Tips Mendapatkan Sumber Anggaran Bisnis untuk Pemula

Menjalankan bisnis merupakan salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk menambah pemasukan. Namun sayangnya, kemauan untuk menjalankan bisnis seringkali terkendala oleh modal. Nah, jika Anda termasuk yang menemui kendala terkait modal bisnis, coba intip beberapa tips mendapatkan sumber anggaran bisnis yang akan kami bagikan berikut.

Ads

Dana pribadi

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

Sponsor

Modal bisnis sebenarnya bisa diperoleh dari beragam sumber. Salah satunya dari dana pribadi Anda. Beberapa dari Anda mungkin memiliki sejumlah uang dalam bentuk tabungan yang bisa dijadikan modal usaha. Namun seringkali modal bisnis yang berasal dari dana pribadi ini jumlahnya hanya cukup untuk mendanai beberapa kebutuhan bisnis saja. Selebihnya Anda mungkin memerlukan tambahan modal untuk kelangsungan bisnis Anda kedepannya. Nah, jika ini yang menjadi kendala, coba pertimbangkan tips mendapatkan sumber anggaran bisnis kedua yang akan kami bagikan berikut.

Dana pinjaman dari bank

Mendapatkan pinjaman dari bank untuk tambahan modal bisnis merupakan salah satu tips mendapatkan sumber anggaran bisnis yang perlu jadi pertimbangan Anda. Terlebih jika Anda memiliki aset pribadi yang bisa dijadikan jaminan kepada pihak bank. Produk pinjaman bank ini biasanya berbentuk kredit multi guna dengan besar pinjaman yang bervariasi dengan jangka waktu kredit yang lebih lama. Dengan besar pinjaman yang bervariasi tentunya Anda bisa lebih leluasa menyesuaikannya dengan jumlah dana yang Anda perlukan untuk bisnis Anda.

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

Selain produk pinjaman dana dengan jaminan, bank juga memberikan pilihan pinjaman tanpa jaminan. Ini bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh pinjaman dalam jumlah yang cukup guna memenuhi kebutuhan bisnis. Terlebih jika Anda belum memiliki aset pribadi yang bisa dijaminkan. Namun Anda perlu mempertimbangkan kembali mengenai bunga pinjaman yang diberikan. Karena tanpa jaminan, produk pinjaman bernama kredit tanpa agunan ini biasanya menetapkan bunga pinjaman yang lebih tinggi dari kredit multi guna yang menggunakan jaminan.

Dana hasil menjual aset

Anda membutuhkan tambahan dana untuk kepentingan bisnis, tetapi tidak ingin berurusan dengan bank atau pihak lain? Coba tips mendapatkan sumber anggaran bisnis yang satu ini. Caranya dengan menjual aset yang Anda miliki. Aset yang dimaksud bisa dalam bentuk kendaraan bermotor, rumah dan bahkan tanah. Cara mendapatkan modal bisnis tersebut memang dianggap lebih aman. Namun pertimbangkan dengan matang sebelum menempuh cara ini. Pertimbangkan kembali mengenai aset yang akan Anda jual, apakah memang benar benar tidak diperlukan lagi.

Penjualan aset pribadi untuk modal bisnis memang seringkali menimbulkan dilema. Agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan, pastikan aset tersebut memang benar benar tidak diperlukan. Jika sekiranya aset masih diperlukan, pertimbangkan tips mendapatkan sumber anggaran bisnis lainnya untuk memperoleh tambahan modal.

Penggadaian aset

cara mendapatkan sumber anggaran bisnis

cara mendapatkan sumber anggaran bisnis

Tips mendapatkan sumber anggaran bisnis yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mendapatkan modal bisnis tanpa kehilangan aset pribadi. Jika Anda merasa aset yang Anda miliki kemungkinan masih Anda perlukan keberadaannya, Anda bisa menggadaikannya untuk sementara waktu. Dengan demikian Anda bisa tetap memperoleh tambahan dana untuk modal bisnis tanpa menjual aset pribadi Anda. Cara ini seringkali menjadi pilihan banyak orang ketika mereka merasa sayang untuk menjual aset berharga yang dimilikinya. Nah tunggu apalagi? Segera gadaikan aset Anda agar bisa memperoleh dana segar untuk menutupi keperluan bisnis Anda.

Dana pinjaman teman atau kerabat

Punya teman atau kerabat yang mapan secara finansial? Coba manfaatkan keberadaan mereka tersebut untuk memperoleh tambahan modal. Jika cara sebelumnya Anda anggap terlalu ribet, Anda bisa mempertimbangkan cara yang satu ini. Selain lebih mudah, meminjam dana dari teman atau kerabat juga bebas bunga. Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih untuk meminjam dana dari teman atau kerabatnya, dibanding meminjam dana dari bank atau menjual aset.

Modal yang berasal dari uang muka jasa atau produk bisnis

Modal bisnis ternyata juga bisa Anda peroleh dengan cara meminta pembayaran uang muka pada pelanggan. Besarnya uang muka bisa Anda perhitungkan sebelumnya. Cara ini terbukti efektif untuk membantu mendapatkan modal bisnis. Namun metode tersebut hanya terbatas untuk beberapa bisnis saja, seperti bisnis kuliner, mebel dan konveksi. Bagi Anda yang kebetulan menjalankan bisnis tersebut, sesekali Anda bisa mencoba strategi mendapatkan anggaran bisnis tersebut.

Modal dari bisnis waralaba

Keterbatasan modal memang seringkali jadi penghambat seseorang untuk memulai bisnis. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, jangan lantas memutuskan untuk berhenti berbisnis begitu saja. Coba pilih bisnis waralaba agar bisa menghemat modal Anda. Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tidak perlu mengeluarkan modal secara utuh. Hal ini karena dalam bisnis waralaba berlaku sistem kerja sama, sehingga Anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran member saja yang tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan ketika Anda memilih untuk melakukan bisnis sendiri.

trik mendapatkan sumber anggaran bisnis

trik mendapatkan sumber anggaran bisnis

Selain modal yang lebih terjangkau, bisnis waralaba juga berpotensi laku keras. Hal ini berkat keunikan produk dan strategi pemasaran yang berbeda dengan bisnis lainnya. Kedua keuntungan menjalankan bisnis waralaba tersebut patut jadi bahan pertimbangan Anda. Terlebih jika Anda memiliki keterbatasan modal. Daripada mencoba bisnis lain yang belum pasti potensinya, bisnis waralaba dinilai lebih berpotensi untuk diminati masyarakat.

Modal dari sponsor

Pernah berpikir untuk mendapatkan modal bisnis dari sponsor? Ternyata hal ini bisa Anda upayakan. Cara mendapatkan dana melalui sponsor ini dikenal dengan istilah crowdfunding. Anda nantinya perlu menawarkan bisnis Anda melalui website penyedia crowdfunding. Ceritakan mengenai bisnis Anda, terutama yang menyangkut keunikan produk bisnis Anda. Para pengunjung website yang tertarik nantinya akan menyalurkan bantuan dana melalui rekening pengelola situs sebelum mentransfernya ke rekening Anda.

Sekilas cara mendapatkan dana melalui situs crowdfunding tersebut tampak mudah untuk dilakukan. Namun kenyataannya Anda perlu menggambarkan bisnis Anda secara kreatif guna menarik minat pengunjung untuk memberikan dana. Selain itu, Anda nantinya juga perlu memperhitungkan mengenai besaran reward yang akan Anda berikan untuk si penyumbang dana. Pastikan penyumbang sudah menyetujui besaran reward yang akan Anda berikan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Jalin kerja sama dengan teman atau kerabat

Punya teman atau kerabat yang juga senang berwirausaha? Jika ya, manfaatkan hal tersebut untuk menjalin kerja sama dengan teman atau kerabat Anda. Selain bisa menghemat modal yang Anda keluarkan, menjalin kerja sama juga bisa mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis.

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

tips mendapatkan sumber anggaran bisnis

Menjalankan sebuah bisnis memang diperlukan modal yang cukup. Namun sayangnya tidak semua pebisnis bisa beruntung memiliki modal yang cukup. Apakah Anda termasuk salah satunya, jangan patah semangat. Anda tetap bisa memperoleh bantuan modal bisnis dengan mencob salah satu tips mendapatkan sumber anggaran bisnis tersebut di atas. Dengan begitu bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik.

 

 

 

iklan

 

 

Tags: bagaimana tips mendapatkan sumber anggaran bisnis cara mendapatkan sumber anggaran bisnis tips mendapatkan sumber anggaran bisnis tips mendapatkan sumber anggaran bisnis besar tips mendapatkan sumber anggaran bisnis yang banyak trik mendapatkan sumber anggaran bisnis

Posting Terkait "Tips Mendapatkan Sumber Anggaran Bisnis untuk Pemula"

Kenali 12 Penyebab Kegagalan Bisnis dan Usaha Secara Umum
Penyebab kegagalan bisnis tidak boleh disepelekan sebab
7 Bisnis Sampingan Modal Kecil Paling Menguntungkan
Bisnis sampingan modal kecil patut dipertimbangkan bagi
8 Bisnis Rumahan yang Menggiurkan untuk Ibu Rumah Tangga
Bisnis rumahan yang menggiurkan sebaiknya diketahui oleh
9 Bisnis Anak Kuliahan yang Menjanjikan
Bisnis anak kuliahan sering dicari oleh mahasiswa

Tinggalkan pesan "Tips Mendapatkan Sumber Anggaran Bisnis untuk Pemula"