Bagaimana Cara Membuat Podcast di 2022? Simak Penjelasan Berikut

Podcast menjadi platform siaran yang diminati oleh banyak kalangan. Kemasan podcast yang ringan, menghibur namun tetap informatif membuat podcast semakin digemari masyarakat. Statistik menunjukkan bahwa penggemar podcast terus naik setiap tahun. Artinya, ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, misalnya menjadi seorang podcaster. Lalu, bagaimana cara membuat podcast di 2022?

Podcast

Menjadi seorang podcaster semakin mudah dilakukan. Banyak platform yang siap menampung Anda dan memberikan fasilitas untuk memulai karier. Nah, penasaran bagaimana cara memulai podcast? Simak yuk penjelasan berikut.

Menyiapkan Alat

Pertama, siapkanlah alat siaran seperti mic, mixer, ataupun headphone untuk komunikasi. Perlengkapan alat podcast sudah tersedia di banyak toko online dengan kisaran harga yang berbeda-beda. Jika ketersediaan dana cukup banyak maka bisa memilih alat podcast berkualitas. Namun, jika dana masih terbatas maka pilihlah perlengkapan podcast yang lebih terjangkau.

Manfaatkan Smartphone untuk Memulai Podcast

Memulai podcast tidak harus dilakukan di dalam studio. Anda tidak memerlukan alat profesional seperti mic, mixer, ataupun headphone yang harganya pasti mahal. Cukup manfaatkan smartphone yang dimiliki dan podcast pun bisa dimulai dari rumah.

Hanya saja, memulai siaran lewat HP sering menimbulkan banyak kendala teknis. Misalnya, suara yang terdengar bocor dan tidak jernih sehingga mengganggu kualitas siaran. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan lokasi siaran untuk meminimalisir kendala tersebut. Selain itu, Anda bisa membeli perlengkapan yang proper supaya terdengar lebih profesional.

Cara di atas tergolong minim budget dan bisa dilakukan siapa saja. Selama konsisten dan punya kemauan, Anda bisa menjadi podcaster dan mendapatkan banyak pendengar. Namun, hal ini tetap tergantung dari kualitas dan konsep siaran yang Anda pilih.

Menentukan Platform Siaran

Cara membuat podcast di 2022 yang kedua adalah menentukan platform siaran. Beberapa pilihan platform yang tersedia antara lain google podcast, buzzsprout, anchor podcast, YouTube dan tentu saja spotify. Semua platform tersebut memungkinkan Anda untuk memulai podcast tanpa mengeluarkan biaya tertentu. Artinya, selain cukup murah podcast pun bisa dijalankan secara gratis.

Selain itu, siaran podcast bisa juga dilakukan secara audio-visual. Contohnya, melakukan siaran di YouTube yang banyak dilakukan oleh artis Indonesia. Hanya saja, jika memilih platform ini Anda membutuhkan alat yang lebih proper dan membentuk tim untuk menyiapkan hal-hal teknis.

Menentukan Tema Siaran

Hal penting lain yang harus dilakukan adalah menentukan tema podcast. Dalam menentukan tema siaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pertimbangkan tema yang banyak disukai, seperti komedi, romantis, musik, horor, dan lain lain. Kedua, pilihlah tema siaran yang paling dikuasai. Tema yang dikuasai akan mudah dibicarakan. Siaran akan terdengar mengalir sehingga lebih disukai oleh pendengar.

Konsisten dan Teratur

Kesuksesan di bidang podcast harus diiringi dengan konsistensi. Ini adalah tantangan berat yang pasti dihadapi saat memulai podcast baru. Kebanyakan orang gagal melangkah akibat inkonsistensi. Mereka terlanjur putus asa, meskipun kesempatan di depan sebenarnya masih terbuka lebar.

Salah satu trik supaya konsisten adalah membuat jadwal yang lebih teratur. Adanya jadwal mau tidak mau memaksa Anda untuk terus bersiaran demi mencapai target yang sudah dibuat. Dengan jadwal yang teratur, Anda akan terlatih dan terbiasa untuk melakukan siaran podcast.

Promosikan Podcast Anda

Setelah mengetahui cara membuat podcast di 2022, sekarang tinggal promosikan channel Anda ke masyarakat luas. Ada beberapa teknik promosi yang bisa dilakukan, seperti:

·         Mulai dari yang Terdekat

Pertama, promosikanlah channel podcast ke orang-orang terdekat Anda. Trik ini cukup efektif dilakukan, khususnya bagi podcaster pemula yang baru terjun ke dunia siaran. Mulailah promosi secara personal, kemudian membagikan link di media sosial, hingga membangun akun media sosial sendiri. Selain gratis, promosi ini berpotensi untuk membesarkan channel podcast secara lebih cepat.

·         Promosi di Media Sosial

Kedua, manfaatkanlah media sosial sebagai alat untuk melakukan promosi. Di media sosial, Anda bebas menyebarkan link siaran podcast kepada target pendengar yang sangat luas. Namun demikian, tetap disarankan menjaga etika dan tidak berlebihan dalam melakukan promosi.

Baca juga : Begini Syarat dan Cara Mendaftar Bantuan Sosial Produktif Usaha Mikro (BPUM) Terbaru!

·         Kolaborasi

Kolaborasi menjadi promosi terbaik yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kolaborasi mengumpulkan dua kelompok pendengar ke dalam satu buah siaran. Jadi, podcast jenis ini berpotensi menambah pendengar setelah melakukan collab bersama.

·         Buat Cover yang Menarik

Cover dan podcast adalah dua hal yang saling berkaitan. Sebuah channel podcast umumnya dipromosikan lewat cover yang posting di platform media sosial. Agar mendapatkan perhatian pendengar, buatlah cover podcast agar terlihat menarik dan juga eye catching. Tak punya skill desain dan editing yang mempuni? Tenang, banyak penyedia jasa yang siap membantu Anda dalam membuat cover podcast yang menarik.

Demikian penjelasan tentang cara membuat podcast di 2022, semoga bermanfaat.

Tags: bagaimana cara membuat podcast di 2022 cara membuat podcast di 2022

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar