Perbedaan Investasi dan Bisnis Yang Perlu Diketahui

Perencanaan keuangan memang mutlak diperlukan agar kita lebih siap menghadapi masa depan. Bila saat ini Anda masih menggunakan tabungan di bank sebagai cara untuk menyimpan uang, mungkin sekarang saatnya Anda mulai melirik cara investasi dan bisnis lainnya sebagai tempat menanam modal untuk bekal hidup di hari tua. Tentu saja saat Anda memutuskan cara investasi lainnya atau mulai bisnis maka Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai salah satu atau keduanya. Pada prakteknya sering kali masyarakat menganggap investasi adalah sama dengan bisnis padahal jelas-jelas berbeda. Lalu apa sih perbedaan investasi dan bisnis?

Secara garis besar letak perbedaan investasi dan bisnis dapat dilihat dari definisinya. Walaupun keduanya sama-sama dapt mendatangkan keuntungan dan kerugian, namun terdapat perbedaan yang jelas antara kedua istilah tsb.

Perbedaan Investasi dan Bisnis dari Segi Definisi

Saat Anda berinvestasi maka Anda akan menanamkan sejumlah uang tertentu sesuai kesepatan kepada sebuah badan usaha yang kemudian uang tsb akan diputar dalam unit usaha untuk mendapatkan keuntungan. Jadi peranan Anda dalam investasi adalah hanya sebagai penanam modal saja dan yang menjalankan usaha tsb adalah orang lain.

Sementara saat Anda berbisnis maka Anda sendiri yang akan terjun langsung menangani usaha tsb seperti melakukan pembelian atau penjualan atau keduanya.

Perbedaan Investasi dan Bisnis dari Segi Keuntungan dan Faktor Risiko

Keuntungan yang Anda peroleh sebagai investor mungkin lebih kecil dibandingkan sebagai pemilik bisnis / business owner begitu pula dengan risiko tergantung dari kesepakatan yang dilakukan.

Baca juga: Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Saham

Perbedaan Investasi dan Bisnis dari Segi Effort / Usaha

Saat Anda menjadi investor maka Anda akan mendapatkan passive income walaupun Anda tidak melakukan apapun selain menanamkan modal saja, sementara sebagai business owner maka Anda harus mengeluarkan segenap daya upaya termasuk waktu untuk mengembangkan bisnisnya.

Jadi perbedaan investasi dan bisnis adalah dalam investasi Anda hanya bertindak pasif sementara dalam bisnis Anda bertindak aktif.

Jadi bagaimana apakah Anda sudah mengerti perbedaan investasi dan bisnis?

Untuk lebih memudahkan Anda memahami perbedaan investasi dan bisnis maka berikut ini adalah beberapa contoh investasi dan bisnis.

Contoh Investasi

Aneka produk investasi seperti emas, reksadana, saham, dsb sudah dibahas di Cara Investasi Yang Benar dan Aman. Intinya saat Anda membeli produk investasi tsb maka Anda dapat mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli, khusus produk saham maka Anda pun dapat mendapatkan dividen dari hasil keuntungan perusahaan yang sahamnya Anda beli.

Baca juga: 3 Cara Investasi Yang Benar dan Aman

Contoh Bisnis

Contoh sederhana berbisnis adalah berdagang atau berjualan. Dari segi produk dan pemasarannya kita mengenal bisnis online dan bisnis offline. Bisnis online biasanya memasarkan produk digital atau produk fisik dengan menggunakan internet sementara bisnis offline adalah jenis usaha konvensional di dunia nyata seperti berdagang di Tanah Abang, dll.

Itulah perbedaan investasi dan bisnis yang perlu Anda ketahui. Perbedaan investasi dan bisnis ini seyogyanya membuat Anda lebih paham lagi dalam mengelola uang Anda. Jadi apakah Anda ingin menjadi investor atau business owner?

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

perbedaan bisnis dan investasi -perbedaan investasi dan bisnis -investasi bisnis -bisnis dan investasi -investasi dan bisnis -perbedaan investasi dengan bisnis -perbedaan bisnis dengan investasi -bisnis atau investasi -investasi atau bisnis -apa sih investasi itu -

Tags: Cara Investasi Tips Mengelola Uang

Posting Terkait "Perbedaan Investasi dan Bisnis Yang Perlu Diketahui"

5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana
Bisakah KTA dibatalkan?, lalu bagaimana cara membatalkan
6 KTA Terbaik 2017 yang Bisa Anda Pertimbangkan
KTA terbaik 2017 – Setelah mengetahui berbagai
5 Faktor Penentu KTA Diterima Oleh Bank  
  Faktor penentu KTA diterima – Ketika
  1. author

    Bisnis Online2 tahun agoBalas

    Memang betul sekali, kadang masyarakat awam sering tidak dapat membedakan antara bisnis dan investasi. Untuk panduan bisnis online, kunjungi web saya gan ..

Tinggalkan pesan "Perbedaan Investasi dan Bisnis Yang Perlu Diketahui"