Panduan Lengkap Cara Setting VPS Untuk Pemula

Cara Setting VPS untuk Pemula – Seiring dengan peningkatan trafik maka kebutuhan akan server hosting yang mumpuni pun semakin kritikal. Trafik yang membludak memang impian semua blogger namun bila tidak ditunjang dengan hosting yang tepat maka akan sulit sekali meraih impian Anda karena server sering down atau bahkan Anda di take down dari shared hosting yang Anda gunakan karena memakan kapasitas yang terlalu besar. Bila hal ini terjadi maka VPS lah solusinya. Namun pertanyaannya bagaimana cara setting VPS?

cara-setting-vps-hosting

Sponsor

Seperti yang telah dibahas di Kekurangan dan Kelebihan VPS Hosting, Anda mungkin sudah mengerti bahwa Anda dituntut untuk mengetahui beberapa kode setidaknya untuk instalasi dasar VPS atau menyiapkan dana lebih untuk jasa setting VPS nya.

Bila Anda berencana untuk menggunakan VPS, cobalah Anda setting sendiri VPS Anda agar Anda dapat belajar dan mengenal seluk beluk hosting Anda. Jangan khawatir karena sebetulnya setting VPS tidak semenakutkan itu, kalaupun gagal anggap saja sebagai bahan pembelajaran, setuju ya …?

Baca juga: Apakah Hosting Itu? Apa Maksud Web Hosting?

Cara Setting VPS Untuk Pemula

Oke, tutorial yang akan dibagikan oleh web Cara Investasi Bisnis ini terdiri dari 3 bagian yaitu membuat server, instal webuzo panel, dan instal wordpress.

1. Membuat Server

Di tahap persiapan ini, Anda perlu mencari perusahaan vps hosting terpercaya, membuat akun, dan membuar server vps sesuai kebutuhan.

Bila Anda bingung mencari perusahaan vps hosting terpercaya, saya rekomendasikan menggunakan Digital Ocean. Beberapa blog saya menggunakan VPS hosting dari DO. Harga paket yang ditawarkan bervariasi, dimulai dari 5$ / bulan. Nah bila Anda berencana menggunakan DO juga, Anda berkesempatan mendapatkan 10$ yang dapat digunakan untuk membayar biaya tagihan di bulan pertama. Silahkan klik link DO ini untuk mendapatkan 10$.

Saya anggap Anda menggunakan DO, bila Anda menggunakan VPS hosting lainnya, silahkan disesuaikan saja …

Di DO, server hosting disebut dengan istilah droplet. Jadi setelah Anda mendaftarkan akun Anda dan teregister, maka langkah selanjutnya adalah membuat droplet di DO.

Klik “create droplet” di kotak warna hijau pojok kanan atas.

Pilih server yang akan digunakan. Bila Anda akan menggunakan webuzo panel saya sarankan menggunakan centos 72×64.

Membuat Droplet VPS Hosting Digital Ocean 1Pilih ukuran yang tepat. Bila Anda masih bingung, saya sarankan mulai dari ukuran yang kecil yaitu 512mb, bila nanti kapasitasnya tidak memadai, mudah saja tinggal upgrade saja ukurannya ke yang lebih besar. Pilih juga lokasi servernya, bila blog Anda adalah untuk konsumsi orang Indonesia atau Asia, pilih saja Singapore.

Membuat Droplet VPS Hosting Digital Ocean 2Beri nama hosting yang baru saja Anda buat dengan nama yang singkat namun mudah untuk dikenali. Isian yang lainnya biarkan saja, lalku klik “create“.

Membuat Droplet VPS Hosting Digital Ocean 3Nah itulah cara membuat droplet di DO sebaggi cara setting VPS pertama yang harus dilakukan. Selanjutnya pihak DO akan mengirimkan email yang berisi nomor IP dan password. Simpan baik-baik informasi tsb karena akan kita gunakan saat instalasi webuzo panel nantinya.

iklan

Untuk membuat akun di DO gratis 10$ silahkan daftar disini …

2. Cara Instalasi / Setting Webuzo di VPS Hosting … bersambung ..

3. Cara Instal WordPress di Webuzo Panel .. bersambung …

Nah itulah cara setting VPS hosting untuk pemula yang dapat saya ulas pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara konfigurasi vps -cara setting vps untuk web hosting -cara setup vps -cara berbisnis vps -cara seting vps -vps untuk pemula -belajar vps paling dasar pemula -cara memulai vps pemula -bisnis vps lengkap -belajar membuat vps -

Tags: Tutorial VPS

Posting Terkait "Panduan Lengkap Cara Setting VPS Untuk Pemula"

Ssst Ini Loh Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog!
Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog -
Mitos Link Building Dalam Teknik SEO Yang Harus Diwaspadai
Link Building Dalam Teknik SEO – Penggunaan
Cara Jitu Mengatasi Network Error / tcp_error
Cara Jitu Mengatasi Network Error - Apakah

Tinggalkan pesan "Panduan Lengkap Cara Setting VPS Untuk Pemula"