Pelajari Cara Menjual Emas Agar Tidak Rugi

Cara menjual emas agar tidak rugi memerlukan trik dan penerapan khusus. Sebagaimana diketahui, emas adalah salah satu logam mulia yang paling banyak dicari di seluruh dunia. Warnanya yang kuning berkilau dan tidak pernah berkarat menjadikannya sebagai logam mulia paling bernilai di dunia. Meski fungsi emas tersebut bisa digantikan oleh uang, tapi tetap saja nilainya selalu meningkat setiap tahun.

Siapapun boleh membeli emas, tapi siapa saja juga bebas menjualnya kembali. Mau tahu bagaimana cara menjual emas supaya tidak rugi, dan malah mendapatkan untung? Pastikan untuk melakukan beberapa langkah berikut ini. Dijamin selain tidak rugi, emas yang Anda jual tersebut juga pasti akan laku.

1. Sertakan Surat Pembelian Emas

 Surat Pembelian Emas

Surat pembelian emas di awal sebaiknya Anda simpan dengan baik. Jangan sampai surat tersebut hilang. Ini adalah langkah yang terpenting dalam cara menjual emas agar tidak rugi. Pasalnya, surat tersebut memiliki bentuk yang sangat kecil. Jika lengah dalam menyimpannya sedikit saja, maka hal tersebut akan membuat surat tersebut hilang tak bersisa. Jangan sampai membuatnya jatuh, apalagi tercecer dari tempatnya. Surat tersebut juga bisa menjadi bukti terkait nilai keaslian emas sehingga bisa menaikan harga jualnya dengan signifikan.

2. Memahami Kadar Emas dan Nilai Jualnya

Kadar emas

Kadar emas

Setiap emas tentunya memiliki kadar yang berbeda. Inilah yang kemudian akan mempengaruhi nilai jualnya. Perlu diketahui bahwa harga jual emas untuk versi 24 karat berbeda dengan harga emas untuk versi 18 karat. Untuk emas yang versi 24 karat sudah pasti memiliki harga yang lebih mahal. Jadi dari sini Anda harus memahami bahwa nominal uang yang diterima tersebut juga harus disesuaikan dengan takaran emas itu sendiri. Sangat disarankan untuk sejak awal memilih emas yang kadarnya lebih dari 18 karat. Kenapa? Karena emas dengan kadar 18 karat tersebut akan memiliki kualitas yang lebih bagus pastinya.

3. Selektif Memilih Tes Keaslian Emas Dengan Alat Penguji

Banyak cara yang akan dilakukan oleh ahli emas ketika mengecek emas yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda misalnya bertindak sebagai penjual emas. Lalu pembeli emas tersebut (pihak toko emas) ingin melakukan pengecekan keaslian. Anda bisa meminta kepada mereka untuk tidak menggosok emasnya sebagai sarana pengujian. Kenapa? Karena penggosokan yang dilakukan tersebut berpotensi mengurangi kadar emas yang ada di dalamnya.

Tes keaslian emas

Alih-alih menggunakan metode ini, cara menjual emas agar tidak rugi yang sebaiknya Anda terapkan adalah meminta pihak toko untuk mengecek keaslian emas dengan memakai alat yang lebih aman, yakni X Ray atau Avometer. Dengan kedua  alat tersebut, maka emas yang Anda miliki akan terhindar dari pengurangan kadar.

4. Cari Tempat Yang Aman Untuk Menjual Emas

Satu hal yang pasti, ketika Anda memilih untuk menjual emas, tidak semua toko akan memberikan kepada Anda harga yang mahal. Pasalnya, beberapa toko tentunya memiliki kriteria yang berbeda dalam memberikan penilaian kepada emas yang Anda jual. Sebagai saran, Anda bisa menjual emas tersebut di pegadaian ketimbang menjualnya di toko emas. Kenapa? Karena pegadaian akan menjual emas Anda dengan harga relatif lebih mahal 97 persen dari nilai jual yang ada di pasar. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menjualnya di unit Antam dan butik emas yang ada di mall-mall tertentu.

5. Menjualnya di Tempat Anda Membeli Emas

Masih ingat dimana tempat Anda membeli emas? Jika iya, maka cara menjual emas agar tidak rugi yang bisa Anda terapkan adalah dengan menjualnya kembali di toko tempat Anda membeli. Solusi yang satu ini bisa Anda terapkan apabila Anda sudah berupaya untuk mencari berbagai toko yang sesuai untuk menjual emas, tapi tidak menemukannya sama sekali. Nominalnya rata-rata adalah 70 persen sampai dengan 80 persen dari harga pada saat Anda membeli emas tersebut. Namun, jika Anda beruntung, maka Anda akan bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi ketika menjualnya, khususnya ketika harga emas mengalami kenaikan signifikan dalam tahun tertentu.

Sudah paham megenai cara menjual emas agar tidak rugi yang tepat? Pada dasarnya, proses menjual emas adalah hal yang lumrah terjadi. Banyak sekali orang yang menginvestasikan emas yang dimiliki. Lalu pada saat yang tepat mereka akan menjual emas yang dimilikinya tersebut dengan harga yang signifikan. Dari sini Anda bisa melihat bahwa penerapannya tersebut akan mampu menghadirkan kepada Anda sesuatu yang jelas berbeda, tergantung dari cara dan tempat dimana Anda menjual emas tersebut.

Beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan di sini adalah bagaimana menerapkan strategi yang tepat. Jangan terburu-buru menjual emas Anda tanpa pikir panjang dan persiapan yang matang. Jangan sampai Anda menjadi korban menjual emas tapi mendapatkan harga yang super murah.

Ikuti metode cara menjual emas agar tidak rugi di atas dan dapatkan keuntungan signifikan darinya.

Загрузка...

Tags: cara menjual emas agar tidak rugi tip menjual emas agar tidak rugi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar