Sedang Tren, Bagaimana Cara Membuat Toko di TikTok Shop?

Sedang ngetrend banyak yang bertanya bagaimana cara membuat toko di TikTok Shop. Fitur yang satu ini mirip Instagram Shop dan Facebook dengan marketplacenya. Fitur tersebut menjadi inovasi terbaru dari TikTok mengingat banyak yang menggunakan sosial media yang satu ini untuk berjualan dan mengembangkan bisnis di TikTok.

Fitur TikTok shop sendiri didirikan pertengahan tahun 2021 yang tujuannya memudahkan pebisnis online untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis mereka. Bisa dikatakan bahwa menggunakan TikTok Shop menjadi trend sosial media marketing yang bisa meningkatkan bisnis Ada menjadi lebih baik lagi. Lantas bagaimana cara membuat toko di TikTok shop? Yuk simak dibawah ini!

Buka Situsnya Lebih Dahulu

Cara-Daftar-TikTok-Shop-untuk-Jualan-Online.jpg

Cara membuat toko di TikTok Shop pertama yang bisa dilakukan adalah Anda bisa membuka situsnya lebih dahulu. Anda bisa mengunjungi situs https://seller-id.tiktok.com/. Tidak hanya itu saja, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran melalui akun atau melalui email Anda. Jika Anda menggunakan nomor telepon, pastikan jika nomor Anda sudah benar agar bisa melakukan verifikasi. Anda bisa klik simpan.

Mulai Menjual

Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa melakukan klik mulai menjual jika sudah memahami syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Untuk mulai berjualan, Anda bisa melakukan klik tambah produk pertama kemudian tambah produk. Jangan lupa untuk mengisi alamat lengkap toko atau gudang lebih dahulu untuk menambah produk.

Lakukan Verifikasi Dokumen

Cara membuat toko di TikTok Shop di TikTok shop yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah verifikasi dokumen. Agar muncul di katalog TikTok shop, Anda bisa melakukan klik unggah dokumen, Anda bisa mendapatkan 2 pilihan seperti badan korporasi dan penjual individu.

Untuk dokumen yang dibutuhkan badan korporasi Ada bisa  melampirkan dokumen seperti NIB asli dan fotokopi. Untuk penjual individu Anda bisa melampirkan fotokopi KTP atau paspor. Untuk KTP diperlukan tampak depan dan belakang.

Baca juga:  8 Tips Mempersiapkan Dana Hari Tua: Miliki Hidup Berkualitas di Usia Senja

Yang penting untuk Anda ketahui adalah pastikan Anda melakukan verifikasi dokumen dengan benar. Hal itu karena data yang Anda isi tidak bisa diganti atau diedit kembali. Yang terakhir Anda bisa ke tahap tautkan rekening bank untuk menerima penghasilan dari TikTok shop.

Pengertian

Sebenarnya apa itu TikTok shop tersebut? Yang dimaksud dengan TikTok shop adalah bentuk kerjasama TikTok dan Shopify. TikTok shop akan memungkinkan bagi pengguna untuk menelusuri, memilih dan membeli barang tanpa harus keluar dari aplikasi TikTok.

TikTok awal mulanya diluncurkan untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada. TikTok tersedia untuk semua pengguna di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Alasan mengapa jualan di TikTok ini menarik karena banyaknya tren yang ada di Tiktok. Selain itu, TikTok digunakan oleh berbagai kalangan tidak hanya anak-anak dan saat ini sedikitnya ada 1 miliar pengguna yang menggunakan TikTok ini.

Manfaat TikTok Shop

Jika Anda belum menggunakan TikTok Shop sangat disayangkan sekali karena fitur yang satu ini memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Apa saja manfaatnya? Yuk simak di bawah ini!

  1. Terbuka Menjual Produk Apa Saja

Manfaat pertama adalah terbuka menjual produk apa saja. Konten yang ada di TikTok sendiri beragam misalnya kecantikan, review kuliner, memasak, otomotif, fashion hingga workout. Adanya konten ini mendorong brand atau bisnis kecil untuk menggunakan kreator TikTok untuk mendapatkan endorse produk mereka.

Adanya fenomena TikTok shop yang satu ini membuat berbagai macam brand hingga online shop berani membuka toko di TikTok shop dengan kategori produk yang beragam pula. Ada yang menjual produk kesehatan, elektronik, peralatan rumah tangga hingga frozen food.  Menguntungkannya adalah Anda yang membuka toko di TikTok shop ini bisa menjual produk apapun namun tetap laku dan mendapatkan untung. Hal inilah yang membuat TikTok shop ini begitu ngetrend dan fenomenal.

  1. Hasil Penjualan yang Menguntungkan
Baca juga:  Cara Belanja di Toko Online Agar Tidak Tertipu Gambar

Di Amerika Serikat sendiri, bisnis yang mengandalkan social commerce mampu meraih keuntungan yang signifikan. Menurut e-marketer AS banyak pebisnis yang mendapatkan peningkatan keuntungan sebanyak 35% di tahun 2021. Dengan peningkatan tersebut, diprediksi berjualan di social commerce seperti TikTok mampu meningkatkan keuntungan 5 kali lipat hingga tahun 2027 mendatang.

  1. Konsumen Mudah Berbelanja

Yang menarik adalah TikTok shop sebagai social commerce adalah proses pembelian bisa langsung dari aplikasi tanpa harus terintegrasi bisnis atau e-commerce. Konsumen bisa mudah dalam memilih barang, melihat review dan menentukan jenis dan ukuran produk hingga ke tahap checkout dan pembayaran. Jadi, Anda sebagai konsumen tidak perlu cek website bisnis atau e-commerce maupun aplikasi TikTok secara bersamaan. Keuntungannya membeli melalui TikTok shop jauh lebih efektif dan membuat cuan bagi pebisnis semakin melimpah.

Baca juga : Cara Tepat dan Mudah Memasarkan Barang Lewat Tiktok

TikTok merupakan platform atau sosial media yang sukses dan digunakan banyak pengguna. TikTok juga sangat populer di kalangan remaja dan generasi Z. Selain menyajikan konten hiburan, para konten kreator dan influencer memanfaatkan TikTok untuk review produk dari brand agar para pengguna mudah  teracuni. Tunggu apalagi, segera lakukan cara membuat toko di TikTok shop diatas untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Tags: bagaimana cara membuat toko di TikTok Shop cara membuat toko di TikTok Shop

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Sedang Tren, Bagaimana Cara Membuat Toko di TikTok Shop?"