Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mengambil Asuransi Mobil Tua

Asuransi mobil tua – Para kolektor mobil tua tentunya sangat sayang dan juga peduli dengan semua kendaraan yang dimilikinya. Ada rasa kepuasan tersendiri untuk pemiliki kendaraan tua ini jika mereka bisa merawatnya dengan sangat baik. Karena jumlahnya tak banyak,tentunya sangat penting mendaftarkan mobil tua ke dalam program asuransi. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bagian dari kepedulian para pemilik mobil tua tersebut. Namun, masih banyak yang belum memahami mengenai keuntungan dan syarat mengasuransikan mobil tua. Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat memilih produk asuransi mobil tua

Pahami Hal Penting Sebelum Mengambil Asuransi Bagi Mobil Tua

Asuransi mobil tua

Asuransi mobil tua

Asuransi mobil tua berbeda dengan asuransi mobil biasa. Hal tersebut membuat Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengambil asuransi untuk mobil tua Anda. Anda harus cermat sebelum memilih produk asuransi mobil tua agar nantinya Anda tidak mengalami masalah.

  • Pahami Perlindungan Dari Asuransi All Risk

Walau jumlah biaya premi yang harus dibayarkan cukup tinggi setiap bulannya, sebagian besar pelanggan lebih suka memilih jenis asuransi ini dengan jaminan ganti rugi sebagian atau bahkan seluruh kerusakan yang terjadi. Misalnya, ketika mengalami kecelakaan di jalan raya, saat tertimpa musibah kebakaran, aksi pencurian atau bahkan peristiwa yang tak disengaja lainnya.

Dengan perlindungan All Risk ini, mobil tua Anda bisa lebih aman dan terhindar dari berbagai kerusakan atau bahkan masalah lainnya. Mobil tua sendiri rentan akan kerusakan dan pencurian, hal tersebut karena nilainya yang cukup tinggi karena termasuk ke dalam barang antik yang sulit dicari di pasaran.

  • Pahami Perlindungan Dari Asuransi TLO

Jika Anda menganggap All Risk memberatkan pengeluaran Anda setiap bulannya, Anda bisa menggunakan asuransi jenis TLO. Walau begitu, asuransi jenis ini hanya bisa di klaim jika mobil pelanggan mengalami kerusakan lebih dari 75% yang dikarenakan bencana alam atau berbagai persoalan lainnya.

Jika kerusakan yang dialami mobil tua Anda kurang dari 75%, penyedia layanan asuransi tak akan mau membayar kerugian yang dihadapi dan juga dibebankan kepada pemilik mobil. Namun, Anda tetap harus wajib berhati-hati walau sudah menggunakan asuransi TLO ini, karena tidak semua kerusakan pada mobil Anda akan di cover oleh jenis asuransi ini.

  • Bandingkan Beberapa Layanan Dari Beberapa Perusahaan Asuransi

Anda bisa memilih perusahaan layanan asuransi terbaik dengan cara membandingkan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya. Berikut beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan saat memilih perusahaan layanan asuransi :

  1. Nilai premi yang harus dibayarkan harus Anda bandingkan dengan proteksi yang akan diterima.
  2. Keuntungan dan kerugian dari tipe asuransi yang ditawarkan oleh penyedia layanan dan bisa Anda bandingkan dengan fitur dan juga proses klaim.
  3. Jumlah customer dan cabang dari perusahaan yang dimiliki perusahaan sangat banyak. Semakin banyak customer yang menggunakan layanan dan juga banyaknya cabang berarti perusahaan layanan asuransi itu memiliki manajemen keuangan dan juga pelayanan yang sangat baik.

Dengan beberapa poin diatas Anda bisa mendapatkan perusahaan jasa asuransi dengan pelayanan terbaik dibandingkan dengan jasa asuransi lainnya.

Pahami Faktor Penyebab Besarnya Nilai Premi Dari Sebuah Mobil Tua

Asuransi mobil tua

Asuransi mobil tua

Setelah Anda memahami berbagai poin penting dari perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi mobil tua, selanjutnya Anda bisa memahami faktor penyebab dari besarnya nilai premi mobil tua agar Anda nantinya tidak dibuat berat dengan biaya bulanannya.

  1. Harga Mobil

Harga mobil tua Anda akan berbanding lurus dengan besarnya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Artinya, semakin tinggi nilai mobil tua Anda maka keseluruhan premi yang wajib dibayarkan per bulannya juga akan semakin mahal. Jika mobil yang Anda asuransikan ialah mobil antik, harga preminya bisa jauh lebih mahal karena harga perlengkapan ataupun onderdil mobil itu juga langka dan mahal.

Oleh karena itu, perhatikan harga dari mobil tua Anda sebelum mengambil asuransi. Pasalnya, beban bulanan premi Anda akan tergantung dari harga mobil tua Anda nantinya. Hitung secara cermat biaya premi bulanan berdasarkan harga mobil tua Anda.

  1. Tahun Keluarnya Mobil

Setelah mengetahui harga dari mobil tua Anda. Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan tahun keluarnya mobil. Pasalnya, semakin tua tahun keluarnya mobil, maka nilai premi yang harus dibayarkan pun semakin tinggi. Tahun keluarnya mobil akan menentukan apakah mobil tersebut termasuk mobil antik yang sparepartnya sulit dicari atau tidak.

Oleh karena itu, pihak perusahaan asuransi  menggunakan patokan ini untuk mendapatkan hitungan biaya premi bulanan yang harus Anda bayar nantinya.

  1. Jenis Plat Mobil

Plat mobil yang sesuai dengan wilayah juga bisa berpengaruh pada besarnya biaya premi yang akan dibayarkan perbulannya. Pasalnya, hal tersebut terkait dengan keseluruhan bengkel yang ada di kota tempat plat mobil berasal. Selain itu, di setiap daerah pajak dari mobil antik berbeda, hal itu yang membuat plat mobil menjadi salah satu penentu besarnya biaya premi bulanan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengambil asuransi untuk mobil tua Anda. Anda bisa memepersiapkan segala halnya agar nantinya tidak mengalami kesulitan saat akan membayar premi bulanan dari asuransi mobil tua.

Загрузка...

Tags: asuransi mobil tua plus minus asuransi mobil tua produk asuransi mobil tua

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar