Peluang Ternak Kambing Modal 10 Juta Untung Besar

Bisakah ternak kambing modal 10 juta? Bahkan dengan modal Rp 5 juta pun Anda tetap bisa membuka usaha ternak kambing. Bisnis kambing bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan. Akan tetapi, karena proses perawatannya yang membutuhkan tenaga dan perjuangan, banyak yang tidak memikirkan usaha jenis ini. Jika Anda ingin menekuni bidang ini, cobalah tekuni dengan baik agar bisnis berkembang dengan cepat.

Mengapa usaha kambing ini sangat menguntungkan? Jawabannya adalah karena permintaan kambing ini selalu tinggi setiap tahunnya. Sebagai negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam, kambing diperlukan untuk akikahan dan juga qurban. Dari dua kebutuhan ini saja, sudah pasti akan ada permintaan setiap tahunnya. Karena tidak banyak yang menekuni usaha ini, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Ternak kambing modal 10 juta pun bisa menghasilkan untung hingga jutaan rupiah. Lalu, bagaimana caranya?

Analisa Keuntungan Ternak Kambing Modal 10 Juta

Peluang Ternak Kambing

Kita coba mulai perhitungan keuntungan dengan menghitung modal awal terlebih dahulu. Dalam hal ini, kita bisa menyiapkan modal 10 juta untuk dana awal membuka usaha. Uang 10 juta ini bisa kita bagi-bagi untuk beberapa kebutuhan membuka usaha. Berikut ini rincian analisa modal tersebut.

  1.       Anakan kambing atau bibit kambing sebanyak 15 ekor: Rp 4.000.000
  2.       Pembuatan kandang dan penyediaan peralatan tambahan: Rp 3.000.000
  3.       Penyediaan Pakan per bulan x 9 bulan: Rp 100.000 x 9 : Rp 900.000
  4.       Penyediaan Vitamin dan Konsentrat per bulan x 9 bulan: Rp 150.000 x 9: Rp 1.350.000

Total Pengeluaran awal:  Rp 9.250.000. Dari 10 juta modal yang Anda siapkan, masih ada Rp 750.000. Anggap saja ini biaya lain-lain. Waktu 9 bulan yang diperkirakan di atas adalah lama waktu ternak hingga kambing layak dijual. Dari perkiraan modal di atas, Anda bisa menghitung keuntungan sebagai berikut.

Harga penjualan kambing per ekor: 1.300.000 x 15 = 19.500.000

Untung: 19.500.000 – 10.000.000 = Rp 9.500.000

Jadi, dalam waktu 9 bulan, Anda bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp 9.500.000 rupiah. Bukankah ternak kambing modal 10 juta ini sangat menguntungkan? Jika Anda memang serius ingin membuka usaha ini, berikut ini akan dijelaskan juga tips ternak kambing supaya bisa lebih sukses dan menguntungkan.

Tips Mengelola Usaha Ternak Kambing

Setelah membaca sekilas peluang usaha kambing yang dijelaskan di atas, Anda mungkin mulai tertarik untuk mengembangkan usaha ini. Pada dasarnya, usaha apa pun jika dikerjakan secara serius tentu akan menghasilkan keuntungan, termasuk ternak kambing. Berikut ini adalah beberapa cara ternak kambing agar cepat besar.

  1. Tentukan Jenis Kambing yang Ingin Diternak

Anda tentu tahu bahwa ada banyak sekali jenis kambing ternak. Ada kambing jawa (boer), kambing gibas, kambing etawa, dan banyak lainnya. Anda bisa memilih jenis kambing sesuai dengan tujuan usaha. Umumnya, harga kambing tentu berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Anda bisa memilih yang menurut Anda paling mudah dipelihara dan dijual.

Analisa yang dihitung di atas adalah untuk jenis kambing pedaging atau kambing boer, kambing ini menjadi yang paling banyak permintaannya dan cukup mudah untuk diternakkan. Kambing boer juga jadi pilihan jenis kambing yang paling tepat untuk para pemula.

  1. Pembuatan Kandang dan Perawatan Rutin kambing

Supaya kambing bisa berkembang dengan baik, Anda harus memperhatikan kandang yang baik pula. Kandang kambing tak boleh terlalu kecil juga tak boleh terlalu luas. Pastikan kandang membuat kambing nyaman dan bisa sedikit bergerak. Material paling tepat untuk pembuatan kandang kambing adalah dari bahan bambu. Bahan ini cenderung lebih murah.

Lalu, bersihkan kandang setiap hari. Kebersihan kandang juga bisa mendukung perkembangan kambing. Kandang yang tidak rutin dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk sehingga menghasilkan bau yang tak sedap. Bau ini tentu bisa mengganggu masyarakat dan termasuk Anda sendiri.

Lalu, pastikan kandang kambing mempunyai sirkulasi udara yang baik. Agar keadaan kandang tak terlalu lembab, Anda juga harus memastikan kandang selalu terkena sinar matahari. Kandang kambing yang lembab bisa membuat kambing terserang jamur dan berbagai penyakit lain.

  1. Perhatikan Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga harus rutin. Kambing perlu makan 2x sehari. Pilihan makanannya adalah rumput atau daun-daunan hijau. Anda juga bisa memberikan ampas tahu sebagai selingan. Untuk meningkatkan perkembangan kambing, Anda juga perlu memberikan multivitamin. Ini penting agar kambing tak mudah terserang penyakit. Pemberian pakan yang baik akan menghasilkan kambing-kambing yang berkualitas baik pula.

Demikian adalah penjelasan lengkap tentang ternak kambing modal 10 juta. Tak perlu berkecil hati karena hanya memiliki modal 10 juta rupian untuk memulai usaha. Anda bisa memanfaatkannya untuk beternak kambing. Dalam waktu 9 bulan, Anda bisa balik modal plus mendapatkan keuntungan jutaan rupiah.

 

Загрузка...

Tags: cara ternak kambing modal 10 juta ternak kambing modal 10 juta

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar