9 Ide Usaha Rumah Makan Anti Mainstream Wajib Dicoba

Untuk bisa tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat dalam dunia usaha kuliner, para pelaku usaha harus mulai memikirkan ide usaha rumah makan anti mainstream apa saja yang tepat untuk dicoba. Ya, seperti kita tahu bahwa bisnis rumah makan atau restoran kini persaingannya semakin tinggi. Apabila Anda tidak melakukan inovasi, maka dikhawatirkan bisnis yang Anda jalankan tidak akan mampu bertahan.

Karena itulah, Anda harus bisa menemukan konsep rumah makan yang unik dan mencoba menyajikan beberapa menu yang berbeda dari yang lainnya, seperti misalnya es krim mochi, burger mie, bento karakter, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa ide konsep rumah makan atau restoran yang terkesan anti mainstream yang mungkin saja menginspirasi Anda.

1.     Dark Dining

Dark Dining

Konsep restoran ini mungkin masih asing di telinga Anda. Namun, ide konsep semacam ini telah diterapkan di beberapa restoran di luar negeri. Konsep dark dining menawarkan sensasi santap menu yang sangat menarik. Dengan suasana yang gelap, para pelanggan akan mencoba menikmati cita rasa masakan yang disajikan dengan mengandalkan kekuatan indera perasanya. Konsep ini sepertinya sangat menarik dan bisa Anda coba terapkan.

2.     Hospitalis Restaurant

 

Hospitalis restaurant bisa jadi salah satu ide usaha restoran anti mainstream yang sepertinya bisa menarik minat banyak orang. Konsep ini telah diterapkan di beberapa restoran di kota-kota besar di Indonesia. Di restoran ini para pelanggan akan merasakan sensasi santap kuliner seolah-olah sedang berada di ruangan rumah sakit. Para pelayan pun berpenampilan layaknya para perawat yang ada di rumah sakit. Konsep semacam ini mampu menarik minat para pelanggan yang ingin mencoba menikmati makanan dengan nuansa yang berbeda.

3.     Farm to Table Restaurant

Bagi Anda yang punya kebun sendiri, konsep farm to table restaurant bisa menjadi satu inspirasi konsep restoran. Restoran semacam ini memungkinkan para pelanggan untuk makan di tengah-tengah ladang perkebunan Anda. Konsep ini sepertinya bisa menarik minat banyak orang untuk mencoba menikmati sensasi menikmati kuliner di tengah hijaunya tanaman. Untuk menunjang sensasi makan di lingkungan yang hijau ini, Anda bisa menawarkan berbagai menu sehat pada para pelanggan.

4.     Do it Yourself – DIY

Ide usaha rumah makan anti mainstream yang berikutnya adalah konsep Do it Yourself atau DIY. Jika kebanyakan restoran menyiapkan koki atau tukang masak yang handal untuk memasak berbagai menu bagi para pelanggan, namun di restoran ini pada pelanggan dipersilakan untuk memasak makanan sendiri.

Pihak restoran akan menyediakan berbagai bahan masakan dan alat-alat yang diperlukan untuk memasak menu yang diinginkan oleh para pelanggan. Selanjutnya, mereka dapat meracik sendiri menu masakan tersebut untuk kemudian disantap bersama teman maupun keluarga. Meski para pelanggan dapat meracik masakannya sendiri, pihak restoran hendaknya tetap menyediakan koki handal untuk mendampingi para pelanggan saat sedang memasak.

5.     Pancing Ikan dan Masak Sendiri

Bagi Anda yang punya hobi memancing dan ingin membuat restoran dengan konsep yang anti mainstream, Anda bisa memilih konsep ini. Di restoran ini para pelanggan dipersilakan untuk memancing ikan sendiri dan memasaknya sesuai dengan keinginannya. Jadi, di restoran ini para pelanggan akan merasakan tiga menarik, yakni memancing, memasak, dan yang paling mengasikan adalah menyantap menu masakan yang nikmat.

6.     House of Hobbit Restaurant

Konsep House of Hobbit Restaurant adalah salah satu ide usaha restoran anti mainstream yang bakal disukai oleh para penggemar film Lord of the Rings. Di restoran ini para pelanggan akan merasakan sensasi santap menu dengan nuansa seperti sedang berada di film fantasi tersebut. Di restoran ini, disajikan beragam menu ala manusia kecil alias para Hobbit.

7.     Strawberry Café

Restoran maupun kafe bertemakan strawberry ini sangat cocok bagi para pelanggan yang ingin menikmati suasana yang menyenangkan bersama keluarga. Ya, konsep strawberry ini mampu  menyuguhkan nuansa yang ceria. Di restoran ini menu-menu yang disajikan pun banyak yang berbahan dasar buah strawberry.

8.     Animal Café

Bagi pecinta binatang yang juga tengah mencari ide rumah makan anti mainstream, Anda dapat mencoba restoran maupun café dengan konsep binatang peliharaan seperti misalnya kucing maupun anjing. Di tempat ini, para pengunjung dipersilakan untuk berinteraksi dengan binatang peliharaan tersebut. Agar tidak mengganggu para pelanggan saat makan, maka pihak restoran perlu menyediakan makanan khusus untuk binatang peliharaan yang ada di tempat tersebut. Konsep restoran ini mampu menarik minat banyak pelanggan, terutama mereka yang merupakan pecinta binatang peliharaan.

9.     Komik Café

Usaha kuliner dengan tema komik café sangat tepat untuk dicoba oleh Anda yang punya banyak koleksi komik maupun majalah. Ya, Anda dapat memanfaatkan koleksi komik dan majalah tersebut untuk di tempatkan pada restoran ataupun kafe yang Anda dirikan. Di tempat ini para pelanggan tak hanya bisa menikmati sajian kuliner saja. Mereka pun dibebaskan untuk membaca komik, buku, ataupun majalah sambil menyantap hidangan yang telah dipesan.

Baca juga : 4 Ide Usaha Untuk Fresh Graduate Yang Ditolak Bekerja

Itulah beberapa contoh ide usaha rumah makan anti mainstream yang bisa Anda coba. Jadi, konsep restoran manakah yang paling tepat untuk Anda?

Загрузка...

Tags: ide usaha rumah makan anti mainstream

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar