Pengertian Virtual Office yang Wajib Anda Ketahui!

Pengertian virtual office – Peluang bisnis bisa berasal dari mana saja, dengan menganalisa peluang bisnis yang tepat Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dan juga pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Tidak hanya melakukan analisis saja namun diharapkan Anda juga tahu bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan benar. Kegagalan bisnis disebabkan oleh beberapa hal seperti analisis yang tidak tepat, kesalahan manajemen bisnis, kurang semangat, tidak siap dengan perubahan, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu analisis peluang bisnis yang dipercaya akan banyak dibutuhkan di tahun ini dan beberapa tahun mendatang adalah virtual office. Peluang bisnis ini menggiurkan dikarenakan banyak yang membutuhkannya terutama bagi perusahaan baru atau rintisan yang ingin melegalkan perusahaannya tersebut.

Pengertian

virtual office

virtual office

Banyak yang belum tahu pengertian virtual office, kemudian bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan virtual office tersebut. Virtual office atau yang disebut dengan kantor virtual ini adalah jenis penyewaan kantor non fisik yang mana digunakan sebagai alamat legal bisnis dan untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas kantor yang mirip dengan penyewaan kantor fisik. Memang gedung atau kantor virtual tersebut ada, namun penyewa kantor virtual hanya berhak menyewa alamatnya saja sedangkan untuk operasional bisa dilakukan di rumah masing-masing atau dimana saja. Meski begitu jika ada client atau konsumen yang bertanya atau memiliki urusan dengan bisnis penyewa, pihak kantor virtual tersebut akan menyampaikannya kepada penyewa, sehingga kehadiran kantor virtual tersebut membuat bisnis rintisan bisa terbantu dengan kehadirannya.

Penyebab Virtual Office Diminati

Tidak hanya pengertian virtual office saja yang menarik untuk disimak, namun penyebab mengapa virtual office ini diminati juga menarik untuk disimak terutama para pebisnis yang memimpikan membuka bisnis baru. Dengan mengetahui peluang bisnis virtual office ini Anda akan tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis ini menjadi lebih baik. Berikut adalah beberapa hal mengapa virtual office banyak diminati:

  1. Layanan profesional

Hal pertama yang menyebabkan virtual office ini banyak diminati karena menyediakan layanan yang profesional. Virtual office ini tidak hanya menyediakan alamat bagi perusahaan saja namun menawarkan layanan penunjang lainnya sehingga penyewa tidak perlu lagi memikirkan hal-hal lainnya di luar bisnis utama.

  1. Memangkas biaya operasional

Bagi bisnis startup atau bisnis rintisan dengan hadirnya kantor virtual ini akan mampu memangkas biaya operasional yang membengkak. Untuk perusahaan yang baru didirikan tentunya belum mendapatkan profit sehingga menghemat biaya operasional ini sangat penting. Dengan hadirnya kantor virtual perusahan baru atau rintisan akan bisa memangkas biaya sampai dengan 90%. Penyewa tidak perlu repot-repot untuk mendirikan gedung untuk operasional bisnis, namun cukup menyewa alamatnya saja. Untuk petugas resepsionis dan yang lainnya akan disediakan oleh pemilik bisnis kantor virtual. Karena hal tersebut penyewa tidak akan direpotkan dengan hal-hal yang sifatnya berbau teknis.

  1. Banyak yang ingin melegalkan bisnis

Hal yang membuat bisnis penyewaan kantor virtual ini menarik karena banyak yang ingin melegalkan bisnis yang ingin dijalankannya. Bisnis yang legal akan dipercaya konsumen, terlebih lagi jika bisnis tersebut memiliki alamat yang jelas. Alamat tersebut diperlukan dalam hal administrasi, karena untuk mengurus perizinan badan usaha alamat tidak boleh fiktif namun harus benar-benar nyata.

  1. Biaya sewa yang murah

Yang paling menarik dan membuat kantor virtual ini banyak diminati oleh pebisnis startup adalah biaya sewa yang murah meriah. Hanya dengan biaya mulai dari ratusan ribu rupiah per tahun penyewa sudah bisa menggunakan alamat dari kantor virtual bersama dengan layanan pendukung yang lainnya sehingga kantor virtual tersebut menawarkan kepraktisan.

  1. Mampu meningkatkan branding perusahaan

Dengan menggunakan jasa virtual office perusahaan akan bisa meningkatkan branding. Tanpa branding performa perusahaan tidak akan bisa berjalan seperti harapan. Branding ini diperlukan untuk membuat masyarakat lebih mengenal perusahaan penyewa. Dengan memiliki alamat kantor virtual yang jelas masyarakat akan jauh lebih mengenal bisnis dari si penyewa jasa virtual terlebih lagi kantor virtual ini didirikan di zona perkantoran sehingga mudah untuk mencari lokasi bisnis penyewa kantor virtual.

Tips Menjalankan Bisnis Kantor Virtual

Setelah mengetahui peluang dan juga pengertian virtual office, hal yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara menjalankan bisnis virtual ini. Agar bisa bersaing dengan kompetitor ada baiknya Anda mendirikan gedung kantor virtual di tempat strategis dan memang dikhususkan untuk lokasi perkantoran. Semakin strategis lokasi yang dipilih akan semakin bagus.

Keuntungan bisnis virtual office

Keuntungan bisnis virtual office

Tidak hanya itu saja rekrut SDM yang berkualitas agar mereka bisa memberikan  pelayanan kepada penyewa yang memuaskan. Selain itu SDM tersebut juga bisa memberikan pelayanan kepada klien penyewa yang memuaskan karena tidak hanya berhubungan dengan penyewa saja tapi juga klien penyewa terutama front office. Yang terakhir berikan harga kompetitif dan juga fasilitas yang lengkap. Jangan memberikan harga yang terlalu mahal, sesuaikanlah dengan harga normal atau rata-rata di lokasi pendirian kantor virtual Anda. Selain itu fasilitas yang perlu Anda pikirkan adalah meeting room. Banyak penyedia kantor virtual yang menyediakan fasilitas ini dengan frekuensi penggunaan yang berbeda-beda di tiap paket yang ditawarkan.

Demikianlah pengertian virtual office dan beberapa informasi lainnya tentang kantor virtual yang menarik di simak, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Pengertian dan manfaat virtual office Pengertian virtual office

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar