4 Startegi dan Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat – Memulai bisnis yang sehat butuh perencanaan matang. Ini relevansinya bukan sekedar kalkulasi untung rugi, namun lebih kepada perjalanan bisnis itu sendiri kedepannya.

Ada beberapa orang mengawali bisnis tanpa ide dan perencanaan. Selanjutnya bisa ditebak, bisnisnya kurang diminati konsumen hingga akhirnya gulung tikar. Fakta tersebut semakin menguatkan bahwa tanpa ide dan perencanaan yang matang, potensi merugi dari sebuah bisnis sangat besar.

Ide-ide kreatif juga sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan sebuah bisnis. Dengan kata lain bisnis yang muncul dari kreativitas dan inovasi yang diciptakan sendiri, peluang untuk meraih sukses lebih besar dibanding bisnis plagiat alias meniru bisnis orang lain.

Sebenarnya cara menemukan ide bisnis yang tepat itu tidak sulit. Mungkin bisa diawali dengan mengalisa situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Apa yang paling dibutuhkan khalayak umum, masalah apa yang sering terjadi, dan sebagainya. Dari situ akan muncul ide kreatif yang memiliki kans besar untuk sukses, karena pada prinsipnya bisnis muncul menjadi solusi atas masalah yang kerap terjadi.

Nah, bagaimana cara yang dilakukan untuk mendapatkan ide usaha dengan peluang sukses lebih besar? Berikut ini cara mencari inspirasi bisnis yang wajib Anda coba.

Membaca dan Mengamati Trend

Mengamati Tren Bisnis

Tak hanya sumber informasi dan opini namun buku adalah gudang pemikiran, fakta dan gagasan. Terlepas seberapa besar antusiasme untuk membaca, cara menajamkan pemikiran sekaligus memperluas sudut pandang adalah dengan membaca buku.

Bisa jadi Anda sudah pusing duluan begitu melihat buku tebal beratus-ratus halaman. Namun jika Anda berambisi menjadi pebisnis sukses, mulailah berlatih ‘menikmati’ buku. Dari situ Anda akan menemukan banyak hal yang tidak Anda sadari dan ketahui sebelumnya.

Mungkin cara menemukan ide bisnis yang tepat sudah Anda dapatkan setelah sekian lama rajin membaca buku. Tapi apakah Anda sudah memastikan ide inspiratif itu mampu menjadi solusi masalah yang ada?

Adalah fakta apabila sebuah bisnis akan sulit berkembang jika tidak memiliki kemampuan solutif untuk menyelesaikan masalah konsumen. Sebaliknya, jika ide yang Anda cetuskan sangat inovatif serta memberi manfaat terhadap khalayak, maka proses marketing-nya juga berjalan lancar dan tidak membutuhkan biaya operasional yang besar.

Selain dengan membaca, peluang sukses dalam bisnis semakin besar jika Anda jeli mengamati trend. Dalam hal ini Anda dituntut untuk mengikuti trend yang berkembang dan terbaru. Perlu diketahui trend adalah sesuatu yang paling banyak dibicarakan orang berdasarkan kejadian fakta dan mengundang rasa penasaran.

Ada banyak trend yang bisa Anda amati terutama pada lingkungan sosial, lifestyle, budaya dan sebagainya. Berangkat dari situ kemudian muncul inspirasi bisnis yang sifatnya solutif atau mampu memecahkan masalah.

Belajar dari Sukses Bisnis dan Masalah Orang lain

Belajar dari bisnis orang lain bukan berarti Anda harus meniru seratus persen bisnisnya. Yang perlu pelajari adalah bagaimana dia bisa sukses dan apa saja keunggulan yang dimiliki. Dari situ Anda bisa mulai merintis bisnis baru yang sedikit mirip dengan bisnis orang lain tersebut.

Amati Tiru Modifikasi

Mungkin dari beberapa aspek bisa serupa namun ada nilai lebih dari bisnis aslinya. Pada poin ini yang paling penting adalah ATM yaitu Amati, Tiru, Modifikasi.  Ini artinya, dimanapun Anda berada ide bisnis bisa muncul kapan saja. Sah-sah saja Anda menduplikasi untuk kemudian memodifikasinya menjadi bisnis yang berbeda.

Pebisnis yang hebat juga mampu menyikapi masalah lalu menjadikannya bahan evaluasi. Disini Anda juga bisa mempelajari masalah yang dikeluhkan konsumen terkait bisnis atau produk yang sudah dihasilkan. Tentu saja Anda butuh data akurat dari konsumen untuk bahan perbaikan bisnis.

Jika Anda mampu menganalisa testimoni, saran, bahkan komplain dengan tepat, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan menemukan ide-ide baru yang mampu mendongkrak bisnis Anda.

Melakukan Riset

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat dengan Riset

Untuk memperoleh kepercayaan konsumen salah satu yang paling penting adalah melakukan riset produk atau bisnis yang akan diluncurkan. Untuk melakukan riset saat ini sangat gampang. Cukup dengan browsing melalui internet maka dengan mudah Anda bisa mendapatkan ide-ide baru yang lebih inovatif.

Berikutnya Anda tinggal mix beberapa produk yang sudah ada, kemudian meramunya kembali sehingga tercipta sebuah bisnis baru. Dalam hal ini media internet juga bisa digunakan sebagai parameter sekaligus untuk memastikan originalitas ide bisnis atau sebaliknya justru ide tersebut sudah banyak digunakan pebisnis lain.

Out of The Box Thinking

Biasanya ide-ide kreatif cenderung muncul dari pola pikir yang normatif. Disini cara menemukan ide bisnis yang tepat sebaiknya berpikir diluar kebiasaan. Artinya ide bisnis yang ada dipikiran Anda belum pernah atau tidak sedang dipikirkan orang lain.

Ini tentu tidak mudah, namun jika mampu melakukannya lalu mengaplikasikannya pada bisnis Anda, niscaya tidak butuh waktu lama kesuksesan menghampiri Anda.

Cara menemukan ide bisnis yang tepat sebenarnya tidak tergantung dari bisnis yang sudah ada, namun lebih kepada ide brilliant yang kita kreasikan sendiri. Jadi kreativitas dan inovasi adalah dua hal yang akan menjembatani Anda meraih sukses melalui sebuah bisnis.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat Cara Menemukan Ide Bisnis yang Tepat tips Menemukan Ide Bisnis yang Tepat

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar