Kenali Plus Minus Pinjaman Online Langsung Cair

Apakah Anda penasaran apa saja plus minus pinjaman online langsung cair? Saat ini kita memang banyak menjumpai penawaran pinjaman online, baik melalui situs website maupun aplikasi yang dapat Anda download di Playstore. Pinjaman online yang bisa langsung dicairkan ini ditawarkan oleh perusahaan fintech. Di Indonesia, terdapat puluhan perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman online. Jumlah perusahaan fintech di Indonesia semakin banyak seiring tingginya minat masyarakat untuk mengajukan pinjaman online tersebut. Pinjaman online langsung cair ini dianggap dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang tengah membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhannya. Agar Anda semakin paham mengenai kelebihan dan kekurangan pinjaman online langsung cair, simak pembahasan berikut ini!

Kelebihan Pinjaman Online

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman online, terlebih dulu Anda harus mengetahui plus minus pinjaman online tersebut. Terlebih dahulu, kita akan membahas mengenai nilai plus atau kelebihan dari pinjaman online tersebut. Mari simak pembahasannya berikut ini!

  1. Proses yang Tidak Ribet

Pinjaman online memiliki proses yang cukup mudah untuk dilakukan. Hanya dengan memanfaatkan gadget, pinjaman online tersebut langsung dapat dicairkan. Karena proses pengajuannya tidak ribet, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

  1. Pinjaman Cair dalam Hitungan Hari

Dana pinjaman yang Anda ajukan dapat cair dalam jangka waktu hitungan hari. Biasanya waktu yang dibutuhkan hanya 1-3 hari kerja saja. Namun, bagi Anda yang pernah melakukan pinjaman, waktu pencairan dana bisa dilakukan dengan lebih cepat, yakni dalam hitungan jam saja. Cepatnya waktu pencairan dana disebabkan tidak adanya agunan yang harus diberikan sehingga tidak perlu ada proses penaksiran aset yang memakan waktu. Selain itu, semua data dapat diproses secara digital sehingga bisa diselesaikan secara lebih cepat.

  1. Syarat Pinjaman Cukup Mudah

Syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan pinjaman online terbilang cukup mudah. Pada umumnya, persyaratan yang dibutuhkan antara lain kepemilikan KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pokok), slip gaji atau surat keterangan penghasilan, serta rekening tabungan. Dengan mudahnya persyaratan yang diperlukan, hampir semua orang dapat mengajukan pinjaman online ini.

  1. Pinjaman Dapat Dipergunakan Untuk Berbagai Keperluan

Pinjaman online dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Hal ini jelas  berbeda dengan pinjaman jenis lainnya, seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang hanya dapat dipergunakan untuk membeli rumah, ataupun KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang hanya dapat dipakai untuk modal usaha. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa memanfaatkan pinjaman online untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Kekurangan Pinjaman Online

Plus minus pinjaman online bisa jadi bahan pertimbangan dalam mengajukan pinjaman tersebut. Setelah Anda mengetahui tentang kelebihan dari pinjaman online, sekarang kita akan membahas mengenai kekurangan dari pinjaman yang satu ini. Kekurangan pinjaman online di antaranya:

  1. Bungannya Dihitung Harian

Pinjaman online menggunakan sistem perhitungan bunga harian. Apabila kebetulan masa tenor yang Anda ambil cukup lama, maka sistem bunga harian ini jelas akan memberatkan Anda sebagai nasabah. Karena itu, sebelum mengambil pinjaman sebaiknya Anda menghitung perbedaan bunga yang harus Anda bayarkan jika Anda mengambil masa tenor singkat maupun masa tenor panjang.

  1. Plafon Pinjaman Tidak Begitu Besar

Plafon pinjaman yang diberikan terbilang tidak begitu besar. Karena tanpa agunan, jumlah plafon pinjaman yang diberikan hanya mencapai Rp 20-30 juta saja. Jadi, bagi Anda yang butuh dana di atas angka tersebut, maka Anda harus mencari alternatif pinjaman lain untuk menutup kekurangan tersebut.

  1. Masa Tenor yang Pendek

Masa tenor pada pinjaman online cukup singkat. Hal ini dipengaruhi oleh plafon pinjaman yang jumlahnya tidak terlalu besar. Pada umumnya, masa tenor yang ditawarkan mulai dari 10 hari sampai 180 hari (6 bulan). Semakin lama masa tenor yang Anda ambil, tentu saja jumlah bungan cicilan yang harus Anda bayarkan pun akan semakin besar. Namun jika Anda mengambil masa tenor yang pendek, maka Anda akan merasa seperti dikejar-kejar hutang.

  1. Banyaknya Penyedia Pinjaman Online Abal-Abal

Sekarang ini banyak bermunculan penyedia pinjaman online yang tidak dapat dipercaya alias abal-abal. Karena itulah, beberapa orang mengalami penipuan karena memutuskan untuk mengambil pinjaman pada penyedia pinjaman yang tidak kredibel tersebut. Sebenarnya pinjaman online langsung cair memang beresiko sekali terhadap yang namanya penipuan. Hal ini menjadi kelemahan terbesar dari pinjaman online ini. Karena itulah, Anda harus memastikan bahwa penyedia pinjaman yang Anda pilih telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar Anda terlepas dari masalah penipuan.

Pertimbangan Secara Matang dan Lakukan Simuasi Perhitungan

Anda sudah memahami plus minus pinjaman online, bukan? Sebelum Anda mengajukan pinjaman online tersebut, sebaiknya pertimbangkan dengan matang berapa jumlah dana yang akan Anda pinjam. Jangan lupa untuk memilih masa tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Setelah itu, Anda perlu melakukan simulasi perhitungan agar Anda tahu berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Demikianlah pembahasan tentang plus minus pinjaman online yang dapat Anda dapatkan dari perusahaan fintech. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Загрузка...

Tags: apa saja plus minus pinjaman online plus minus pinjaman online plus minus pinjaman online terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar