Catat! Ini Dia 6 Jenis-Jenis Program Bansos dari Penerintah di Tahun 2021

Jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021- Pandemi covid-19 rupanya belum juga usai meski sudah memasuki tahun 2021. Ekonomi Indonesia terpuruk, tapi setidaknya saat ini sudah mulai mengalami perbaikan meski secara perlahan. Meski begitu, sepertinya persoalan menurunnya lapangan pekerjaan dan makin bertambahnya pengangguran belum terselesaikan dengan baik. Ini juga yang pada akhirnya menjadi penyebab lemahnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pemerintah melalui program sosial pun sampai dengan tahun 2021 masih akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang terimbas covid-19. Ada beberapa jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021, mulai dari bantuan tunai hingga bantuan non-tunai.

jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021

Jika Anda merupakan salah satu keluarga yang terimbas covid-19 dan belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, mungkin Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penerima berbagai jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021 berikut ini.

Program Kartu Prakerja

Jika Anda baru saja kehilangan pekerjaan dan ingin menambah pengetahuan serta skill untuk bisa bersaing mencari pekerjaan yang baru, maka Anda bisa mendaftar program Kartu Prakerja. Pemerintah menjelaskan bahwa program ini masih akan berjalan di tahun 2021. Kabarnya gelombang 12 akan segera dibuka tahun ini.

Selain akan mendapatkan saldo untuk membayar kelas-kelas pelatihan, Anda juga akan mendapatkan insentif sebesar 600 ribu rupiah selama empat bulan berturut-turut. Dana insentif ini bisa Anda cairkan untuk keperluan sehari-hari selama masa menganggur.

Anda bisa mendaftar program Kartu Prakerja di situs https://www.prakerja.go.id/.

Bantuan untuk UMKM

Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi UMKM yang dikeluarkan melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) akan dilanjutkan hingga tahun 2021 ini. Besarnya BLT untuk UMKM ini adalah sebesar 2,4 juta rupiah. Bantuan ini ditujukan untuk membantu sektor usaha kecil dan menengah yang terimbas pandemi.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai penerima BLT untuk UMKM ini, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi diantaranya:

  • Anda seorang WNI.
  • Memiliki Nomor Induk kependudukan atau NIK, dapat dibuktikan dengan surat usulan yang diterbitkan pengusul.
  • Anda tidak sedang melakukan kredit modal dan investasi dari pihak bank manapun.
  • Anda bukan seorang anggota TNI, Polri, atau pegawai BUMN dan BUMD.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan program yang memberikan bantuan sosial dengan syarat tertentu kepada para keluarga miskin yang ditetapkan sebagai penerima PKH.  Adapun keluarga miskin yang masuk dalam kategori penerima bantuan dari Program Keluarga Harapan ini adalah keluarga dengan ibu hamil, penyandang disabilitas, anak sekolah, lansia serta anak-anak usia dini.

Bantuan sosial PKH ini akan dicarikan sebanyak empat kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bantuan sosial tunai ini merupakan salah satu jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021. Bantuan sosial ini akan disalurkan pada 10 juta keluarga penerima. Salah satu syarat bagi calon penerima bantuan sosial tunai ini adalah, Anda tidak boleh terdaftar sebagai penerima manfaat PKH ataupun Kartu Sembako.

Penyaluran bantuan sosial ini akan melalui KPM melalui pos. besarnya bantuan sosial tunai ini adalah 300 ribu rupiah dan akan diberikan selama empat bulan berturut-turut dari bulan Januari hingga April 2021.

Anda bisa mendaftar sebagai calon penerima melalui desa atau kelurahan dan melakukan pengecekan berkala pada situs dtks.kemensos.go.id.

Paket Sembako

jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021 yang lain adalah bantuan paket sembako. Paket sembako ini merupakan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT. Bentuk bantuan ini adalah sembako yang berisi bahan pokok senilai 200 ribu rupiah. Biasanya terdiri dari beras, lauk pauk, minyak, dan jenis sayuran.

Bantuan paket sembako ini kabarnya akan mulai diberikan sejak bulan Januari hingga Desember 2021.

Baca juga :  Kenali Jenis Barang Sembako yang Cepat Laku!

Subsidi Listrik

Pemerintah masih akan memperpanjang program bantuan listrik gratis bagi masyarakat. Bentuk skema subsidi umumnya masih sama, yaitu gratis 100% untuk pelanggan dengan daya 450 VA, dan gratis 50% untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA. Program subsidi listrik ini akan berlangsung selama tiga bulan terhitung Januari hingga Maret 2021.

Untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik ini Anda bisa melakukan klaim melalui website resmi PLN di laman www.pln.co.id, atau melalui nomor whatsapp 08122-123-123. Pada periode kali ini klaim subsidi listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile.

Jika Anda merupakan keluarga kurang mampu yang terimbas pandemi, maka salah satu dari bantuan di atas berhak Anda dapatkan. Anda bisa mendaftar atau melapor pada pihak desa agar bisa mendapatkan bantuan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan keluarga Anda.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021, semoga bermanfaat.

Tags: jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021 jenis-jenis program bansos dari pemerintah di tahun 2021

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar