Mengapa Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil Sangatlah Penting?

Manajemen keuangan untuk bisnis kecil – Mengelola sebuah bisnis baik kecil maupun besar bukan hanya tentang bagaimana mengembangkan bisnis itu menjadi lebih besar namun juga tentang bagaimana pengaturan manajemen keuangan yang baik. Sebuah bisnis yang memiliki manajemen keuangan yang baik akan memudahkan sang pemilik untuk membuat analisis keuntungan, strategi keuangan dan juga masa depan bisnisnya.

Manajemen keuangan untuk bisnis kecil juga tak kalah pentingnya. Hal ini guna mengetahui apakah bisnis kecil yang Anda jalani cukup berkembang, atau justru mengalami kemunduran.

Memahami Apa Itu Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan cara mendapatkan modal, penggunaan dana modal, hingga pengelolaan aset bisnis yang bertujuan untuk mencapai target atau tujuan dari bisnis tersebut.

Manajemen keuangan ini juga bertujuan untuk memaksimalkan seluruh nilai terhadap aset yang dimiliki oleh suatu bisnis atau perusahaan baik besar maupun kecil, sehingga dapat memberikan manfaat bagi para pemegang saham atau pelaku bisnis tersebut. Manajemen keuangan ini memegang beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

  • Perencanaan keuangan bisnis, yang didalamnya juga meliputi laba rugi dan perencanaan arus kas.
  • Pengaturan anggaran atau budgeting, yaitu tentang perencanaan anggaran biaya secara efektif dan efisien pada dana yang dimiliki.
  • Pengendalian keuangan atau controlling, yaitu sebagai bahan evaluasi atas sistem pengaturan keuangan dalam bisnis atau perusahaan tersebut.
  • Pelaporan keuangan atau reporting, dimana manajemen keuangan memiliki fungsi sebagai penyedia laporan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan.
  • Pemeriksaan keuangan atau auditing, sebagai bahan audit internal mengenai keuangan perusahaan sehingga dapat menghindari adanya penyimpangan dana dan supaya keuangan perusahaan diatur sesuai dengan kaidah akuntansi yang tepat.

Dengan tujuan dan fungsinya ini, tentunya manajemen keuangan memiliki peranan yang cukup besar pada operasional sebuah bisnis maupun perusahaan.

Alasan Mengapa Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil Sangatlah Penting

Selain melihat pada tujuan dan fungsi dari manajemen keuangan diatas, ada juga beberapa asakan salin mengapa manajemen keuangan untuk bisnis kecil ini menjadi sangat penting, diantara yaitu:

1.      Dapat Membantu Menekan Biaya Operasional

Manajemen keuangan memiliki fungsi salah satunya sebagai alat pelaporan mengenai keuangan bisnis, baik itu modal, pembelanjaan, laba atau rugi dan sebagainya. Dari laporan ini Anda bisa menganalisis biaya pengeluaran operasional apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis Anda, termasuk juga besaran pengeluarannya.

Manajemen keuangan ini penting bagi Anda agar bisa melakukan penghematan biaya produksi, sehingga dapat menekan pengeluaran dan menambah keuntungan. Misalnya saja, Anda bisa menghemat biaya produksi dengan menganalisis kebutuhan yang bisa dipangkas. Mulai dari penggunaan listrik, pemilihan supplier bahan yang menawarkan harga lebih miring, pembelian bahan baku secara massal agar lebih murah dan sebagainya.

2.      Perencanaan Pajak yang Matang

Salah satu manfaat dengan adanya sistem manajemen keuangan yang baik dalam mengoperasionalkan bisnis Anda adalah adanya perencanaan yang matang pada pajak yang perlu Anda bayarkan. Dengan pengelolaan dana yang tepat Anda sudah memiliki alokasi khusus untuk pembayaran pajak secara tepat waktu, dengan begitu Anda tak perlu repot dengan urusan pajak yang telat. Anda mungkin juga akan menghemat dana keluar karena tak perlu membayar denda keterlambatan pajak, selain itu bisnis Anda pun tidak perlu mendapat masalah kedepannya.

3.      Membantu Anda Mengetahui Detail Besarnya Modal Bisnis

Melalui manajemen keuangan yang baik Anda akan mengetahui setiap detail besarnya modal yang dikeluarkan untuk pembelian aset dan juga untuk produksi. Anda bisa menyesuaikan besarnya modal yang harus dikeluarkan dengan rencana pendapatan yang akan didapatkan, sehingga dapat terhindar dari pengeluaran modal yang terlalu besar.

Hal ini dapat membantu Anda agar terhindar dari hutang modal yang terlalu besar, sehingga tidak akan menyulitkan Anda di kemudian hari. Dengan mengetahui besaran modal, Anda juga bisa merencanakan strategi yang tepat agar aset yang Anda miliki dapat terjaga nilainya dan terus memberikan manfaat bagi bisnis Anda.

Baca juga : 5 Tips untuk Manajemen Keuangan Saat Pandemi yang Lebih Baik

4.      Pengelolaan Kas Operasional yang Tepat

Manajemen keuangan untuk bisnis kecil sangat penting karena dapat juga membantu Anda dalam pengelolaan kas operasional yang tepat dan efisien. Dengan manajemen keuangan yang baik khususnya pada kas operasional, Anda akan selalu bisa memenuhi kebutuhan dana operasional rutin, seperti misalnya untuk biaya listrik, telepon, bayar sewa tempat, gaji karyawan dan banyak lagi lainnya. Anda juga masih bisa mencanangkan dana kas persediaan untuk digunakan pada saat genting.

Tanpa pengelolaan kas operasional yang baik, Anda mungkin akan mengalami banyak kebocoran dana karena semua pengeluaran tidak tertata dengan benar dan rapi. Anda mungkin juga tidak akan tahu bagaimana sebenarnya kondisi keuangan bisnis Anda saat ini, sehingga akan sulit juga untuk menentukan langkah apa yang akan diambil ke depannya nanti apabila terjadi kendala pada bisnis Anda.

Mengingat manajemen keuangan untuk bisnis kecil ini sangatlah penting untuk masa depan bisnis Anda, maka percayakan urusan keuangan ini pada seseorang yang memang sudah ahli di bidangnya.

Tags: bagaimana Manajemen keuangan untuk bisnis kecil Manajemen keuangan untuk bisnis kecil

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar