Kenali Ciri-ciri Investasi Emas Bodong, Kok Bisa?

Kenali ciri-ciri investasi bodong. Terdapat beragam jenis investasi di zaman modern seperti sekarang ini mulai dari surat utang, pasar saham, hingga melakukan pendanaan melalui fintech peer to peer lending. Salah satu investasi tertua  yang masih digandrungi hingga saat ini adalah investasi emas. Tak hanya ibu-ibu dan para perempuan saja yang bisa terjun langsung ke dalam jenis investasi ini, namun juga para pria. Tak perlu merasa malu membeli emas untuk investasi.

Investasi emas ini juga tak melulu dalam bentuk perhiasan, bisa jadi dalam bentuk emas batangan. Investasi ini juga tak melulu harus melalui bank, bisa melalui Antam, pegadaian bahkan secara online yang dapat diakses melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya. Namun Anda perlu waspada jika perusahaan menawarkan kepada Anda return investasi yang tak masuk akal. Penasaran? Mari simak ciri-ciri investasi emas bodong berikut.

Return Sangat Tinggi

 Ciri-ciri Investasi Emas Bodong return tinggi

Ciri-ciri Investasi Emas Bodong Return Tinggi

Di dalam investasi emas, dikenal dengan istilah “return”. Apa itu Return?. Investasi emas pada dasarnya jenis investasi jangka panjang sehingga return akan Anda peroleh ketika harga emas sendiri naik. Investasi emas pada umumnya memiliki return 10 –12% per tahun, sehingga Anda perlu waspada jika terdapat perusahaan yang menjanjikan kepada Anda return tinggi hingga 5% per harinya. Return yang tinggi demikian sengaja dibuat agar menarik calon membeli untuk mau membeli.  Sehari atau dua hari mungkin return sebesar 5% per hari benar-benar Anda dapatkan, namun cermati hingga minggu-minggu berikutnya, bisa dipastikan jika uangmu tidak akan pernah kembali, dalam kata lain, uangmu dibawa kabur oleh perusahaan tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri investasi emas bodong.

Tawarkan Beragam Paket Investasi

Paket investasi yang dimaksud disini merupakan jenis paket investasi emas yang ditawarkan oleh perusahaan abal-abal. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis investasi emas hanya ada 3 yakni logam mulia, batangan maupun emas perhiasan. Berbeda dengan apa yang perusahaan abal-abal tawarkan, umumnya mereka akan menawarkan paket investasi yang cukup aneh seperti Gold, Silver dan Platinum. Jika sudah demikian, Anda wajib mewaspadainya.  Pihaknya mengklaim semakin tinggi tingkatan paket yang ditawarkan akan semakin menjanjikan dan bernilai untung besar. Jika suatu hari Anda kedapatan mendapatkan informasi paket investasi yang demikian, Anda wajib mewaspadainya.

Setoran DP Mempengaruhi Return

modal usaha

Setoran DP

Individu atau perusahaan abal-abal acapkali meminta Anda untuk menyetor uang DP. Mereka mengklaim, semakin besar DP yang Anda setor, maka akan semakin tinggi pula return yang didapatkan oleh investor. Hati-hati sebab ini merupakan langkah awal yang salah. Jangan mau terjebak iming-imging palsu.  Selalu kenali ciri-ciri investasi emas bodong di atas, sebelum membuat keputusan untuk menyerahkan dana Anda kepada pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perputaran Dana yang Kurang Jelas

Ciri-ciri investasi emas bodong selanjutnya adalah perputaran dana yang tidak jelas. Sebagai seorang investor, Anda harus tahu dana yang Anda investasikan dialirkan untuk hal apa saja, misalnya untuk obligasi BUMN, membeli surat utang negara atau hal-hal lain sehingga sangat jelas peruntukannya untuk apa. Hal ini guna menghindari penyalahgunaan dana yang Anda investasikan disana.

Anehnya lagi, banyak perusahaan abal-abal yang mewajibkan Anda untuk merekrut orang baru agar return yang kamu peroleh semakin tinggi.  Hal ini tentu sedikit membingungkan sebab peningkatan return bukan dipengaruhi oleh downline tapi justru kenaikan harga emas itu sendiri.

Perusahaan Tidak Berizin Secara Resmi

OJK

OJK

Ciri-ciri investasi emas bodong selanjutnya adalah umumnya perusahaan tidak berizin secara resmi. Ketika Anda hendak berinvestasi, Anda harus tahu legalitasnya. Apakah benar-benar menjual produk investasi termasuk emas atau tidak?. Pastikan jika perusahaan yang bersangkutan terdaftar di  Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Untuk lebih simpelnya, Anda bisa secara langsung mengakses https://ojk.go.id. Jika perusahaan yang Anda maksud terdaftar maka bisa dipastikan anda berinvestasi di tempat yang aman. Sebaliknya jika tidak ada, sebaiknya Anda mengurungkan niat Anda untuk berinvestasi di tempat tersebut.

Nah, semoga ciri-ciri investasi emas bodong di atas dapat menginspirasi Anda dan membantu Anda memilah-milah mana perusahaan investasi emas yang legal dan ilegal.

Загрузка...

Tags: ciri-ciri investasi emas bodong kenali investasi emas bodong

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar