Daftar Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Juta, Mau Coba?

Investasi yang cocok untuk gaji 2 juta menjadi sebuah solusi terbaik bagi anda yang ingin berinvestasi sejak dini, namun terkendala dengan uang yang pas-pasan. Tentu pemikiran untuk berinvestasi adalah sebuah kemajuan dalam diri anda. Saat orang lain berpikir untuk menabung, anda sedang berupaya maksimal untuk berinvestasi. Tentu saja mudah mengatakan daripada menerapkannya. Tapi bagi anda yang sudah memantapkan diiri untuk berinvestasi, tentu saja ada nominal yang sudah siapkan untuk memulainya. Dalam hal ini, nominal Rp 2 juta mungkin menjadi pilihan yang bijak, terutama jika gaji anda berada di kisaran Rp 4 juta – Rp 5 juta per bulan.

Nah, anda telah sampai dalam tahap awal, yaitu menentukan jumlah uang yang akan diinvestasikan. Tapi masalah tidak selesai sampai di sini. Anda harus memilih opsi investasi yang sekiranya cocok untuk diaplikasikan pada gaji anda yang senilai Rp 2 juta tersebut. Beberapa dari anda mungkin sudah memperoleh bayangan terkait pilihan investasi tersebut, tapi tak sedikit pula yang tidak tahu harus menginvestasikan uangnya dimana. Tak perlu cemas, berikut adalah sejumlah pilihan investasi yang bisa anda coba dengan dana tersebut:

1. Berinvestasi Pada Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka

Opsi pertama dalam investasi yang cocok untuk gaji 2 juta adalah tabungan berjangka. Pada penerapannya, anda akan memiliki kontrak atau ikatan dengan bank yang menjadi pilihan anda. Dalam hal ini, anda diwajibkan untuk menabung dengan jumlah tertentu. Jangka waktunya pun beragam mulai dari 1 bulan, 6 bulan, setahun dan seterusnya. Dalam kurun waktu tersebut, anda tidak diperkenankan untuk menarik uang anda. Anda hanya bisa menariknya pada waktu yang telah disepakati. Jika anda terpaksa harus menariknya, tentu ada penalty atau sanksi yang harus diterima.

Tapi jika anda berhasil menahan diri untuk tidak mengambil uang tersebut sampai jangka waktu yang ditentukan, maka anda akan bisa menikmati hasil yang maksimal daritabungan berjangka ini. Bunga yang diberikan tentu saja cukup besar dibandingkan bunga dari hasil menabung secara normal. Apakah anda berminat untuk menggunakan tabungan berjangka? Silahkan saja mencobanya. Apalagi jika anda masih single dan punya banyak dana menganggur di rekening.

2. Menggunakan Reksa Dana

Reksa Dana

Pilihan yang berikutnya investasi yang cocok untuk gaji 2 juta adalah Reksa Dana. Dalam hal ini, uang yang anda investasikan tersebut nantinya akan dikelola oleh pihak ketiga. Pihak tersebut biasanya berasal dari Instansi yang bergerak di bidang Manajemen Investasi. Sebetulnya, ini memiliki konsep hampir mirip dengan tabungan berjangka.

Hanya saja, kelebihan dari Reksa Dana ini adalah anda bebas melakukan pembayaran untuk investasi kapan saja, tak harus rutin membayar per bulan seperti tabungan berjangka. Anda bisa mengakukan investasi Reksa Dana tersebut ke pihak bank atau instansi yang bergerak di bidang Manajemen Instansi secara langsung.

3. Berinvestasi Pada Logam Mulia Emas

Apabila anda berpikir untuk melakukan investasi yang cocok untuk gaji 2 juta, maka solusi yang terbaik adalah dengan berinvestasi pada emas. Sebagaimana diketahui, emas adalah logam mulia yang memberikan prospek yang menjanjikan untuk masa depan. Harga emas tergolong stabil dan cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan investasi jenis ini tak hanya digandrungi oleh anak muda saja, tapi juga ibu rumah tangga.

Logam mulia emas

Logam mulia emas

Coba bayangkan misalnya anda mengalokasikan uang sebesar Rp 2 juta untuk investasi emas ini. Kemudian, 10 tahun – 20 tahun ke depan, harga emas tersebut naik 10 kali lipatnya. Maka investasi yang awalnya senilai Rp 2 juta tersebut akan berkembang menjadi Rp 20 juta. Tak mengherankan jika ini bisa menjadi sebuah opsi yang wajib anda terapkan dari sekarang.

4. Mempertimbangkan Investasi Saham

Investasi Saham

Untuk pilihan selanjutnya dalam investasi yang cocok untuk gaji 2 juta adalah saham. Namun, perlu digaris bawahi bahwa pilihan investasi yang satu ini memiliki sifat high return and high risk. Keuntungan yang anda peroleh bisa sangat luar biasa besarnya. Tapi hal itu sebanding dengan risiko yang nantinya akan anda dapatkan.

Dalam tahap awal, anda disarankan untuk berinvestasi dengan nominal yang wajar saja, antara Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2 juta. Sangat disarankan untuk tidak menggelontorkan dana terlalu besar di pilihan investasi yang satu ini, terlebih lagi jika anda pemula. Luangkan waktu yang banyak untuk belajar berinvestasi saham. Pelajari pula analisa pergerakan harga dari sisi Fundamental dan Teknikal.

Akhir Kata

Nah, itulah berbagai macam opsi investasi yang bisa anda pilih. Siapa bilang investasi itu sulit? Di zaman yang semakin canggih ini, investasi yang cocok untuk gaji 2 juta bisa menjadi jalan terbaik bagi anda untuk memperoleh keamanan finansial di masa depan.

Загрузка...

Tags: daftar investasi yang cocok untuk gaji 2 juta jenis investasi yang cocok untuk gaji 2 juta

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar