak ada yang bisa menjamin ketika menginvestasikan uang, tak selalu berjalan lancar. Jadi, Anda harus melakukan investasi dengan cerdas untuk mengurangi risikonya.  Tentunya saat melakukan investasi saham ada ilmu yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Jangan sampai Anda melakukan investasi tanpa mengetahui cara kerja dan risiko yang dimilikinya.

Memahami jenis instrumen investasi yang akan dipilih tentunya hal penting dan perlu dilakukan oleh semua calon investor baru. Apalagi investasi saham sendiri termasuk pada instrumen investasi yang cukup berisiko. Untuk mengurangi risikonya, di bawah ini adalah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai investasi saham.

Temukan Broker yang Tepat

Jika Anda ingin berinvestasi di pasar saham, broker yang tepat tentu bisa jadi solusi terbaik. berkat adanya internet, maka Anda akan diberikan banyak opsi potensial tentang hal tersebut. Broker bisa memiliki pengaturan dan fitur yang berbeda-beda. Jadi, penting sekali untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam melakukan investasi saham

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak memilih broker:

  • Biaya
  • Minimum akun
  • Riset

Reksa Dana Bisa Jadi Titik Awal

Lakukanlah kegiatan investasi yang cerdas dan memiliki risiko rendah. Jika bertanya-tanya bagaimana Anda bisa mengetahui instrumen investasi apa yang seperti itu, masukkanlah dana indeks. Sebab saat memilih investasi reksa dana, Anda akan berinvestasi di semua saham pada indeks tersebut. Sederhananya, investasi bisa dilakukan dengan cara memilih banyak pilihan saham untuk mengurangi risiko.

Baca juga:  7 Bisnis Emas Tanpa Modal Paling Menguntungkan

Selalu Bersikap Skeptis

Hal penting lainnya tentang berinvestasi tentunya dapat ditemukan dengan mudah melakukan berbagai media seperti buku, blog, atau teman. Dekati segala sesuatunya dengan sikap skeptis yang sehat, terutama jika tampaknya terlalu baik untuk dijadikan sebagai kenyataan. Saat melakukan investasi saham, bersikap skeptis memang sangat penting.

Sebab Anda tidak boleh berharap cepat mendapatkan kekayaan melalui investasi atau menemukan berbagai jenis sistem yang dapat membantu prediksi kapan saja saham naik dan turun. Selain itu, nasihat investasi yang buruk bukan hanya akan menghabiskan banyak uang, tapi juga hanya akan membuang waktu Anda sia-sia.

Menekan Biaya dengan Baik

Salah satu hal yang sering kali membuat frustasi dari proses perdagangan saham adalah melihat nilai investasi meningkat. Hanya dengan menyadari biaya perdagangan saja, Anda pun masih belum bisa menghasilkan banyak uang dari perdagangan saham.

Baca juga : Trading Forex vs Saham, Mana yang Cocok untuk Pemula?

Bagian besar untuk dapat memaksimalkan penghasilan adalah meminimalkan biaya yang akan dibayarkan atau menekan biaya sebaik mungkin. Itulah sebabnya Anda harus mulai mencari broker tanpa biaya tahunan dan menawarkan biaya perdagangan yang wajar.

Selain itu, biaya perdagangan pun kerap kali menjadi salah satu alasan mengapa Anda kini perlu menghindari perdagangan haruan. Hal ini tentu saja perlu diperhatikan oleh semua investor baru dimana pun mereka berada.

Siapkan Mental untuk Kehilangan Uang

Semua orang tentunya paham jika pasar saham selalu mengalami pasang surut. Hal terpenting yang harus disiapkan adalah jangan biarkan emosi menguasai Anda ketika melakukan investasi. Para investor baru tentunya selalu melakukan kesalahan ini sepanjang waktu. Mereka ingin berinvestasi dan ingin semuanya berjalan dengan baik.

Baca juga:  Persiapan Investasi Yang Harus Disiapkan Calon Investor

Akhirnya, saat terjadi penurunan harga saham mereka pun akan kecewa. Maka dari itu siapkanlah mental untuk kehilangan uang saat menghadapi penurunan. Sebab investasi saham sendiri punya risiko yang cukup besar dan harus dipahami dengan baik oleh semua investor yang ingin mencoba untuk berinvestasi.

Dengan 5 hal di atas Anda tentunya harus lebih berhati-hati saat ingin mulai berinvestasi saham. Pelajari semua kelebihan dan kekurangannya untuk bisa mengenal instrumen investasi satu ini dengan baik.

Tags: cara memulai Investasi Saham kesahalan dalam Investasi Saham

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Sebelum Mulai Investasi Saham, Perhatikan 5 Hal Berikut"