Penyebab Bansos Tidak Cair dan Solusinya

Penyebab bansos tidak cair – Pandemi Covid-19 telah berdampak pada banyak sektor, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, hingga berbagai sektor lainnya. Dampak pandemi yang paling banyak dirasakan oleh masyarkat adalah menurunnya pendapatan dan penghasilan. Pemerintah pun mulai aktif membagikan bansos namun sebagian masyarakat ada yang belum menerimanya.

Bansos atau bantuan sosial dari pemerintah sendiri diprioritaskan bagi masyarakat yang terdampak langsung oleh pandemi. Seperti individu yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi dan keluarga dalam golongan tidak mampu. Sejauh ini pemerintah juga sudah mengeluarkan banyak program bansos yang masing-masing menyasar golongan keluarga tidak mampu.

Bantuan Sosial dari Pemerintah Selama Pandemi Covid-19

Bantuan Sosial dari Pemerintah

Bantuan Sosial dari Pemerintah

Sebelum membahas penyebab bansos tidak cair, Anda perlu mengetahui kalau hingga saat ini pemerintah sudah banyak menyalurkan bantuan sosial untuk rakyat. Aksi tanggap pemerintah dalam membagikan bansos secara berkala kepada masyarakat menjadi langkah tepat untuk mengurangi beban rakyat selama pandemi.

Terlebih hingga saat ini belum dapat dipastikan kapan pandemi Covid-19 dapat berakhir. Setidaknya hingga Agustus 2021 sudah ada 10 jenis bantuan sosial yang dibagikan pemerintah kepada masyarakat, yaitu:

  1. Subsidi listrik gratis dan potongan 50%.
  2. Bantuan sembako dan dana tunai dari Provinsi maupun kota atau kabupaten daerah.
  3. Bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan.
  4. BPN atau Bantuan Pangan Non Tunai.
  5. Bansos tunai lewat Bank Milik Negara.
  6. Bansos tunai lewat Kantor Pos.
  7. Bantuan Sembako Pangan atau BSP.
  8. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.
  9. Subsidi gaji untuk karyawan atau dana Prakerja.
  10. Bantuan untuk UMKM.

Bantuan dari pemerintah diharapkan mampu mengurangi beban masyarakat agar tetap bertahan di tengah sulitnya kondisi pandemi dan krisis ekonomi global saat ini. Lalu bagaimana jika Anda belum mendapatkan bansos tersebut? Tentu ada beberapa penyebab bansos tidak cair yang bisa saja terjadi pada Anda dan beberapa orang lainnya.

Penyebab Bansos Tidak Cair selama Pandemi Covid-19

Bansos sejatinya diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 atau berada dalam golongan keluarga tidak mampu. Maka dari itu, ada beberapa penyebab seseorang tidak mendapatkan bansos, yaitu:

  1. Calon penerima bansos tidak berhak menerima bantuan apabila tidak termasuk dalam golongan keluarga tidak mampu.
  2. Calon penerima bansos bukan golongan yang terdampak Covid-19 atau telah kehilangan pekerjaan akibat pandemi.
  3. Calon penerima bansos tidak terdaftar sebagai bagian dari penerima bantuan.

Itulah beberapa penyebab seseorang tidak mendapatkan bansos selama pandemi. Apabila Anda tidak tidak masuk dalam golongan keluarga kurang mampu maka Anda belum berhak menerima bansos.

Namun bagi Anda yang terdampak pandemi dan belum juga mendapatkan bansos dari pemerintah, maka Anda bisa melakukan pendaftaran atau pengajuan bansos. Cara ini bisa menjadi solusi agar nama Anda terdaftar sebagai bagian dari penerima bansos selama pandemi.

Cara Mendaftar Sebagai Penerima Bansos

Bagi Anda yang merasa berhak menerima bansos namun tak kunjung mendapat bantuan dari pemerintah, maka Anda bisa melakukan pendaftaran sebagai upaya mendapatkan bansos. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar nama Anda terdaftar sebagai penerima bansos.

  1. Lakukan konfirmasi ke pihak RT atau RW setempat apabila Anda belum dimasukkan ke daftar penerima bansos.
  2. Setelah memenuhi syarat penerima bansos, Anda bisa menyerahkan data diri yang dibutuhkan seperti KTP dan KK.
  3. Data yang telah dikumpulkan oleh pihak RT atau RW kemudian akan diproses oleh Kelurahan, bank negara, dan kantor Walikota.
  4. Bagi warga yang berhak menerima BPNT akan diberi rekening bank yang baru untuk mendapat Kartu Keluarga Sejahtera.
  5. Setelah mendaftar, Anda bisa memeriksa apakah sudah termasuk di dalam daftar penerima bansos pemerintah.

Proses pendaftaran di atas bisa dilakukan oleh semua warga yang merasa terdampak pandemi Covid-19 atau berasal dari golongan keluarga tidak mampu. Pastikan Anda segera menghubungi pihak RT dan RW setempat agar penyebab bansos tidak cair bisa segera teratasi.

Baca juga : Catat! Ini Dia 6 Jenis-Jenis Program Bansos dari Penerintah di Tahun 2021

Cara Memeriksa Daftar Penerima Bansos

Jika Anda sudah mendaftarkan diri sebagai penerima bansos, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai calon penerima bantuan. Umumnya membutuhkan waktu beberapa hari sejak Anda melakukan pendaftaran agar nama Anda tercantum di database Kemensos sebagai calon penerima bansos.

Berikut beberapa langkah untuk cek daftar penerima bansos:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data diri Anda sesuai KTP.
  3. Klik “Cari” dan akan muncul data dari daftar penerima bansos.

Apabila nama Anda tidak terdaftar, maka bisa jadi penyebab bansos tidak cair karena ada syarat yang belum terpenuhi. Sebaiknya Anda melakukan konfirmasi ulang ke pihak RT dan RW terkait agar dapat diajukan kembali.

Nah, itulah beberapa penyebab bansos tidak cair dan solusinya agar Anda segera terdaftar sebagai penerima bansos, semoga bermanfaat.

Tags: apa saja Penyebab bansos tidak cair Penyebab bansos tidak cair

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar