Potensi Usaha Budidaya Maggot Cocok Dijadikan Sumber Usaha

Saat mendengar kata maggot, banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Namun, ketika mendengar kata belatung mungkin semua orang sudah jelas dan mengetahuinya karena larva ini mudah ditemui dimana-mana dan membuat kita merasa jijik saat melihatnya. Namun, tahukah Anda bila maggot atau belatung ini bisa jadi potensi usaha yang menjanjikan?

potensi usaha budidaya maggot

potensi usaha budidaya maggot

Maggot atau belatung sendiri adalah larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) yang kini banyak dibudidayakan. Hal tersebut dikarenakan larva ini bisa memberikan banyak manfaat untuk manusia. Jika dilihat, tubuh maggot berwarna hitam sekilas hampir mirip dengan larva tawon. Akan tetapi tidak ada yang menyangka jika dibalik serangga menjijikkan ini bisa dijadikan sebagai sumber usaha. Saat ini sudah banyak orang yang menyadari potensi usaha budidaya maggot karena bisa memberikan keuntungan besar.

Potensi yang Diberikan dari Budidaya Maggot

Budidaya maggot tentunya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, mengingat serangga ini dapat berkembang biak secara alami di alam sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya. Selain itu, maggot sendiri dapat bertahan hidup di lingkungan tropis ataupun subtropis. Hal ini pun membuat potensi untuk membudidayakannya semakin mudah untuk dilakukan.

Pengembangbiakan maggot harus dilakukan pada media yang bersih dan medianya harus beraroma fermentasi agar lalat BST tidak mengundang penyakit. Lalat BSF sendiri merupakan jenis serangga yang memiliki antibiotik di dalam tubuhnya sehingga tidak akan membawa penyakit. Selain bisa bermanfaat untuk banyak hal, budidaya maggot tentunya memiliki potensi besar untuk dipilih sebagai salah satu ide bisnis yang unik.

Apalagi seiring berjalannya waktu permintaan maggot di pasaran semakin meningkat karena larva lalat BSF ini dapat dimanfaatkan untuk mengurai sampah organik, menghasilkan pupuk, hingga digunakan sebagai pakan hewan ternak. Tak heran jika hasil budidaya maggot dapat memberikan keuntungan yang besar seiring dengan meningkatnya kebutuhan pasar.

Baca juga:  Cara Menjadi Social Media Buzzer di Instagram dan Facebook

Manfaat Memaksimalkan Potensi Usaha Budidaya Maggot

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika sudah memanfaatkan potensi usaha budidaya maggot. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Mampu Mengurai Sampah dengan Baik

Salah satu kelebihan dari budidaya maggot adalah dapat membantu untuk mengatasi permasalahan sampah. Hal tersebut dikarenakan cara hidup maggot adalah dengan memakan limbah organik. Selain itu proses penguraiannya pun terbilang cepat, karena maggot termasuk jenis serangga yang rakus dalam memakan makanan sehingga akan lebih cepat dalam menguraikan sampah organik.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi Anda yang tertarik untuk budidaya maggot. Karena Anda tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk mencari pakan maggot. Cukup dengan memberikan sisa makanan bekas ataupun limbah organik lainnya, maggot bisa hidup dengan baik.

Dapat Dijual untuk Pakan Ternak

Dalam beternak, paham hewan adalah hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Kualitas hewan ternak pastinya akan ditentukan dari pemberian pakan dengan kualitas yang baik. agar hewan ternak bisa tumbuh dan berkualitas, pakan ternak tentunya harus berkualitas pula. Apalagi kini ada banyak pakan hewan yang dijual di pasaran.

Salah satu yang sedang populer dalam sektor peternakan adalah paham hasil dari budidaya maggot yang mulai dikembangkan oleh masyarakat. Potensi ini tentunya dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan dari budidaya maggot. Dengan demikian Anda pun bisa menghasilkan pakan hewan berkualitas dari hasil budidaya tersebut.

Maggot umumnya akan diberikan untuk beberapa jenis hewan ternak seperti unggas hingga ikan. Larva lalat BSF atau maggot adalah salah satu jenis pakan ternak yang unggul karena memiliki kandungan dari beberapa nutrisi. Dalam tubuh maggot sendiri memiliki kandungan asam amino dan protein hingga 40%. Zat lainnya pun dapat ditemukan di dalam hewan tersebut sehingga maggot cocok dijadikan sebagai pakan hewan.

Baca juga:  3 Persiapan Sebelum Berhenti Kerja dan Mulai Usaha Sendiri

Bisa Mengolah Pupuk dari Maggot

Indonesia adalah salah satu negara agraris di aman sektor pertaniannya sangatlah luas. Masyarakat pun banyak yang menggantungkan kehidupan mereka dari pertanian. Untuk menghasilkan hasil panen yang berkualitas, pupuk tentunya memegang peranan penting. Sebab, pupuk dapat menunjang kesuburan tanah atau lahan yang membuat tanaman akan lebih berkualitas.

Akan tetapi banyak petani yang mengeluhkan harga pupuk yang terbilang cukup mahal. Apabila harga pupuk mahal, para petani tentunya harus mencari cara alternatif dalam mengatasi masalah tersebut. Pupuk alternatif dari maggot tentunya bisa menjadi solusi terbaik di sektor pertanian. Dengan memanfaatkan potensi usaha budidaya maggot, Anda tentunya akan menemukan ide bisnis yang baru di sektor pertanian.

Baca juga : Ini Dia 3 Contoh Pertanian Modern Paling Terkenal di Indonesia

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, maggot memiliki kemampuan untuk mengurai sampah organik secara baik. dengan kemampuannya tersebut proses penguraian sampah organik pun bisa dijadikan sebagai pupuk organik untuk berbagai jenis tanaman. Dengan budidaya maggot Anda bisa memanfaatkan kasgot sebagai pupuk organik. Kasgot sendiri adalah uraian atau sisa sampah yang dimakan oleh maggot. Nantinya kasgot tersebut dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Itulah potensi usaha budidaya maggot yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Saat membudidayakan hewan tertentu, Anda harus mengurusnya dengan baik agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan.

Tags: menghitung potensi usaha budidaya maggot potensi usaha budidaya maggot

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Potensi Usaha Budidaya Maggot Cocok Dijadikan Sumber Usaha"