6 Cara Mendapatkan Barang Langsung dari Produsen dengan Harga Murah

Cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah – Memulai bisnis atau usaha tidak mudah. Mungkin Anda memiliki angan-angan untuk memiliki bisnis sendiri dengan memproduksi sendiri namun bagi pemula akan sulit karena keterbatasan modal. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan kulakan. Kulakan sendiri merupakan aktivitas yang mana dilakukan oleh penjual dalam membeli barang dagangan dari produsen dalam jumlah tertentu.  Biasanya yang dituju untuk tempat kulakan adalah supplier, distributor, dan juga produsen pabrik langsung.

Mencari keuntungan yang cukup banyak merupakan hak bagi setiap pedagang dan pebisnis asalkan tidak merugikan konsumen. Kulakan dengan mencari tangan pertama ini memiliki tujuan agar bisa mendapatkan barang dagangan dengan harga murah untuk dijual kembali dimana sering dijadikan sebagai strategi untuk menekan modal sehingga biaya yang dikeluarkan hanya sedikit.  Berikut ini adalah cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah yang bisa Anda lakukan untuk menekan modal atau biaya pengeluaran:

Mendatangi UMKM

Toko Online

Cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah yang bisa dilakukan pertama adalah mendatangi UMKM. Untuk produsen ini Anda tidak harus mendatangi pabrik besar namun Anda bisa mendatangi UMKM yang tersedia di wilayah Anda. Jika Anda jeli hampir semua UMKM adalah tangan pertama dan langsung berperan sebagai produsennya. Anda bisa memesan produk dari mereka sesuai dengan jumlah pesanan.

Meski begitu Anda harus selektif dalam memilih UMKM, pilih UMKM yang profesional dimana sudah memiliki izin resmi seperti P-IRT khusus makanan dan sudah lama operasionalnya. Tujuannya adalah untuk menjamin keberlangsungan produk yang mereka hasilkan. Tentu akan menjadi hal yang tidak bagus jika sudah banyak permintaan akan produk tersebut namun tiba-tiba UMKM yang Anda jadikan sebagai tempat kulakan gulung tikar. Oleh sebab itulah diperlukan sikap selektif dalam memilih UMKM. Mengapa harus UMKM? Prosesnya survei dan membandingkan harga sendiri lebih mudah dibandingkan dengan pabrik skala besar yang harus mengurus perizinan segala macam.

Bazar atau Sentra Industri

Hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah adalah mendatangi langsung ke bazar atau pameran bisnis. Mendatangi supplier langsung ke lokasi berjualan akan membuat Anda mendapatkan beberapa keuntungan yaitu Anda bisa melihat seluruh proses produksi, Anda juga bisa melihat secara langsung melihat dan memilih kualitas produk seperti apa yang ingin Anda jual kembali. Anda pun bisa langsung berinteraksi dengan produsen untuk mengurangi risiko kerugian.

Forum Bisnis

Berkat teknologi dan jaringan internet yang semakin luas masyarakat bisa memaksimalkannya untuk mendukung berbagai macam aktivitas terutama bisnis. Anda yang ingin mendapatkan barang langsung dari konsumen pun bisa memanfaatkan forum bisnis.  Forum bisnis yang bisa Anda manfaatkan seperti KasKus, Bersosial.com, komunitas bisnis di media sosial, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan di grup sosial media seperti Facebook Anda akan mudah bertemu dengan produsen yang barangnya sesuai dengan yang Anda cari. Anda juga bisa melakukan sharing di forum bisnis dan komunitas online tersebut sehingga bisa dikatakan jika saat ini semuanya serba mudah berkat teknologi dan jaringan internet tersebut.

Toko Online atau Website

Cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah adalah dengan mengunjungi website resmi. Hal ini bisa Anda lakukan jika belum menemukan website atau toko online yang menjual barang yang Anda incar. Jika Anda belum memiliki gambaran tentang supplier yang akan Anda jadikan sebagai tempat untuk kulakan Anda bisa mencari informasi resmi di dunia maya menggunakan media sosial. Anda bisa memasukkan berbagai macam kata kunci melalui fitur penelusuran.

Marketplace

Cara selanjutnya adalah melalui marketplace. Saat ini sudah banyak sekali marketplace besar di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk kulakan. Contoh marketplace yang bisa Anda jadikan tempat kulakan adalah Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan lain sebagainya.  Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah mengingat sudah banyak orang yang menggunakan marketplace tersebut untuk berjualan. Lakukanlah perbandingan harga untuk mendapatkan harga murah dan jangan lupa hitung ongkos kirimnya. Dengan mendapatkan harga beli yang murah Anda jadi bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari selisih harga beli dan harga jual yang cukup banyak.

Situs Pembanding Harga

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan situs pembanding harga.  Dengan situs ini Anda akan bisa mencari produsen dan toko online termurah. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda belum menemukan toko dengan harga yang murah. Anda bisa mengakses situs seperti Telunjuk.com, PriceArea.com, Priceza.co.id, id.Priceprice.com, dan PriceBook.co.id. Biasanya harga yang dibandingkan merupakan produk brand resmi yang di jual di e-commerce yang ada di Indonesia.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah yang bisa dilakukan, pastikan Anda tetap selektif dalam memilih produsen tersebut dengan memastikan alamat dan kontak yang jelas, selain itu Anda bisa mengetahui kualitas supplier tersebut dari feedback yang didapatkan jika banyak yang positif tandanya kualitas supplier tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Загрузка...

Tags: cara mendapatkan barang langsung dari produsen cara mendapatkan barang langsung dari produsen dengan harga murah

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar