Mengapa Investasi Penting bagi Anak? Ketahui Alasannya Disini Ya!

Banyak orang tua yang bertanya mengapa investasi penting bagi anak? Anda bisa menemukan alasan dan jawabannya disini. Usia anak yang masih muda dan belia membuat orang tua bertanya-tanya seberapa penting investasi bagi anak tersebut? Jawabannya sangat penting. Investasi penting untuk membuat kehidupan dan keuangan anak menjadi lebih baik lagi. Yang terpenting adalah dengan mengajarkan investasi ini anak bisa mengelola uang dengan bijak sejak dini.

Dana pendidikan anak

Ada beberapa orang tua yang memberikan uang jajan secara bulanan, tujuannya agar mereka bisa mengelola uang itu sendiri. Jika uang habis sebelum waktunya, resiko akan ditanggung anak sendiri. Anak bisa berpikir logis, jika menghabiskan uang sakunya lebih cepat dia tidak bisa jajan sampai orang tua memberikan uang saku lagi. Bagi Anda yang belum mengenalkan investasi kepada anak, yuk simak mengapa investasi penting bagi anak berikut ini:

Menghindari Pembelian yang Tidak Diperlukan

Anak sangat mudah tergoda membeli permainan baru, makanan, aksesoris dan sebagainya. Jika Anda tidak melatih mereka sejak dini anak akan terbiasa boros uang dan terbawa sampai dewasa. Dengan memberikan uang jajan bulanan, anak akan jauh terhindar dari sifat boros uang. Memberikan jajan mingguan dan bulanan bisa membuat anak selektif dalam melakukan pembelian. Anak akan berpikir dua kali saat tergoda membeli mainan baru, makanan dan lainnya.

Mengajarkan Anak Terbiasa Menyimpan Uang di Masa Depan

Mengapa investasi penting bagi anak? Salah satu alasannya adalah mengajarkan anak untuk bisa terbiasa menyimpan uang di masa depan. Anak akan terbiasa dengan konsep menabung di masa depan. Anak bisa tahu jika menabung atau menyisihkan uang bulanan mereka bisa membantu mereka mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Anda bisa mengatakan kepada anak, menabung secara konsisten anak bisa menggunakan uang itu untuk membeli pakaian baru, membeli mainan baru, konsol permainan dan sebagainya.  Anda bisa mengajarkan anak untuk menunda kesenangan dan membiasakan menabung sejak dini ketika uang jajan itu diberikan.

Baca juga:  Memahami Pengertian dan Jenis Saham di Indonesia

Jika anak sudah menginjak usia 17 tahun, Anda bisa mulai mengajarkan konsep investasi. Anda bisa mengajarkan anak bahwa investasi ini bermanfaat untuk bisa menumbuhkan nilai uang yang dimiliki saat ini.

Membuat Mereka Tanggung Jawab

Mengapa investasi penting bagi anak? Salah satu alasannya adalah membuat anak tanggung jawab. Jika anak memboroskan uang jajan yang diberikan konsekuensinya adalah mereka tidak akan memiliki uang di hari selanjutnya. Jika anak hemat dan tidak berlebihan saat menggunakan uang, anak bisa menabung sebagian uang jajan untuk membeli barang yang diinginkan.

Memberikan Anak Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Salah satu alasan investasi penting bagi anak adalah memberikan kebebasan yang bertanggung jawab. Apa yang disebut dengan kebebasan bertanggung jawab tersebut? Maksudnya adalah anak bisa menggunakan uang tersebut sesuai dengan keinginannya tapi tetap bertanggung jawab terhadap keputusan dan hal yang dilakukannya.

Setelah membeli barang yang diinginkan, sisa uang harus ditabung. Sebelum melakukan pembelian ini, anak harus mendiskusikannya dengan orang tua lebih dahulu untuk memastikan keputusan pembelian yang dilakukan anak telah tepat.

Mengajarkan Konsep Anggaran Sejak Dini

Investasi penting bagi anak karena Anda bisa mengajarkan konsep anggaran sejak dini Memberikan uang jajan bulanan adalah cara terbaik bagi orang tua untuk membuat anak bisa membuat anggaran sejak dini. Dengan mengatur anggaran yang diberikan anak bisa menyesuaikan pembelian yang mereka lakukan.

Cara Terbaik Mengenalkan Investasi

Ada beberapa cara mengenalkan investasi kepada anak yang bisa Anda atau orang tua lakukan seperti berikut ini:

  1. Investasi pada Beberapa Produk Investasi

Cara terbaik mengajarkan anak investasi adalah mengenalkan beberapa produk investasi. Anda bisa mengajarkan anak untuk investasi di berbagai instrumen investasi yang menguntungkan.  Jika hanya fokus pada satu investasi saja akan menyebabkan resiko kegagalan tinggi.

  1. Libatkan dalam Setiap Keputusan
Baca juga:  Pajak Jual Beli Rumah: Pajak Saat Transaksi Jual Beli Rumah

Agar anak semakin tertarik dengan investasi, Anda bisa melibatkan anak dalam setiap keputusan. Anak akan cenderung meniru perilaku orang tua, tidak mengherankan jika perilaku menabung dan investasi anak itu cenderung mengikuti perilaku orang tua juga.

Baca juga : Begini 4 Tips Menabung untuk Pendidikan Anak Sejak Dini!

Anda bisa melibatkan anak dalam diskusi sehari-hari tentang uang dan memberikan kesempatan anak untuk belajar.  Saat anak melihat Anda membuat keputusan yang masuk akal tentang uang mereka akan bertindak dengan cara yang sama.

  1. Tulis Apa yang Menjadi Tujuan dan Daftar Penghematan

Saat anak menerima uang jajan bulanan, cobalah untuk menuliskan tujuan tabungan mereka. Anak akan menuliskan tujuan menabung bisa lebih hemat dibandingkan anak yang tidak menabung. Cara ini secara tidak langsung akan mengajari anak investasi yang dimulai dari penganggaran.

  1. Mulai Sejak Dini

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mulai sejak dini.  Semakin dini Anda mengajarkan anak investasi akan semakin bagus untuk Anda. Sejak usia TK Besar atau SD Anda sudah bisa mengenalkan yang namanya menabung dan investasi ini.

Banyak orang tua yang baru menyadari jika pengelolaan keuangan anak buruk saat remaja. Saat itu anak terlalu banyak meminta dan berapapun uang yang diberikan akan dihabiskan tidak bersisa. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa investasi penting bagi anak dan perlu diajarkan sejak dini, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Tags: alasan investasi penting bagi anak alasan mengapa investasi penting bagi anak mengapa investasi penting bagi anak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Mengapa Investasi Penting bagi Anak? Ketahui Alasannya Disini Ya!"