Kenali Jenis Mobile Marketing yang Menarik Disini!

Anda sedang mencari jenis mobile marketing yang cocok untuk bisnis Anda? silahkan scroll artikel ini sampai tuntas ya! Disini Anda bisa mendapatkan informasi tentang jenis atau macam mobile marketing yang lengkap. Anda bisa tahu jenis marketing seluler seperti apa yang tepat untuk bisnis Anda. Dibandingkan iklan di koran, marketing seluler dianggap lebih efektif dikarenakan era digital.

Web mobile friendly

Perangkat mobile menjadi pilihan utama untuk mengakses berbagai macam hal di internet. Mobile marketing sendiri merupakan strategi pemasaran online atau digital multi channel yang ditunjukkan untuk menjangkau audiens di perangkat mobile seperti tablet, smartphone maupun perangkat lainnya. Yuk kenali beragam jenis mobile marketing di bawah ini!

Pemasaran dalam Games

Jenis mobile marketing yang satu ini merupakan iklan yang bisa muncul saat bermain games. Kemunculan iklan saat sedang bermain games bisa dalam bentuk spanduk iklan atau banner pop-ups, iklan dengan gambar penuh atau full-image ads, atau iklan dalam bentuk video atau video ads.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang terus canggih dan berkembang, games dibuat secara interaktif untuk para pemain. Semakin bagus kualitas games, semakin banyak peminatnya. Dengan banyaknya ketertarikan tersebut, pemasar bisa mencoba memanfaatkan para pecinta games yang bisa menyajikan penawaran khusus untuk produk atau layanan melalui iklan game.

Pemasaran Berbasis Aplikasi

Dalam pemasaran berbasis aplikasi yang satu ini dibutuhkan aplikasi seluler. Anda sebagai pengiklan tidak perlu repot dalam membuat aplikasi untuk mempromosikan produk karena banyak layanan yang disediakan Google. Dengan layanan tersebut, Anda sebagai pengiklan bisa membuat iklan seluler muncul dalam aplikasi milik ketiga.

Pemasaran dengan Kode QR

QR merupakan kode batang yang bisa dibaca smartphone dengan kamera. Saat pengguna smartphone mengambil kode QR, Anda bisa diarahkan ke satu halaman situs website. Promosi bisnis menggunakan kode QR merupakan kesempatan bagus karena hampir semua orang memiliki smartphone.

Baca juga:  6 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Super Cepat Tanpa Ribet

Dengan QR Code itu Anda bisa memberikan informasi yang instan dan akurat. Keuntungan dalam menggunakan QR Code adalah Anda bisa mempromosikan QR Code pada produk, di jendela toko, papan reklame, surat kabar, iklan TV atau dimana saja.

Mobile Marketing Berdasarkan Lokasi

Jenis marketing yang satu in merupakan strategi pemasaran langsung yang menggunakan lokasi perangkat seluler atau GPS untuk distribusi konten atau layanan berdasarkan lokasi pengguna relatif terhadap area atau bisnis tertentu.

Melalui Penelusuran Iklan

Saat Anda membuka Google atau website tertentu, Anda akan sering menemukan iklan di website. Saat Anda mengetik keyword pada Google, akan muncul hasil pencarian dan sering menampilkan ekstensi tambahan seperti klik untuk memanggil atau click to call.

Pemasaran Melalui SMS atau MMS

SMS merupakan konsep awal mobile marketing dan banyak digunakan untuk mempromosikan berbagai macam jenis produk dan jasa hingga saat ini. Hal yang sama juga berlaku pada MMS, bedanya MMS ini bisa mengirimkan teks, foto, video dan audio. SMS hanya mengirimkan teks.

Keuntungan menggunakan SMS atau MMS sebagai media promosi Anda bisa menargetkan tujuan promosi secara personal kepada klien yang ingin dituju.  Yang harus Anda ingat adalah meski tujuan utama SMS atau MMS akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi, saat mempromosikan sesuatu, Anda harus menggunakan bahasa sopan dan jelas.

Tips Mobile Marketing

Meski Anda sudah memilih jenis mobile marketing yang sesuai dengan keinginan Anda, bukan berarti marketing Anda bisa berhasil seperti yang diharapkan. Beberapa orang akan terganggu dengan iklan tersebut dan tidak segan untuk skip. Nah, agar mobile marketing Anda menarik, efektif dan anti di skip, ada beberapa tips yang penting Anda simak seperti berikut ini:

  1. Pastikan Mobile Friendly
Baca juga:  5 Bisnis Online Gratis Tanpa Modal yang Menggiurkan

Tips pertama Anda harus memastikan jika website Anda mobile friendly. Website menjadi kunci kesuksesan marketing Anda. Mengapa demikian? Alasannya karena jika website Anda tidak mudah diakses oleh perangkat seluler, calon pelanggan akan enggan berkunjung.  Beberapa website juga sudah menyediakan pengaturan otomatis, jadi Anda tinggal mengaktifkannya.

  1. Jelas

Selanjutnya, Anda harus menggunakan bahasa yang jelas. Jika konten Anda kurang menarik pelanggan bisa langsung pindah ke konten yang lain. Selain navigasi yang sulit, bahasa yang ambigu atau membingungkan menjadi alasan yang utama mengapa pelanggan pindah ke produk kompetitor.

Baca juga : Cara Membuat Publikasi Konten Blog Otomatis ke Media Sosial

  1. Visual Menarik

Kebanyakan konsumen akan terpikat melalui mata baru turun ke hati. Agar menarik perhatian, Anda harus membuat visual yang menarik. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan video dengan durasi pendek atau beberapa gambar yang bercerita.

  1. Singkat dan Padat

Tips terakhir singkat dan padat. Layar smartphone lebih kecil dibandingkan komputer. Oleh sebab itu, pesan promosi yang ingin Anda tampilkan sebaiknya dibuat padat dan singkat. Hal itu karena keterbatasan tampilan, Anda juga harus memperhatikan attention span atau rentang perhatian manusia. Di perangkat mobile, rentang perhatian lebih singkat dibandingkan perangkat yang lainnya.

Demikianlah jenis mobile marketing dan jenisnya yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: jenis mobile marketing macam mobile marketing

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Kenali Jenis Mobile Marketing yang Menarik Disini!"