Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

ads

Menabung adalah sebuah kegiatan positif yang selalu dianjurkan para guru di sekolah maupun orang tua di rumah karena memiliki banyak manfaat, salah satunya agar kondisi keuangan Anda di masa yang akan datang lebih baik. Namun masalahnya tak semua orang dapat menabung dengan rutin, banyak kok di antara kita yang hidup tanpa memiliki tabungan karena banyak alasan, salah satunya adalah penghasilan yang sedikit, boro-boro untuk menabung, untuk memenuhi kebutuhan pribadi / keluarga saja sangat sulit. Sebetulnya bila Anda tahu caranya, Anda masih tetap dapat menabung efektif walaupun penghasilan pas-pasan.

Tips Menabung Efektif

tips menabung efektif walaupun penghasilan pas-pasan

Sponsor

Berikut ini adalah beberapa tips menabung efektif yang dapat Anda coba walaupun penghasilan pas-pasan:

Buat Rekening Tabungan Tersendiri

Tips menabung efektif yang pertama adalah membuat rekening tabungan khusus menabung tersediri dan terpisah dengan rekening lainnya untuk melakukan berbagai macam transaksi. Yang harus diperhatikan saat membuat rekening khusus menabung adalah usahakan membuat rekening tabungan tanpa ada potongan biaya administrasi dari bank dan tanpa kartu ATM sehingga menyulitkan dalam pengambilan. Menyetorkan dana sesaat setelah gajian atau setelah Anda mendapatkan penghasilan merupakan tips menabung efektif.

Buat Anggaran Pribadi

Tips menabung efektif berikutnya adalah dengan membuat anggaran pribadi. Para pakar perencana keuangan menyarankan agar kita dapat menabung setidaknya 10% dari total penghasilan Anda. Setelah Anda sisihkan uang tabungan Anda, barulah Anda atur sisanya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Atau Anda pun dapat mengatur bahwa total belanja Anda tidak melebihi 50% dari total penghasilan Anda. Teruslah lakukan membuat anggaran pribadi dan melaksanakannya sesuai rencana yang telah ditetapkan merupakan tips menabung efektif berikutnya. Jadi bila Anda memiliki penghasilan 2 juta per bulan maka Anda dapat menabung setidaknya 200 ribu per bulan.

Buat Skala Prioritas Belanja Bulanan

Tips menabung efektif berikutnya adalah membuat skala prioritas belanja bulanan sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang harus dibeli satu bulan ke depan dan meprioritaskan yang penting terlebih dahulu atau prioritaskan kebutuhan primer dulu.

Adakan Arisan Bersama Teman

Bagi Anda yang masih sulit menyisihkan uang untuk menabung tiap bulannya maka melakukan arisan bersama teman-teman mungkin menjadi alternative tips menabung efektif berikutnya selain meningkatkan silaturahmi. Karena dengan mengikuti arisan, Anda akan terpaksa membayar uang arisan tsb tiap bulannya. Namun ingat, tips menabung efektif ini baru benar-benar efektif saat Anda menyetorkan uang arisan Anda saat menang ke rekening tabungan atau gunakan sebagai modal investasi, dan jangan digunakan untuk keperluan konsumtif.

Ubah Kebiasaan Hidup Anda

Mengubah pola pikir untuk hidup sederhana dan melakukan penghematan di segala bidang sehingga memiliki uang lebih untuk ditabung adalah tips menabung efektif berikutnya. Misalnya daripada Anda naik ojeg lebih baik Anda jalan kaki, selain hemat juga lebih sehat buat Anda dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Cara Menyiasati Kenaikan Harga BBM

Hindari Kartu Kredit

Tips menabung efektif berikutnya adalah dengan menghindari kartu kredit. Kartu kredit terlihat seperti dewa penyelamat saat kita tak memiliki uang namun dibalik segala kemudahannya terdapat kerugian saat menggunakan kartu kredit. Daripada uang Anda digunakan untuk membayar biaya administrasi penggunaan kartu kredit lebih baik uangnya ditabungkan. Belum lagi bila terjadi keterlambatan pembayaran maka Anda pun akan terjerat hutang bunga berbunga.

Baca juga: 9 Tips Menghindari Jeratan Hutang

Cicil Emas

Bila Anda agak sulit menyisihkan uang untuk tabungan, mungkin mencicil emas batangan di bank atau pegadaian dapat menjadi solusi tips menabung efektif yang dapat Anda coba. Seperti halnya arisan, dengan cicilan kepemilikan emas tsb maka Anda akan dipaksa menyisihkan uang tiap bulannya.

Baca juga: Tips Sukses Berinvestasi Emas

ads

Itulah beberapa tips menabung efektif yang dapat Anda coba walaupun penghasilan Anda pas-pasan. Intinya terletak pada niat dan kemauan Anda. Berapapun penghasilan Anda bila Anda tidak memiliki niat yang kuat untuk berinvestasi maka hasilnya akan nihil. Berapapun penghasilan Anda bila Anda syukuri maka akan terasa cukup dan berkah. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menabung yang efektif -cara menabung efektif -cara menabung dengan penghasilan pas pasan -kiat menabung bagi penghasilan pas-pasan -tips menabung -cara menabung yg efektif -cara menabung dengan uang pas pasan -cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim -cara efektif menabung -cara menabung dengAn penghasilan sedikit -

Tags: Tips Mengelola Uang Tips Trik

Posting Terkait "Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan"

5 Cara Main Bitcoin Supaya Profit Tinggi
Bagi pemula tentu bingung bagaimana cara main
Pegadaian Syariah vs Pegadaian Konvensional: Mana yang Lebih Bagus?
Pegadaian syariah vs Pegadaian Konvensional – Tidak
9 Penyebab Kegagalan Gadai Sertifikat Rumah di Lembaga Keuangan
Penyebab kegagalan gadai sertifikat rumah – Saat

Tinggalkan pesan "Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan"