Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan untuk Pemula

Cara memulai bisnis kos-kosan untuk pemula – Ada banyak sekali investasi bisnis yang bisa dipilih akan tetapi, yang menguntungkan dan bisa dikelola untuk jangka panjang hanya bisa dihitung dengan jari. Salah satunya adalah bisnis properti. Investasi bisnis tersebut tidak ada matinya. Apalagi untuk Anda yang tinggal di kota besar dimana banyak orang berbondong-bondong datang. Yang mereka butuhkan pertama kali tentu saja tempat tinggal. Maka dari itu, bisnis kos kosan selalu mempunyai prospek yang menjanjikan. Selain itu, cara memulai bisnis kos kosan untuk pemula pun tidak sesulit yang dibayangkan selama Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Memulai Bisnis Kos Kosan

bisnis kos kosan

bisnis kos kosan

Untuk memulai sesuatu, pastinya Anda harus mempunyai perencanaan yang matang agar hasilnya tidak mengecewakan. Dalam hal ini, beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam membangun bisnis kos kosan adalah:

  1. Siapkan Modal

Modal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kos kosan memang tidak sedikit. Untuk kos sederhana saja bisa memakan dana ratusan saja hingga miliaran rupiah. Tapi hal itu rasanya sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan. Bahkan jika bisnis kos kosan tidak berjalan sesuai harapan, properti tetap memiliki nilai jual.

Jika Anda mempunyai dana pribadi yang cukup untuk dijadikan modal, Anda tidak perlu bersusah payah mencari investor lagi. Anda bisa langsung mengalokasikan modal tersebut untuk anggaran persiapan lahan, pembangunan gedung, dan tentunya fasilitas yang dibutuhkan seperti furniture dan alat elektronik.

Walaupun Anda tidak memiliki sumber modal pribadi, Anda tetap bisa menjalankan bisnis properti ini. Caranya bagaimana? Anda bisa mengajukan pinjaman KPR kepada Bank. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki aset berharga untuk dijadikan agunan? Tenang! Anda bisa menjadikan bangunan kos yang tengah dirintis menjadi jaminan. Apakah itu berisiko? Tergantung bagaimana Anda mengelolanya nanti. Jika Anda ragu, Anda bisa mengundang teman atau keluarga untuk bergabung dalam bisnis ini. Dengan begitu, risiko dapat ditekan.

  1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Hampir semua orang yang mencari kos kosan akan mempertimbangkan lokasi. Jadi, usahakan mencari lokasi yang strategis. Mudah dijangkau dan dekat dengan fasilitas umum seperti swalayan, rumah sakit, tempat wisata, perkantoran atau kampus akan menjadi daya tarik yang tinggi.

  1. Pilih Target Pasar

Memilih target pasar tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Mengapa? Jika target pasar jelas, Anda bisa mendesain bangunan sesuai dengan calon penghuninya. Demikian juga dengan fasilitas yang akan disediakan. Misal untuk mahasiswa, Anda tidak perlu membangun kamar terlalu luas, sedangkan untuk karyawan yang biasanya sibuk, Anda bisa menambahkan fasilitas laundry.

  1. Berikan Harga Kompetitif dengan Fasilitas Unggul

Persaingan kos kosan cukup ramai saat ini. Untuk masuk dalam persaingan, Anda harus menawarkan harga kompetitif tetapi pelayanannya unggul. Jangan terlalu tinggi, tetapi juga jangan terlalu rendah. Sesuaikan dengan fasilitas dan calon peminatnya. Kos kosan mahasiswa tentu tidak bisa semahal kos kosan untuk karyawan. Sedangkan fasilitas yang harus ada umumnya tempat tidur, meja dan kursi, serta lemari pakaian. Anda juga bisa menambahkan fasilitas WiFi, AC, layanan laundry, televisi, dan kamar mandi pribadi.

  1. Lakukan Promosi dengan Menarik

Agar bisnis kos kosan Anda lancar, Anda harus memiliki strategi marketing yang tidak biasa. Misalnya, Anda berikan diskon untuk peminat pertama. Anda juga bisa mempromosikan kos kosan melalui media social sehingga jangkauannya lebih luas. Saat ini jika orang butuh kos kosan, mereka akan membuka internet daripada berkeliling mencarinya secara langsung.

Jangan Lakukan Kesalahan Ini Ketika Berbisnis Kos Kosan!

Bisnis kos kosan 2019

Bisnis kos kosan 2019

Ada banyak penyebab yang membuat bisnis kos kosan Anda tidak berjalan dengan lancar. Beberapa kesalahan berikut ini mungkin paling sering dilakukan. Yuk, hindari hal-hal berikut ini agar tidak menuai kegagalan:

  1. Tidak Melakukan Perencanaan dengan Matang

Kesalahan yang umum dilakukan oleh juragan kos adalah tidak melakukan perencanaan bisnis dengan matang. Mereka hanya mengutamakan keuntungan tanpa memperhatikan detail kelangsungan bisnisnya. Idealnya, Anda harus melakukan perencanaan terkait lokasi, desain bangunan, fasilitas, dan target pasarnya. Lebih dari itu, Anda juga harus memperkirakan dengan akurat biaya pembangunan, biaya renovasi kedepannya, tarif sewa dan ancang-ancang waktu balik modal. Dengan begitu, pengelolaan bisnis Anda akan lebih tertata.

  1. Tidak Mempekerjakan Asisten

Sikap mandiri memang baik tapi, ada kalanya Anda lebih baik mempekerjakan seorang asisten agar hal-hal kecil tidak perlu Anda tangani sendiri. Dengan begitu, Anda bisa fokus dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis.

  1. Mengandalkan Promosi Konvensional

Di era teknologi ini, papan pengumuman di depan kos nampaknya sudah kuno. Anda harus beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga tidak tertinggal. Jangan ragu untuk beriklan di social media atau platfrom lainnya.

  1. Mematok Harga Terlalu Mahal

Penawaran harga yang terlalu tinggi akan membuat calon pengunjung kabur. Oleh karena itu, ikuti harga pasaran kos kosan di lokasi Anda.

  1. Tidak Dikelola dengan Efisien

Memberikan akses yang mudah kepada penghuni merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Misalnya, gunakan media komunikasi dengan pemilik dengan lebih fleksibel seperti Whatshap atau Line. Berikan layanan pembayaran yang mudah seperti transfer bank.

Demikian cara memulai bisnis kos kosan untuk pemula yang perlu Anda ketahui.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana cara memulai bisnis kos kosan untuk pemula cara memulai bisnis kos kosan untuk pemula tips memulai bisnis kos kosan untuk pemula

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar