Kredit Emas atau Menabung Emas, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Memiliki investasi emas memang keinginan dari hampir setiap orang karena lebih aman, stabil, dan liquid. Membeli emas secara tunai memang merupakan pilihan terbaik, namun ternyata kondisi perekonomian seperti sekarang ini seringkali menjadi alasan kenapa banyak sekali masyarakat yang susah memiliki emas. Namun apapun masalah Anda sebaiknya tak mengubur niat Anda untuk memulai investasi karena masih ada cara lain memiliki emas yaitu dengan cara kredit emas dan menabung emas.

ads

Baca juga: Menguak Cara Berkebun Emas Yang Benar

Cara kredit emas sudah banyak ditawarkan oleh lembaga keuangan / bank seperti BSM Syariah, BNI, BCA, dll, sementara cara menabung emas saat ini baru ditawarkan oleh PT Pegadaian.

Namun agar investasi emas Anda menguntungkan, sebaiknya Anda kenali dulu keunggulan dan kelemahan kedua cara tsb sehingga Anda dapat memutuskan mana yang terbaik antara kredit emas atau menabung emas.

harga emas hari ini, investasi emas antam

Sponsor

Baca juga: Investasi Emas ANTAM Yang Menguntungkan

Memiliki Emas dengan Cara Kredit Emas

Keunggulan Kredit Emas

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh bila memilih cara kredit emas:

  • Dapat memiliki emas walaupun dana terbatas
  • Emas pun tersimpan di tempat aman
  • Emas fisik tsb dapat dijadikan jaminan saat ada kebutuhan mendesak

Kelemahan Kredit Emas

Selain memiliki keunggulan, kredit emas pun memiliki kelemahan, yaitu:

  • Anda harus menyiapkan uang muka setidaknya 20% dari harga emas.
  • Terdapat bunga pada cicilan setiap bulan.
  • Ada biaya penalti bila Anda melunasi cicilan kredit emas lebih cepat dari plafon yang ditetapkan.
  • Emas dapat ditarik oleh bank untuk selanjutnya dilelang bila Anda gaga melunasi cicilan.

Cara Kerja Kredit Emas

Agar mudah memahami cara kredit emas, berikut ilustrasinya:

Sebagai contoh Anda akan melakukan kredit emas di salah satu bank dengan persyaratan uang muka 20%. Bila Anda berencana kredit emas 50 gram seharga 25 juta selama 24 bulan maka Anda sebagai nasabah bank tsb harus menyetor uang muka sebesar Rp 5 juta sedangkan bank akan membiayai pembelian emas tsb sebesar Rp. 20 juta.

Bank akan menetapkan laba sejak perjanjian jual belie mas yang jumlahnya bervariasi tergantung kebijakan bank, misalnya laba penjualan emas tsb adalah Rp. 2,5 juta maka perhitungannya adalah sbb:

Harga emas 50 gram: Rp 25 juta

Uang muka: Rp 5 juta

Nilai pembiayaan bank: Rp 20 juta

Laba penjualan emas (ditetapkan oleh bank): Rp 2,5 juta

Total pembiayaan bank: Rp 22,5 juta

Tenor: 24 bulan

Cicilan setiap bulan: Rp22,5 juta/24 bulan = Rp 937.500

Jadi nasabah wajib membayar Rp 937.500 selama 24 bulan.

Memiliki Emas dengan Cara Menabung Emas

Keunggulan Tabungan Emas

Berikut ini beberapa keunggulan menabung emas yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Tidak perlu uang muka.
  • Jangka waktu yang fleksibel, nasabah tidak terikat tenor dan bebas kapan saja akan menabung.
  • Setoran minimal setara dengan 0,01 gram emas, cukup murah bukan?
  • Emas bisa dijadikan jaminan bila ada kebutuhan mendesak.

Kelemahan Tabungan Emas

  • Emas baru dapat diambil setidaknya bila sudah mencapai 5 gram.
  • Terdapat kurs jual dan kurs beli sehingga bila tabungan tsb dijaminkan maka ada selisih dana yang Anda peroleh karena perbedaan kurs tsb.
  • Ada biaya cetak jika ingin memiliki fisik emas.

Cara Kerja Tabungan Emas

Sebelum Anda memulai menabung emas di Pegadaian maka ada 2 persyaratan utama yang harus dipenuhi, yaitu: membuka rekening tabungan emas di Pegadaian dan membayar biaya administrasi serta uang penitipan emas yang besarnya @ Rp 30 ribu rupiah.

Setelah Anda membuka rekening tabungan emas maka Anda dapat mulai menyetor uang yang besarnya minimal setara dengan 0,01 gram emas yang sesuai dengan kurs jual yang berlaku di Pegadaian. Misalkan harga emas per gramnya adalah Rp 500 ribu, maka Anda harus menyetor minimal Rp. 5000 saja.

Misalkan Anda menyetor per harinya Rp 5000 maka dalam sebulan Anda dapat menabung Rp. 150 ribu. Bila Anda terus disiplin menabung dengan setoran tsb maka dalam waktu 17 bulan Anda sudah dapat memiliki emas 5 gram dengan cara menabung emas tsb.

ads

Nah itulah ulasan seputar cara memiliki emas, yaitu cara kredit emas dan cara menabung emas. Kira-kira cara mana yang paling sesuai dengan Anda? Secara umum, cara kredit emas lebih cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap karena Anda berkewajiban membayar cicilan sesuai tenor yang telah disepakati. Sementara cara menabung emas lebih cocok bagi Anda yang tak memiliki penghasilan tetap atau memiliki pendapatan yang pas-pasan. Ada juga tipe orang yang susah memiliki sesuatu dengan cara menabung tapi lebih berhasil memiliki sesuatu dengan cara kredit.

Apapun cara yang Anda pilih untuk berinvestasi emas, apakah cara kredit emas atau tabungan emas, sebaiknya Anda bijak dalam memilih dan mengetahui dengan pasti kondisi keuangan Anda. Selamat berinvestasi …

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kekurangan tabungan emas pegadaian -tabungan emas pegadaian -tabungan emas -keuntungan tabungan emas pegadaian -tabungan emas pegadaian rugi -cara menabung emas di pegadaian -nabung emas -menabung emas -untung rugi tabungan emas pegadaian -nabung emas di pegadaian -kerugian tabungan emas di pegadaian -kredit emas -tabungan emas di pegadaian -tabungan emas bni -Cara menabung di pegadaian -tabungan emas bca -nabung di pegadaian -kerugian menabung emas di pegadaian -keuntungan menabung emas di pegadaian -keuntungan menabung emas -nabung emas pegadaian -cara menabung -kelemahan tabungan emas pegadaian -kredit emas di pegadaian -tabungan emas pegadaian syariah -syarat menabung emas di pegadaian -menabung emas di bank -kerugian tabungan emas pegadaian -tabungan emas mandiri -tabungan emas bri -cara kredit emas di pegadaian -keuntungan dan kerugian tabungan emas pegadaian -cara nabung emas -investasi emas di pegadaian -kelemahan tabungan emas -cara menabung emas di bank -cara menabung dengan emas -kerugian tabungan emas -investasi emas di pegadaian apakah menguntungkan -cicil emas di pegadaian -cicil emas -keuntungan tabungan emas -keuntungan investasi emas di pegadaian -cara investasi emas di pegadaian -hukum tabungan emas pegadaian -kelebihan dan kekurangan tabungan emas di pegadaian -keuntungan kredit emas di pegadaian -keuntungan nabung emas di pegadaian -kelebihan dan kekurangan menabung emas di pegadaian -kredit emas pegadaian -

Tags: Kartu Kredit Keuntungan Investasi Tips Trik

Posting Terkait "Kredit Emas atau Menabung Emas, Mana Yang Lebih Menguntungkan?"

Memilih Investasi Reksadana atau Unit Link, Mendingan Mana?
Memilih investasi reksadana dan unit link semakin
5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda Untuk Masa Tua Gemilang
Cara Mempersiapkan Dana Pensiun – Pensiun merupakan

Tinggalkan pesan "Kredit Emas atau Menabung Emas, Mana Yang Lebih Menguntungkan?"