Ini Dia Jenis Asuransi yang Cocok untuk Anak, Anda Wajib Tahu!

Jenis asuransi yang cocok untuk anak – Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah memastikan masa depan anak-anaknya terjamin. Mempersiapkan masa depan untuk anak ini bisa Anda siapkan sejak dini, sehingga sejak balita orangtua sudah mulai merancang masa depan seperti apa yang sedang disiapkan untuk anak-anaknya.

asuransi untuk anak

asuransi untuk anak

Kehidupan di masa depan atau mendatang yang tidak pasti membuat orangtua harus mempersiapkan masa depan anaknya sejak dini untuk mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi di masa depan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir hal buruk tersebut adalah dengan mengikuti asuransi.

Dengan ikut asuransi ini sama saja Anda bisa menghindarkan kerugian finansial yang lebih besar. Meski begitu orang tua tidak boleh asal dalam ikut asuransi. Harus benar-benar memilih asuransi yang benar-benar tepat dan dibutuhkan oleh anak, berikut ini adalah jenis asuransi yang cocok untuk anak yang penting untuk Anda perhatikan:

Asuransi Pendidikan

Urutan pertama ada asuransi pendidikan. Orangtua menjadi orang pertama yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak.  Tidak bisa dimungkiri bahwa pendidikan yang bagus ini memiliki kaitan yang erat dengan masa depan yang cerah. Tentu semua orang tua mendambakan masa depan yang cerah untuk anak-anaknya sehingga asuransi pendidikan ini wajib dimiliki.

Asuransi pendidikan memiliki fungsi sebagai rekening tabungan standar kecuali yang menawarkan sebagai tunjangan atau pembayaran sekaligus. Biaya pendidikan ini terkenal tinggi bahkan peningkatannya terjadi setiap tahun, sebaiknya Anda merencanakan sebelumnya perjalanan akademik yang akan ditempuh oleh anak Anda.

Secara umum Anda sebagai orang tua bisa merencanakan pendidikan untuk anak dari 14 hari sampai dengan 14 tahun. Asuransi pendidikan bisa melindungi anak mulai usia 18 sampai dengan 23 tahun.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga menjadi proteksi dasar yang penting dimiliki oleh setiap orang. Dengan memiliki asuransi kesehatan bisa terhindar dari kebangkrutan yang jauh lebih besar yang diakibatkan oleh sakit. Misalnya di tempat Anda bekerja ini membutuhkan fasilitas berupa BPJS Kesehatan dan plafon kesehatan sebesar satu bulan gaji. Selain itu bisa membandingkannya dengan biaya pengobatan yang ada di rumah sakit.  Anda bisa mengetahui apakah fasilitas kesehatan yang diperoleh dari kantor ini memadai atau tidak.

Jika memang kurang bisa mempertimbangkan membeli asuransi kesehatan dan juga manfaat pengganti biaya rumah sakit. Asuransi kesehatan dengan manfaat pengganti biaya rumah sakit dengan memberikan penggantian biaya rumah sakit sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit.

Jika proteksi asuransi kesehatan yang diberikan oleh kantor sudah maksimal namun ingin membeli asuransi tambahan pilihlah produk dengan manfaat dan premi yang tidak begitu besar. Misalnya Anda bisa memilih asuransi dengan kesehatan cash plan. Cash plan ini memiliki premi yang tidak besar. Selain itu juga memberikan manfaat santunan harian atau tinggal bagi yang membeli asuransi penyakit kritis.

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang cocok untuk anak selanjutnya adalah asuransi jiwa.  Asuransi ini juga bisa memberikan perlindungan medis bagi pemegang polis. Pemegang polis ini bisa mengikuti jumlah pertanggungan yang ada. Hal ini mengarah pada jumlah pertanggungan yang lebih tinggi untuk Anda. Meski memiliki premi yang lebih tinggi dan juga dalam jangka panjang ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan pertanggungan medis dengan komponen pengendara tambahan.

Yang pertama akan mendapatkan keringanan pembayar dimana premi Anda tidak perlu dibayarkan jika yang membayarkan meninggal. Biasanya asuransi jenis ini juga dilengkapi dengan pertanggungan medis yang baik dan juga cakupan yang jauh lebih luas.

Baca juga : Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Klaim Asuransi Sebelum Jatuh Tempo!

Polis asuransi ini mencakup komponen investasi dan juga tabungan yang mana memungkinkan bagi pelanggan agar bisa menikmati insentif tambahan. Premi akan naik jika banyak fitur yang disediakan di dalam paket selain itu premi akan lebih rendah untuk paket dasar tanpa adanya fitur tambahan.

Individu muda dan aktif ini sangat membutuhkan perlindungan dibandingkan dengan keluarga, orang tua dan juga orang dengan kesehatan kronis. Polis asuransi jiwa atas nyawa anak ini bisa membantu penggantian kehilangan pendapatan dan kerugian yang bisa terjadi saat kematian anak terjadi.

Asuransi Prenatal

Tidak hanya asuransi untuk anak-anak saja yang bisa dibeli, namun Anda juga bisa membeli asuransi prenatal. Perlindungan asuransi untuk anak Anda akan dimulai bahkan sebelum kelahiran. Ibu hamil bisa asuransi sejak usia 18 minggu usia kehamilan.  Prenatal ini digunakan untuk menghindarkan dari pengeluaran uang tunai jika yang tertanggung dalam polis ini mengalami komplikasi kehamilan atau masalah lain seperti penyakit bawaan setelah lahir. Asuransi ini menyediakan fasilitas lain seperti tunjangan perawatan rumah sakit jika nasabah dirawat di rumah sakit.

Demikianlah beberapa jenis asuransi yang cocok untuk anak, pastikan Anda memilih yang terbaik dan juga perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tags: Jenis asuransi yang cocok untuk anak jenis-Jenis asuransi yang cocok untuk anak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar