5 Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis Waralaba yang Perlu Pemula Ketahui

Bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan franchise merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dengan tingkat kegagalan kecil yang cocok untuk para pemula bisnis. Bisnis waralaba terbilang sangat sukses dan terbuka untuk para pebisnis kecil. Terbukti dengan adanya bisnis waralaba yang dapat Anda temui di mana-mana.

bisnis waralaba

Meskipun demikian, Anda perlu melakukan pertimbangan sebelum memulai bisnis waralaba karena menjalankan bisnis tidak ada yang instan. Semua harus disertai dengan kerja keras dan modal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Langkah Penting Bagi Pemula yang Sedang Memulai Bisnis Waralaba

Jika ini adalah kali pertama Anda tergiur untuk memulai bisnis waralaba, maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu bisnis waralaba.

Dalam dunia waralaba, pemilik merek atau usaha dikenal dengan istilah Pewaralaba atau Franchisor. Pewaralaba ini adalah pihak yang memberi hak usaha. Sedangkan pemilik modal disebut dengan Terwaralaba atau Franchisee. Pihak ini  adalah pihak yang akan membeli usaha dan menjalankannya sesuai sistem dari Franchisor.

Jika Anda sudah paham apa itu bisnis waralaba, berikut ini 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis waralaba untuk meminimalisir kerugian.

1.      Menentukan Jenis Usaha Waralaba yang Akan Dijalankan

Bisnis waralaba ada beragam macamnya, mulai dari kuliner, minuman, ritel, fashion, otomotif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebelum memulai bisnis waralaba, luangkan waktu untuk menentukan bisnis waralaba apa yang akan Anda jalankan. Pilih yang sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan  Anda sehingga bisnis yang akan Anda jalankan terasa menyenangkan dan hasilnya pun lebih maksimal.

2.      Sesuaikan dengan Modal Usaha yang Anda Miliki

Setelah menentukan jenis bisnis waralaba yang akan dijalankan, selanjutnya sesuaikan budget atau modal usaha yang Anda miliki. Umumnya, semakin tinggi pengembalian investasi yang kita harapkan, maka makin mahal pula modal yang perlu kita sediakan.

Anda bisa memilih modal kecil sesuai dengan budget yang Anda miliki. Biasanya, bisnis waralaba dimulai dari harga jutaan, puluhan juta, ratusan juta, hingga milyaran rupiah. Jika saat ini modal Anda belum terkumpul, lebih baik menabung terlebih dahulu sebelum masuk ke dunia bisnis waralaba.

3.      Sistem Bisnis Waralaba yang Perlu Anda Tahu

Memahami sistem bisnis waralaba adalah salah satu hal yang wajib menjadi pertimbangan sebelum memulai bisnis waralaba. Sebab ketika Anda memutuskan untuk membeli suatu bisnis waralaba artinya Anda sudah siap untuk membeli seluruh sistemnya.

Umumnya, pihak Terwaralaba akan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan usaha dari Pewaralaba. Mulai dari biaya royalti, biaya pengadaan bahan baku, biaya pengadaan peralatan dan barang pendukung usaha, serta biaya program pelatihan yang diberikan pemilik untuk menjaga keseragaman waralaba itu sendiri.

Jika Anda sanggup mengikuti dan menerapkan sistem waralaba yang telah ditetapkan maka Anda bisa memulai bisnis waralaba yang Anda inginkan. Tapi jika Anda merasa ragu dengan sistem yang diberikan Pewaralaba, Anda bisa memeriksa aturan waralaba di Indonesia dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2007.

4.      Lokasi Bisnis Waralaba Juga Perlu Anda Perhatikan

Lokasi memang menentukan banyak sedikitnya keuntungan, terutama jika Anda memilih waralaba kuliner dan minuman.

Pastikan lokasi yang Anda pilih mudah diakses dan tidak berdekatan dengan jenis waralaba yang sama pada satu area. Selain itu, penting memilih lokasi yang berdekatan dengan tempat tinggal Anda agar memudahkan dalam menggali informasi terkait bisnis tersebut.

Sayangnya, Pewaralaba sudah membatasi jumlah waralaba di wilayah tertentu agar persaingannya tetap sehat.

5.      Untung dan Rugi Bisnis Waralaba

Dalam bisnis waralaba ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya adalah manajemen finansial yang lebih mudah, peluang sukses lebih cepat terutama jika strategi franchisor yang matang dan sudah dikenal oleh masyarakat, serta manajemen bisnis yang matang dan berkelanjutan.

Namun ada pula beberapa kerugian yang bisa Anda alami saat menjalankan bisnis waralaba. Anda tidak bisa mengeluarkan ide dan kreativitas karena adanya perjanjian khusus, Anda akan terjebak tren pasar sehingga jika produk tidak tren lagi minat pembeli pun akan menurun, reputasi waralaba Anda juga bergantung pada waralaba yang lainnya sehingga jika franchise yang lain melakukan kesalahan maka franchise yang Anda kelola mendapatkan dampaknya, serta adanya pemotongan keuntungan untuk membayar royalti.

Baca juga : Daftar Waralaba Minuman Terlaris 2020 Omzet Ratusan Juta

Pertimbangan sebelum memulai bisnis waralaba sangat penting untuk menunjang kesuksesan Anda di masa depan. Pilih waralaba yang produknya terus dibutuhkan konsumen dengan harga terjangkau dan berkualitas. Yang terpenting, jalankan bisnis dengan pelayanan yang ramah dan bekali diri dengan manajemen keuangan yang tepat, karena kunci utama menunjang kesuksesan adalah manajemen bisnis dan keuangan yang baik.

Itulah beberapa pertimbangan sebelum memulai bisnis waralaba yang perlu Anda pahami dan perhatikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda agar sukses dalam memulai bisnis waralaba Anda.

Tags: Pertimbangan sebelum memulai bisnis frencise Pertimbangan sebelum memulai bisnis waralaba

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar