7 Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank

Cara mencari modal usaha tanpa pinjam bank – Tantangan utama seseorang ketika hendak merealisasikan rencana bisnis adalah modal. Tanpa modal, semua hanya akan menjadi wacana belaka. Dalam hal ini, kebanyakan orang memilih untuk melakukan pinjaman usaha ke Bank atau perusahaan penyedia keuangan. Tidak ada yang salah memang dari pilihan tersebut. Tapi, meminjam ke lembaga keuangan juga harus siap dengan berbagai risiko. Suku bunga membengkak ketika pengembalian dana tersendat misalnya. Maka dari itu, cobalah gunakan alternatif investasi modal lain seperti berikut ini:

1. Manfaatkan Tabungan Pribadi

Jika Anda termasuk orang yang giat menabung, sepertinya Anda tidak perlu bingung mencari modal kesana kemari lagi. Gunakan saja tabungan pribadi Anda  dulu. Anggap itu sebagai investasi untuk mendapatkan keuntungan lebih sehingga tabungan Anda terus bertambah jumlahya.

Manfaatkan tabungan pribadi

Manfaatkan tabungan pribadi

Memakai tabungan sendiri juga tidak mengakibatkan risiko.  Jadi, Anda bisa fokus mengembangkan usaha Anda tanpa perlu memikirkan pengembalian dana beserta bunganya. Selain itu, ketika meminjam modal ke bank, Anda masih harus mengurus persyaratan administrasi dan menunggu pencairan dananya. Dengan tabungan, Anda  bisa memulainya secepat mungkin tanpa ribet proses administtrasi.

2. Manfaatkan Aset Berharga

Menggunakan aset berharga  untuk mendapatkan modal usaha juga bisa menjadi alternatif. Jika Anda mempunyai emas, tanah, rumah, atau kendaraan pribadi misalnya, Anda bisa menjual atau cukup menggadaikannya saja. Memang terkesan memaksakan. Tapi, untuk menggapai kesuksesan, Anda pastinya harus berkorban.

sertifikat tanah

sertifikat tanah

Meski demikian, Anda tidak boleh ceroboh dalam memutuskan menjual atau menggadai aset berharga. Gunakan aset yang utilitinya tidak terlalu penting. Buatlah daftar aset yang Anda miliki lalu mengurutkannya sesuai prioritas. Aset yang jarang dipakai bisa Anda manfaatkan untuk modal.

3. Pinjam Pada Kerabat

Meminta bantuan kepada teman atau saudara tidak ada salahnya jika memang bisa. Yang paling penting, Anda tidak menyepelehkan pengembalian hutang tersebut. Segera lunasi ketika bisnis Anda menunjukkan hasil positif.

4. Ajak Kerabat Untuk Bergabung dalam Bisnis

Mengajak kerabat untuk turut menanamkan modal dan mengelolanya bersama adalah ide briliant. Dengan modal patungan atau kongsi, nilai yang didapatkan akan lebih besar sehingga skala bisnis yang dicapai juga lebih besar. Ini lebih efektif dibanding harus meminjam ke Bank dimana akan ada suku bunga yang dibebankan sesuai dengan besarnya dana yang Anda pinjam. Belom lagi jatuh tempo pengembalian yang tidak fleksibel.

bisnis keluarga

bisnis keluarga

Memulai usaha dengan modal bersama artinya Anda harus memahami sistem pembagian hasil dari keuntungan yang diraih. Dividen atau pembagian laba bergantung pada presentasi modal yang ditanam. Sebagai saran, sebaiknya Anda menyisihkan dividen untuk pengembangan usaha agar bisnis yang dikelola tidak memiliki beban hutang di kemudian hari.

5. Ikut Pelatihan

Cara mencari modal usaha tanpa pinjam bank juga bisa dilakukan dengan aktif mengikuti pelatihan dan workshop. Agenda tersebut biasanya diadakan oleh lembaga pemberdayaan ekonomi dalam rangka mendukung UMKM.

Semakin sering Anda mengikuti pelatihan bisnis, tidak hanya ilmu dan skill yang bertambah. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan pembiayaan modal. Bagaimana bisa? Lembaga penyelenggara pelatihan umumnya akan memberikan akses informasi ke lembaga terkait seperti Organisasi Buruh PBB dan Penyalur Kredit Usaha Rakyat.

6. Coba Dana Hibah Perusahaan

Menggunakan dana hibah perusahaan juga alternative cara mencari modal usaha tanpa pinjam bank. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta yang mencanangkan program dana hibah demi menyokong pelaku bisnis agar bergerak maju.

Dana Hibah

Dana Hibah

Dana hibah perusahaan biasanya dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR). Contohnya, Pertamina dan Telkom menyumbangkan 3% dari pendapatan per tahunnya untuk investasi modal Anda yang baru merintis bisnis. Dana tersebut didistribusikan dalam kompetisi usaha. Beberapa perusahaan juga menerima proposal rencana bisnis yang diajukan pelaku UMKM. Jika prospeknya menjanjikan, mereka akan memberikan modal yang Anda butuhkan dengan bunga lunak.

Secara umum, dana hibah diberikan untuk usaha di sektor riil seperti perdagangan, ritel, perkebunan, pertanian, peternakan, pertambakan, teknologi, dan tentunya manufaktur. Sebelum memberikan modal, perusahaan akan mempertimbangkan  beberapa hal seperti kondisi usaha baik internal maupun eksternal, modal yang dibutuhkan, reputasi Anda, jaminan yang diberikan, dan juga kapasitas Anda dalam mengangsur pinjaman.

7. Kunjungi Situs CrowdFunding

Situs crowdfunding adalah salah satu produk kemajuan teknologi dibidang finansial. Istilah crowdfunding merujuk pada sistem sponsorship yang mungkin lebih familiar di telinga Anda. Anda menawarkan bisnis dalam website crowdfunding dan akan ada investor atau sponsor yang memberikan modal jika mereka tertarik dengan ide usaha Anda.

crowdfunding

crowdfunding

Situs crowdfunding dalam hal ini tidak hanya memfasilitasi bertemunya investor dengan pelaku bisnis. Ia juga membantu mengkalkulasi bisnis yang memiliki prospek menjanjikan. Jadi, jika Anda cukup yakin dengan bisnis Anda, manfaatkan keberadaan platform crowdfunding. Anda akan mendapatkan pinjaman modal dengan mudah, tanpa jaminan, dan suku bunga yang kompetitif.

Itulah 7 cara mencari modal usaha tanpa pinjam bank yang  bisa Anda lakukan. Jangan jadikan rencana bisnis Anda hanya sebatas mimpi. Realisasikan sekarang juga.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Mencari Modal Usaha Cara Mencari Modal Usaha tips Mencari Modal Usaha

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar