Cari Tahu Apakah Pengobatan Kanker dicover Bpjs

Cari tahu apakah pengobatan kanker apakah dicover Bpjs – Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Kanker akan menimpa siapa saja tak peduli tua atau muda, wanita atau pria. Penyakit kanker pun menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, apalagi bagi kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah. Karena kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, biaya pengobatannya pun tidak sedikit. Beberapa orang yang mengalami penyakit ini harus mengeluarkan hingga ratusan juta rupiah untuk bisa sembuh dari penyakit ganas ini. Namun, bagaimana bagi yang tingkat ekonominya rendah? Bpjs pun jadi jawaban yang tepat, akan tetapi, saat ini tersiar kabar bahwa BPJS tidak mengcover semua pengobatan kanker. Nah, bagi Anda yang penasaran, simak penjelasan di bawah.

Jenis-jenis Penyakit Kanker

Sebelum mengetahui pengobatan kanker apakah dicover Bpjs atau tidak, ada baiknya Anda mengeahui beberapa jenis penyakit kanker yang berbahaya bagi manusia. Beriku beberapa jenis kanker yang harus Anda ketahui.

  • Kanker Payudara

Jenis penyakit kanker yang satu ini umumnya selalu menyerang wanita dengan rentang usia 40 hingga 60 tahun. Seperti namanya, kanker payudara ini tumbuh di area payudara wanita. Sudah banyak korban meninggal karena terserang penyakit ini. Sebelum tumbuh dan menjadi ganas, para wanita harus tahu bagaimana payudara mereka biasa terlihat dan terasa. Segera laporkan ke petugas kesehatan jika ada perubahan bentuk payudara atau tanda-tanda keanehan yang terjadi pada payudara Anda.

  • Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar ini banyak menyerang di usia 5 tahun. Kanker usus besar tidak memandang pria atau wanita, penyakit kanker yang satu ini biasa tumbuh dikarenakan proses pencernaan yang mengendap. Karena banyak menyimpan sisa makanan, akhirnya usus besar pun terjangkit kanker.

Oleh karena itu, perhatikan pola makan Anda. Perbanyak serat agar pencernaan Anda lancar. Karena banyaknya sisa makanan yang mengendap akan menimbulkan bakteri yang berbahaya. Perbanyak juga minum air putih agar pencernaan Anda tetap sehat.

  • Kanker Serviks

Kanker serviks biasanya dialami oleh wania yang sudah dewasa dan pernah menikah atau pernah berhubungan badan. Kanker serviks ini tumbuh di area rahim aau peranakan. Penyakin kanker serviks ini terbilang mematikan karena tidak sedikit yang mengalami penyakit ini mengalami kematian. Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan kanker serviks jika sudah memasuki stadium akhir.

  • Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru tumbuh di area pernafasan atau paru-paru. Biasanya kanker ini aktif karena adanya racun atau bakteri yang mengendap di area paru-paru. Kanker paru-paru ini banyak dialami oleh para perokok berat. Kandungan kimia dan kanduangan berbahaya ainnya yang ada pada rokok bisa mengaktifkan sel kanker di paru-paru. Hindari merokok jika Anda tidak mau terjangkit penyakit kanker paru-paru.

Itulah beberapa penyakit kanker yang sering kita dengar, Anda bisa menghindari semua penyakit tersebut dengan cara hidup sehat.

Apakah BPJS Mengcover Semua Biaya Pengobatan Kanker?

BPJS kesehatan

Bagi Anda yang penasaran mengenai pengobatan kanker apakah dicover Bpjs. Jawabannya adalah ya. Pihak BPJS akan mengcover semua biaya pengobatan bagi pasien yang terdeteksi positif kanker. Sebelumnya, memang tersiar kabar bahwa BPJS menolak membiayai obat kanker trastuzumab untuk penderita kanker payudara.

Namun setelah ada gugatan dari keluarga penderita kanker payudara, pihak BPJS pun kembali akan mengcover semua biaya pengobatan kanker termasuk biaya pembelian obat kanker trastuzumab. Namun, bukan berarti Anda bisa tenang, pasalnya pihak BPJS sudah menetapkan beberapa aturan mengenai pelayanan pengobatan kanker.

Jadi kemungkinan beberapa pengobatan kanker yang tidak tertulis di aturan pemerintah tidak akan bisa tercover oleh BPJS.  BPJS akan mengcover biaya pengobatan kanker sesuai dengan indikasi media\s dan prosedur yang berlaku.

Namun, sudah dipasikan bahwa BPJS akan mengcover biaya pengobatan kanker mulai dari pembelian obat hingga kemoterapi. Ada baiknya, sebelum Anda menggunakan BPJS untuk pengobatan kanker, datangi dulu kantor BPJS terdekt untuk mendapatkan informasi lengkap terkain pelayanan mereka terhadap penyakit kanker, sehingga nantinya Anda tidak mendapatkan masalah saat akan menggunakan BPJS.

Walau semua biaya pengobatan kanker mampu di cover oleh BPJS, namun Anda sebaiknya menjaga diri dan keluarga Anda dari penyakit ganas ini. Jauhi segala hal yang membahayakan bagi tubuh, selalu jaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga dan pola makan yang sehat. Pasalnya, kanker akan tumbuh berkembang dalam tubuh yang tidak sehat.

Sudah banyak korban yang berjatuhan karena terjangkit berbagai jenis penyakit kanker. Padahal, mereka sudah berobat hingga ke luar negeri. Hingga saat ini, kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup menakutkan karena sulit untuk disembuhkan. Itulah beberapa informasi mengenai pengobatan kanker apakah dicover Bpjs, Anda bisa langsung mendatangi kantor BPJS setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkapnya.

 

 

 

Загрузка...

Tags: cari tahu Pengobatan kanker apakah dicover Bpjs Pengobatan kanker apakah dicover Bpjs

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar