5 Alasan Mengapa Istri Harus Bekerja dan Memiliki Penghasilan Sendiri

Alasan mengapa istri harus bekerja – Setelah menikah kehidupan tidak akan lagi sama, ada prioritas yang harus diutamakan yaitu kebutuhan keluarga. Apalagi jika Anda sudah memiliki pasangan dan momongan Anda harus bisa membagi waktu dengan baik dan benar agar momongan Anda tetap mendapatkan perhatian yang terbaik. Meski sudah menikah, idealnya seorang istri harus tetap bekerja. Ada beberapa alasan yang membuat seorang istri harus tetap bekerja, hanya saja pekerjaan yang dilakoni berbeda dengan wanita single yang belum memiliki tanggungan keluarga dan juga momongan.

Istri Memang Harus Bekerja

wanita bekerja

Jika bisa memanfaatkan peluang dengan baik akan banyak pekerjaan yang bisa dijalani oleh seorang istri meski hanya stay di rumah sambil menjaga anak atau baby nya, karena definisi bekerja saat ini tidak harus keluar rumah. Sebelum Anda tahu pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan oleh seorang istri ada baiknya Anda tahu beberapa alasan mengapa istri harus bekerja dan tetap berpenghasilan seperti berikut ini:

  1. Mandiri

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa istri harus bekerja adalah mandiri. Kemandirian bagi seorang wanita ini penting karena memang memiliki kebutuhan sendiri.  Selain bisa mencukupi kebutuhan sendiri jika ada sesuatu hal yang tidak di inginkan sudah memiliki simpanan dan juga tabungan sendiri. Mungkin saat ini sang suami menjadi tulang punggung keluarga, namun ketika suami sakit apakah ekonomi keluarga akan tetap aman? Hal inilah yang menjadi dasar alasan mengapa istri harus tetap bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Hal lainnya yang tidak di inginkan adalah perceraian. Jika istri tidak bekerja tentu ekonomi akan menjadi terasa kurang karena sudah tidak memiliki penghasilan. Tidak cukup sampai di situ saja, fakta mengungkapkan bahwa istri yang bekerja dan lebih mandiri akan lebih dihargai suami karena untuk mencukupi kebutuhannya sendiri dia tidak akan menggantungkan pemberian suami.

  1. Kebutuhan rumah tangga bisa ditanggung bersama

Alasan mengapa istri harus bekerja selanjutnya adalah kebutuhan rumah tangga akan bisa ditanggung bersama. Seperti yang banyak diketahui bahwa kebutuhan rumah tangga ini semakin meningkat, akan terasa tidak adil jika suami yang menanggungnya sendiri. Dengan istri ikut andil kebutuhan rumah tangga akan terasa semakin ringan. Suami akan menghargai setiap jerih payah yang dilakukan seorang istri sehingga kehidupan rumah tanga akan semakin harmonis. Finansial ini menjadi hal yang sering diributkan di dalam kehidupan rumah tangga sehingga dengan adanya dua sumber penghasilan keharmonisan kehidupan rumah tangga akan bisa lebih terjaga.

  1. Bangga terhadap dirimu sendiri

Bisa membeli barang yang diinginkan dengan uang sendiri memang akan menimbulkan kebanggaan tersendiri selain itu juga akan menimbulkan kepuasan di dalam hati Anda. Pembelian barang tersebut pun tidak akan mengurangi jatah kebutuhan sehari-hari yang diberikan oleh suami Anda. Meski begitu Anda tetap harus bisa mengontrol pengeluaran, jangan sampai terlalu konsumtif karena tidak bagus untuk keuangan Anda sendiri.

  1. Merencanakan pendidikan anak lebih baik

Dengan bekerja Anda akan bisa ikut merencanakan pendidikan untuk anak yang lebih baik. Yang harus Anda ketahui adalah biaya pendidikan anak ini akan meningkat dari waktu ke waktu sehingga dengan memiliki dua sumber penghasilan diharapkan pendidikan anak menjadi lebih terjamin ke depannya. Dengan bekerja Anda bisa ikut membantu suami dalam mempersiapkan dana pendidikan anak yang tidak sedikit tersebut.

  1. Skill terus terasah

Alasan mengapa istri harus bekerja yang terakhir adalah skill yang terus terasah. Saat Anda bekerja akan ada skill-skill baru yang akan Anda kuasai dimana hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas dan kemampuan Anda. Anda akan bisa berkembang ke arah yang lebih baik dimana hal ini sangat bagus untuk karier Anda ke depannya.

Manfaat Ibu Bekerja untuk Anak-Anaknya

Jika Anda sudah memiliki momongan atau anak, dengan bekerja Anda akan memberikan manfaat yang bagus untuk anak-anak Anda. Istri atau ibu yang bekerja akan menjadikan Anda sebagai panutan, terutama jika anak Anda perempuan di mana sejak kecil mereka akan termotivasi untuk menjadi wanita yang bekerja. Untuk anak laki-laki Anda akan memberikan manfaat berupa rasa kemandirian. Kemandirian ini akan anak ingat sampai dewasa. Anak yang tidak dibiasakan mandiri sejak kecil sampai dewasa pun akan tidak mandiri terutama dalam hal finansial dimana mereka masih menggantungkan pemberian dari kedua orang tua.

Memilih Pekerjaan yang Tepat

Meski ada beberapa alasan mengapa istri harus bekerja, Anda harus tetap tahu apa saja pekerjaan yang cocok untuk Anda mengingat sudah memiliki tanggungan keluarga dan juga momongan. Pilihlah pekerjaan yang fleksibel dimana tidak harus mengharuskan Anda pergi ke kantor setiap hari.

Pekerjaan yang tidak mengharuskan Anda ke kantor seperti jasa fotografi, jasa desain grafis, penerjemah, penulis freelance, dropshiper, reseller, dan masih banyak lagi lainnya.  Boleh saja ada kewajiban untuk ke kantor namun tidak setiap hari karena ada anak yang harus Anda perhatikan dengan baik tumbuh dan kembangnya. Begitu pula dengan kehidupan keluarga Anda yang harus tetap dijaga keharmonisannya.

Demikianlah beberapa alasan mengapa istri harus bekerja yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Alasan mengapa istri harus bekerja Mengapa istri harus bekerja

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar