Ketahui Faktor Penyebab Harga Jual Emas Rendah Sebelum Menjualnya

Penyebab harga jual emas rendah – Emas menjadi investasi andalan karena harganya sangat fluktuatif. Selain bisa dijadikan sebagai perhiasan, emas ini juga bisa dijadikan sebagai tabungan di masa tua karena investasi ini paling aman dibandingkan dengan investasi lainnya seperti saham. Untuk investasi banyak yang memilih membeli emas antam dengan kadar 24 karat, sedangkan bagi para wanita banyak yang lebih memilih untuk investasi dalam bentuk perhiasan karena bisa membuat penampilan lebih eksklusif.

harga emas

Meski di klaim sebagai investasi yang paling aman, nyatanya harga emas ini tidak selalu naik. Beberapa waktu belakangan harga emas justru menurun sehingga banyak yang mengurungkan untuk menjual emasnya. Sebaliknya bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan emas, saat inilah menjadi saat yang tepat untuk berinvestasi. Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab harga jual emas rendah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Harga Pasar Dunia yang Menurun

Penyebab harga jual emas rendah pertama adalah harga pasar dunia menurun.  Pergerakan harga emas yang ada di Indonesia ini selalu mengikuti harga emas di pasar spot yang memang saat ini kondisinya sedang tidak bagus. Pasar spot saat ini dikabarkan tengah berdarah karena terkait dengan bunga acuan AS yang inflasinya meningkat sebesar 2% dan dalam jangka panjang sehingga AS tidak akan menurunkan suku bunganya di dalam waktu dekat. Hal inilah yang juga melemahkan harga emas secara global, bahkan Indonesia juga terkena dampaknya.

Sentimental As dan China

Penyebab harga jual emas rendah saat ini karena ada ya sentimental antara AS dan juga China.  Drama perang dagang terjadi antara AS dan China terjadi yang mana China mengabarkan akan mundur dari rencana perundingan jika ada kenaikan tarif impor yang sudah diberlakukan oleh AS. China ingin pembatalan kenaikan tarif yang menurut rencana akan diberlakukan pada tanggal 15 Desember nanti. Ancaman tersebut juga berhubungan dengan Hong Kong dan semakin parah akibat disahkannya UU HAM oleh senat AS dan juga Presiden AS dimana mereka membela Hong Kong dengan cara membatasi ekspor amunisi dan juga peralatan anti kerusuhan.

Investor Banyak Melepas Aset Emas

Emas pernah mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan. Dimana investor mulai melepas dan menghindari aset dengan risiko tinggi dikarenakan isu global yang sedang marak. Karena ketidakpastian tersebut banyak para investor yang kemudian mengalihkannya ke aset yang lebih aman dan berisiko rendah seperti emas. Karena investor beramai-ramai pindah haluan ke investasi emas ini membuat harga emas mencetak rekor. Sedangkan untuk penurunan saat ini disebabkan para investor mulai melepaskan aset emasnya karena isu global sudah mereda dimana Donald Trump dan Xi Jinping telah dijadwalkan bertemu untuk menyelesaikan masalah yang ada. Perang dagang tersebut kian mereda.

Faktor Lainnya

Selain penyebab harga jual emas rendah di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat harga emas ini menurun. Faktor lainnya adalah nilai tukar rupiah yang rendah, banyak terjadi penjualan emas secara serentak di beberapa kota di Indonesia, rendahnya permintaan emas terutama di tingkat industri, tingkat inflasi, dan lain sebagainya.

Cara Menghadapi Fluktuasi Harga

Meski di klaim hanya temporer atau bersikap sementara, namun Anda harus tahu bagaimana caranya menghadapi fluktuasi harga emas yang saat ini cenderung menurun. Simak beberapa hal yang harus Anda lakukan berikut ini:

  1. Lakukan pembelian

Hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembelian. Justru saat inilah yang paling tepat untuk pembelian emas. Anda bisa memperbesar aset emas Anda melakukan pembelian di saat harga rendah. Meski begitu pembelian ini tidak hanya sekadar pembelian. Ada satu hal yang harus Anda ketahui saat melakukannya yaitu harus memprediksi bagaimana harga emas tersebut nanti ke depannya. Memang menentukan harga emas di kemudian hari ini sangat sulit namun Anda bisa menyimak bagaimana isu global yang sedang terjadi saat ini. Jika tidak ada isu yang terlalu riskan maka diperkirakan harga emas perlahan akan naik. Anda bisa melakukan  pembelian secara rutin tujuannya agar  harga emas yang dibeli ini normal dan berada di angka rata-rata.

  1. Memastikan alokasi portfolio

Prinsip ini sebaiknya Anda berlakukan dalam setiap instrumen investasi termasuk emas. Pastikan instrumen yang akan dimiliki ini ter diversifikasi dengan baik. Meski emas memiliki risiko yang rendah namun ada baiknya jika Anda menempatkan mayoritas simpanan dalam berbagai macam instrumen tidak hanya emas semata sehingga emas tidak akan mendominasi portfolio Anda.

  1. Hati-hati

Hal yang bisa Anda lakukan terakhir adalah berhati-hati dengan tawaran investasi emas. Hal itu dikarenakan harga emas tidak cenderung meningkat namun juga tipis kemungkinannya akan menurun. Harga emas akan selalu fluktuatif yaitu menurun namun juga ada kalanya berbalik ke arah meningkat. Oleh sebab itu jika ada tawaran yang menunjukkan kenaikan harga emas Anda perlu memperhatikan potensi kerugian saat harga emas menurun.

Demikianlah beberapa penyebab harga jual emas rendah yang perlu diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: daftar harga jual emas rendah harga jual emas rendah Penyebab harga jual emas rendah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar