9 Cara Menjadi Pebisnis Multitasking

Cara menjadi pebisnis multitasking – Di era globalisasi seperti sekarang, Anda dituntut untuk bekerja secara cepat dan tanggap. Sering juga Anda diharuskan untuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu periode layaknya komputer agar hasil yang Anda dapatkan lebih besar pula. Apakah bisa? Tentu saja bisa asalkan Anda mau melatih diri Anda. Jika Anda penasaran bagaimana caranya, berikut akan kami bagikan cara menjadi pebisnis multitasking.

  1. Tumbuhkan Minat dalam Berbisnis
Business plan

Business plan

Minat adalah modal utama yang akan mendorong Anda menjadi pebisnis sukses. Tumbuhkan minat Anda dalam berbisnis dan mulai buat rancangan konsepnya dengan matang sebelum merealisasikan. Sembari menyusun rencana bisnis, Anda bisa tetap bekerja sebagai karyawan.

  1. Buat Hobi Anda Menjadi Bisnis

Jpeg

Ketika Anda sudah memiliki minat untuk berbisnis, kadangkala Anda bingung mengenai bisnis apa yang seharusnya digeluti. Untuk itu, kami akan sangat merekomendasikan Anda untuk menjadikan hobi sebagai ide bisnis Anda juga. Mengapa? Karena Anda akan bersemangat dalam menjalaninya. Jadi, Anda bisa melakukan aktivitas kesukaan Anda sekaligus mendapatkan bayaran atas apa yang Anda kerjakan. Misalnya, jika Anda gemar bermain game, Anda bisa coba membangun warnet atau menjadi joki game tertentu.

  1. Pilih Pekerjaan Yang Masih Berkaitan

Cara menjadi pebisnis multitasking berikutnya adalah dengan memilih jenis pekerjaan yang masih berkaitan satu sama lain. Jadi, Anda tidak perlu memulai sesuatu yang baru akan Anda lakukan dari nol. Sebab, pada dasarnya otak Anda bekerja secara otomatis menangkap apa saja langkah-langkah yang harus Anda lakukan, apa permasalahan yang mungkin muncul serta penyelesaiannya dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk memulainya.

editor buku

Contohnya, jika Anda seorang penulis, Anda bisa membuka usaha penerbitan sendiri. Anda juga bisa menjadi editor untuk penulis baru yang ingin menerbitkan buku atau layouter dan design cover jika Anda bisa. Jadi, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus mempekerjakan orang lain.

  1. Membuat Daftar Pekerjaan Yang Harus Dilakukan Sesuai Prioritas

Berikutnya, mulailah untuk membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan berdasarkan skala prioritasnya. Untuk menjadi pebisnis multitasking, Anda harus pandai membagi pikiran Anda ke beberapa pekerjaan yang Anda kendalikan. Ini mungkin melelahkan, tetapi dengan mengurutkannya berdasarkan prioritas, Anda bisa melakukanya dengan teratur.

business job list

Bagaimana caranya membuat skala prioritas? Anda harus mengenal dengan baik setiap pekerjaan yang Anda geluti. Dengan begitu, Anda akan tahu mana pekerjaan yang penting, tidak terlalu penting, dan bahkan tidak penting. Anda juga bisa memulai dengan pekerjaan yang paling susah ke pekerjaan yang paling mudah. Dengan begitu, sebanyak apapun pekerjaan yang harus Anda lakukan, Anda tetap bisa mengontrolnya.

  1. Beri Waktu Untuk Otak Anda Beristiahat

Pekerjaan banyak membuat otak Anda lelah dan berujung stress. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memforsirnya dengan bekerja tanpa mengenal waktu. JIka waktunya beristirahat, maka berhentilah dari pekerjaan. Lakukan sesuatu yang membuat Anda relaks. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan lebih semangat lagi. Dengan begitu, pekerjaan sebanyak apapun tidak menjadi masalah untuk Anda. Bisnis tetap lancar, badan tetap sehat.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Untuk bisa melakukan banyak pekerjaan, tentu saja Anda tidak boleh menunda satu pekerjaan apapun. Ini bertujuan untuk menjaga kelancaran bisnis Anda sendiri. Misalnya, jika hari ini adalah waktunya Anda mengedit tulisan klien Anda, jangan tunda sampai besok. Semakin cepat selesai, semakin cepat juga Anda melakukan pekerjaan yang lain. Klien puas, Anda juga mendapatkan keuntungan yang sepadan.

  1. Biasakan Untuk Bangun Pagi

 Bangun Pagi

Kebiasaan bangun pagi akan memberikan positive vibes. Dengan begitu, Anda akan bersemangat untuk menjalani hari sehingga Anda lebih produktif. Pepatah “Jangan bangun siang nanti rezeki di patok ayam” rasanya sangat benar. Jika Anda bangun terlambat, Anda akan bangun dalam kondisi tergesa-gesa sehingga pekerjaan yang Anda lakukan tidak efektif.

  1. Buatlah Tujuan yang Jelas Untuk Setiap Pekerjaan yang Anda Lakukan

Cara menjadi pebisnis multitasking bisa dilakukan jika Anda mempunyai tujuan yang signifikan untuk setiap pekerjaan yang Anda geluti. Jangan biarkan Anda melangkah sia sia dengan tujuan yang tidak jelas. Ketika Anda bangun pagi, Anda sudah tahu akan melakukan apa.

  1. Atur Jadwal Kerja
Atur jadwal kerja

Atur jadwal kerja

Mengatur waktu agar semua pekerjaan dapat ditangani dengan baik akan menempatkan Anda menjadi pebisnis sukses. Jika Anda seorang karyawan sekaligus pebisnis, Anda sudah tahu kapan bekerja, pulang kerja, istirahan, mengelola bisnis, mengevaluasi, dan sebagainya.

Demikian 9 cara menjadi pebisnis multitasking. Dari semua hal yang dikemukakan diatas, yang paling penting adalah konsistensi Anda untuk membiasakan diri melakukan banyak pekerjaan dan mengatur waktu agar tidak saling bertabrakan.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara menjadi pebisnis multitasking Cara menjadi pebisnis multitasking Tips menjadi pebisnis multitasking

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar