7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Bisa Menabung Paling Ampuh

Cara menghemat uang gaji merupakan sesuatu yang terdengar indah didengar, tapi sulit diaplikasikan. Terlebih lagi, jika anda memiliki kecenderungan untuk konsumtif dibandingkan menabung. Banyak sekali godaan yang membuat anda mengeluarkan uang tanpa pikir panjang. Padahal penghematan uang gaji merupakan satu cara paling ampuh untuk bisa menabung. Jangan biarkan gaji anda dalam satu bulan ludes seketika sebelum akhri bulan datang. Bahkan, baru pertengahan bulan, seluruh gaji tersebut sudah ludes tak bersisa.

Mungkin ada yang salah dengan gaya hidup anda, atau bisa jadi gaya hidup anda sudah benar, tapi Money Management anda kurang bagus. Jangan biarkan gaji anda kandas di tengah jalan. Anda bisa saja membiarkan hal ini berlarut, tapi saat anda benar-benar dalam kondisi terdesak dan membutuhkan uang, barulah anda sadar betapa pentingnya menabung. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menghemat gaji supaya bisa menabung.

1. Tuliskan Daftar Pengeluaran Pasti Bulanan Anda

Daftar pengeluaran bulanan

Daftar pengeluaran bulanan

Tahap awal dalam cara menghemat uang gaji ini adalah menuliskan dengan rinci daftar pengeluaran pasti bulanan anda. Misalnya, untuk membayar uang kost, uang cicilan kendaraan, uang cicilan rumah, dan lain sebagainya. Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa biaya yang harus diperhitungkan secara terperinci, misalnya biaya transportasi bulanan yang pasti, biaya makan bulanan yang pasti, biaya pulsa, asuransi, dan lain sebagainya. Dari sini anda akan bisa tahu mana kebutuhan wajib yang harus dipenuhi terlebih dahulu setiap bulannya.

2. Selalu Membuat Daftar Kebutuhan Yang Akan Dibeli

Daftar Kebutuhan

Daftar Kebutuhan

Alih-alih membeli secara instan atau dadakan, anda disarankan untuk membuat daftar kebutuhan barang yang akan dibeli. Anda bisa melakukannya dengan merinci kebutuhan apa yang sekiranya anda inginkan untuk satu bulan – tiga bulan ke depan, misalnya perlengkapan mandi, perlengkapan mencuci, perlengkapan masak, dan lain sebagainya. Jangan biasakan membeli sesuatu secara mendadak. Jika ini sampai terjadi, itu artinya anda tengah diselimuti oleh emosi dan nafsu membeli barang yang pada akhirnya nanti tidak terlalu diperlukan.

3. Segera Alokasikan Tabungan Di Awal Bulan

Sudah menerapkan cara menghemat uang gaji di poin pertama di atas? Jika sudah, maka anda akan mendapatkan gambaran total uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan wajib. Kini, anda harus memperkirakan berapa biaya tabungan bulanan yang bisa anda alokasikan. Ingat, tabungan ini sifatnya wajib dilakukan dan tidak boleh diambil apapun yang terjadi! Anda harus cukup sangat tegas dalam hal ini. Misalnya, gaji bulanan anda adalah Rp 4 juta, dan pengeluaran wajib Rp 1.5 juta. Maka anda setidaknya harus menabung Rp 500 ribu – Rp 1 juta dari uang gaji anda tersebut.

4. Pertimbangkan Membuat Dua Rekening

Membuat rekening tabungan

Membuat rekening tabungan

Ini malah lebih menarik lagi. Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat dua rekening. Satu rekening bisa anda pakai untuk menabung, satu lagi bisa anda pakai untuk uang pegangan anda. Anda bisa memilih rekening untuk menabung yang rendah bunganya. Atau jika anda benar-benar ketat dengan hal ini, gunakan tabungan berjangka. Dari sini anda tidak akan berani untuk mengambil uang tabungan tersebut.

5. Bawa Uang Cash Seperlunya

Tak perlu banyak-banyak menyimpan uang cash karena dari segi psikologi ini hanya akan menggoda anda untuk mengeluarkan uang dengan mudah. Anda akan merasa punya uang yang dipegang sehingga hasrat tersebut memicu anda bersikap boros tanpa disadari. Jadi, selalu utamakan untuk memiliki uang cash seperlunya. Sisanya bisa anda tamping di ATM anda.

6. Manjakan Diri Anda di Waktu Yang Tepat

Penting juga bagi anda untuk memanjakan diri di waktu yang tepat. Misalnya ketika anda ingin membeli sepatu, tas, maupun barang fashion yang perlu uang lebih. Ini akan menjadi cara menghemat uang gaji yang tepat karena anda benar-benar membeli barang tersebut atas dasar pemenuhan keperluan anda. Contohnya, anda bisa menjadwalkan membeli baju baru setiap 2 bulan – 3 bulan sekali. Kemudian, jika ingin tas atau sepatu baru, sebaiknya utamakan membelinya jika sepatu atau tas lama anda benar-benar rusak dan perlu diganti.

7. Hati-Hati Memilih Teman

Terdengar biasa, tapi sangat penting. Mungkin anda tidak ingin pilah pilih soal pertemanan. Tapi ketahuilah bahwa teman yang dipilih juga akan berpengaruh besar pada gaya hidup anda. Jika berteman dengan mereka yang suka berfoya-foya, tentu anda akan terbawa arus untuk berfoya-foya pula yang pada akhirnya membuat diri anda sangat borosk. Jika sudah demkian, maka cobalah untuk memilih teman yang karakternya sederhana dan apa adanya. Dari ini pengeluaran anda pun tidak akan membengkak dan punya kesempatan untuk menghemat gaji.

Nah, ternyata cara menghemat uang gaji tidaklah sulit, bukan? Anda bisa mencobanya sekarang juga.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara menghemat uang gaji cara menghemat uang gaji tips menghemat uang gaji

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar