Saldo BRI Hilang atau Berkurang? Ketahui Penyebabnya

Penyebab saldo BRI hilang atau berkurang merupakan isu yang sempat menghebohkan masyarakat beberapa waktu lalu. Semua bermula ketika sejumlah nasabah BRI yang ada di wilayah Purwokerto dan Kediri melaporkan bahwa mereka telah kehilangan uang di rekeningnya. Tanpa penyebab jelas, tiba-tiba uang yang ada di rekening berkurang sendiri. Tentu saja mereka langsung shock melihat uang yang ada di tabungan tersebut tiba-tiba berkurang dengan sendirinya.

Mesin ATM Bri

Sebelumnya, korban mengaku menerima SMS yang isinya menyatakan bahwa “Transaksi Anda Telah Berhasil”. Biasanya SMS semacam ini merupakan notifikasi bahwa telah terjadi suatu transaksi pada rekening pengguna. Padahal, korban mengaku tidak melakukan transaksi apapun. Dikutip dari berbagai sumber, tercatat ada 87 masabah Bank BRI yang mengalami masalah serupa. Total kerugian yang dialami ditaksir mencapai Rp 150 juta untuk 33 nasabah tersebut.

Apa Saja Penyebabnya?

Seiring dengan semakin majunya teknologi, hal ini tentunya tidak serta merta memberikan dampak positif. Ada sejumlah oknum yang memanfaatkannya, dan pada akhirnya menerapkan langkah penyebab saldo bri hilang atau berkurang tersebut. Yang dirugikan pada akhirnya adalah orang lain. Uang mereka hilang secara signifikan. Berikut adalah kemungkinan penyebab dari hilangnya saldo tersebut:

1. Skimming

Skimming adalah sebuah teknik dimana pelaku memasang WiFi Pocket Router yang disertai kamera pengintai. Dari sinilah, pelaku akan memodifikasinya sedemikian rupa dalam bentuk penutup PIN pada ATM. Dengan adanya alat inilah maka pelaku akan bisa mencuri PIN yang dimiliki nasabah dengan mudah. Modus yang satu ini sebetulnya sudah ada sejak lama, tepatnya pada tahun 2009. Kejadiannya saat itu berada di California, Woodlands Hills.

2. Pelaku Mendapatkan Kendali Atas Rekening Korban

Dalam penerapannya, pelaku akan menerapkan semacam kendali atas rekening yang dimiliki korban. Dengan alat skimmer tersebut, maka data PIN nasabah akan bisa diperoleh dengan cepat. Cara yang satu ini terbukti efektif, dan sepertinya dijadikan modus yang sama oleh para pelaku pembobol PIN nasabah yang ada di Indonesia.

3. Menggunakan Pita Magnetik Atau Magnetic Stripe

Penyebab saldo bri hilang atau berkurang tersebut juga dilakukan dengan menggunakan pita magnetic. Peran dari pita ini sangat signifikan dalam menyimpan data atau informasi tertentu dalam bentuk kaset tape. Singkat cerita, alat inilah yang kemudian dimanfaatkan dan diolah sedemikian rupa oleh pelaku untuk melancarkan aksinya.

4. Metode Spy Cam

Selain beberapa metode yang dijelaskan di atas, ada kemungkinan pula pelaku menerapkan metode Spy Cam atau kamera pengintai. Dengan memanfaatkan kamera pengintai tersebut maka pelaku bisa dengan mudah melihat PIN yang terdapat pada kartu ATM dengan mudahnya. Caranya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan melihat gerak tangan dari nasabah itu sendiri.

Cara Mewaspadai Skimming ATM

Selain memahami penyebab saldo bri hilang atau berkurang tersebut, Anda juga harus memahami dengan baik bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Beberapa penerapan yang bisa Anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pilih ATM Yang Berlokasi Aman

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih ATM yang berlokasi di tempat yang aman. Pilhian tempat yang aman tersebut antara lain adalah di bank pusat, bank cabang, mall supermarket, dan lain sebagainya. Di sinilah Anda nantinya akan bisa mendapatkan solusi terbaik.

2. Pastikan ATM Tersebut Memiliki CCTV

Hal lainnya yang juga harus Anda perhatikan adalah pastikan ATM tersebut memiliki CCTV. Dengan adanya CCTV tersebut maka segala bentuk tindakan yang mencurigakan akan diawasi penuh melalui CCTV tersebut. Semua keadaan yang terjadi akan dipantau secara langsung. Ini adalah prioritas utama yang tidak boleh Anda anggap sepele.

3. Cek Mesin ATM Sebelum Bertransaksi

Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah tidak terburu-buru ketika melakukan transaksi lewat ATM. Ada kalanya Anda harus jeli dalam melihat berbagai kejanggalan yang muncul pada mesin di ATM. Jika ada masalah sebaiknya segera laporkan saja pada petugas yang menjaga mesin ATM tersebut. Bisa jadi itu menjadi penyebab saldo bri hilang atau berkurang.

4. Ubah PIN Secara Berkala

Cara paling aman adalah dengan mengganti PIN Anda secara berkala. Dengan melakukan pergantian PIN secara rutin maka Anda pelaku akan semakin kesulitan dalam menemukan kombinasi angka yang tepat untuk membobol rekening Anda.

Itulah beberapa hal yang menjadi pemicu saldo rekening tiba-tiba amblas. Perlu diketahui, bahwa segala macam kejahatan yang terjadi dipicu oleh kelengahan dari penggunanya. Dari sinilah Anda juga harus mampu mempersiapkan diri dengan baik terkait hal-hal yang berpotensi menimbulkan masalah tersebut.

Jangan biarkan diri Anda menjadi korban dari tindak kejahatan. Terlebih lagi jika yang ada di rekening tersebut adalah uang yang sudah Anda kumpulkan dengan susah payah. Sekian informasi mengenai penyebab saldo bri hilang atau berkurang, semoga bisa membantu Anda untuk lebih meningkatkan keamanan diri sendiri.

Загрузка...

Tags: mengapa saldo bri hilang atau berkurang penyebab saldo bri hilang atau berkurang

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar