Cara Menabung Emas di Pegadaian dan Syarat Pencairannya

ads

Cara Menabung Emas – Tabungan Emas Pegadaian merupakan layanan pembelian dan penjualan aset dalam bentuk emas dengan harga relatif terjangkau. Layanan ini memberi banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi aset riil dengan fasilitas titipan yang aman.

Pegadaian Tabungan Emas kini sudah banyak tersedia di sejumlah Kantor Cabang Pegadaian di Indonesia. Selain cara menabung emas yang mudah, harga pembelian emas juga terjangkau (mulai dari 0,01 gram) atau mulai dari 5 ribu an rupiah saja. Tabungan emas di Pegadaian juga mudah dan cepat dicairkan apabila ada kebutuhan mendadak. Jadi bisa dikatakan layanan ini merupakan alternatif investasi paling aman untuk menjaga portofolio aset.

Baca juga: Kredit Emas atau Menabung Emas, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian

Menabung Emas di Pegadaian

Menabung Emas di Pegadaian

Sponsor

Seperti yang disebutkan diawal, cara menabung emas di pegadaian sangat mudah. Artinya tidak banyak prosedur yang harus kita penuhi. Pertama kita cukup membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian dengan melampirkan beberapa foto copy identitas yang masih berlaku seperti: KTP / SIM / Passport.

Selain foto copy identitas kita wajib mengisi formulir pembukaan rekening ditambah dengan biaya administrasi Rp. 10000,- (per Des 2016) juga biaya untuk fasilitas titipan (untuk 12 bulan) sebesar Rp. 30.000,-. Harga pembelian emas mulai dari berat 0.01 gram dan kelipatannya yang berlaku di Pegadaian. Misalnya untuk harga emas 0,01 gram per 13 April 2017 adalah Rp. 5.640,- maka jika ingin membeli dengan berat 1 gram maka harganya Rp. 564.000,-.

Jika kita membutuhkan dana mendadak (uang tunai) saldo titipan emas dalam tabungan kita bisa dijual kembali (buyback) ke Pegadaian (minimal penjualan kembali 1 gram). Harga jual kembli emas Pegadaian per 13 April 2017 adalah Rp. 5.410 per 0,01g sehingga saat mencairkan tabungan emas kita akan mendapat uang tunai Rp. 541.000,- / gram nya.

Baca juga: Investasi Emas ANTAM Yang Menguntungkan

Mencetak Emas Batangan

Cara menabung emas di Pegadaian memberi kita banyak pilihan. Jika kita menghendaki emas batangan secara fisik, maka kita bisa memesan atau order cetak dengan pilihan kepingan 5 gam, 10 gram, 50 gram, dan 100 gram. Disini kita akan dikenakan biaya cetak sesuai dengan berat atau kepingan yang dipilih.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Jika menginginkan emas dalam bentuk kepingan maka saldo rekening minimal 0,01 gram. Untuk sementara ini transaksi penjualan emas ke Pegadaian maupun pencetakan emas batangan (kepingan) hanya bisa dilayani di Kantor Pegadaian tempat dimana pertama kali kita membuka rekening. Dan jika ingin menjual atau mencetak emas batangan kita wajib menunjukkan Buku Tabungan Emas dan Identitas diri ASLI.

Pada prinsipnya cara menabung emas di Pegadaian ini sama artinya kita membeli emas kemudian menitipkannya di pegadaian dan sewaktu-waktu bisa mencairkannya dalam bentuk uang tunai. Bahasa sederhananya bisa diartikan kita mengambil tabungan. Yang berbeda adalah semua transaksi yang dicatat dalam buku tabungan emas adalah dalam satuan gram, jadi bila ditunaikan akan mengikuti harga emas terbaru. Pihak Pegadaian pun tak bertanggung jawab bila saat mencairkan tabungan ternyata harga turun, karena harga emas di tabungan emas Pegadaian ini mengikuti fluktuasi harga emas dunia.

Saat Anda akan mencairkan tabungan emas Pegadaian, pastikan memeriksa harga emas terbaru yang ada di Pegadaian, jangan sampai Anda rugi karena harga pencairan emas lebih rendah dibanding harga emas saat menabung. Sebaiknya menabung emas ataupun investasi emas ini diniatkan untuk investasi jangka panjang agar terhindar dari kerugian.

ads

Itulah informasi seputar cara menabung emas di Pegadaian, syarat menabung dan mencairkan emas, serta tips agar investasi emas dengan cara menabung di Pegadaian tsb tetap menguntungkan. Semoga bermanfaat ..

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

menabung emas di pegadaian -pegadaian tabungan emas -tabungan pegadaian -cara nabung emas di pegadaian -Menabung di pegadaian -cara menabung emas dipegadaian -nabung emas dipegadaian -menabung emas dipegadaian -Menabung emas pegadaian -tabungan emas dipegadaian -

Tags: Cara Investasi Cara menabung Emas Cara menabung Emas di antam Cara menabung Emas di bank syariah Cara menabung Emas di pegadaian Cara menabung Emas yang menguntungkan

Posting Terkait "Cara Menabung Emas di Pegadaian dan Syarat Pencairannya"

5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana
Bisakah KTA dibatalkan?, lalu bagaimana cara membatalkan
6 KTA Terbaik 2017 yang Bisa Anda Pertimbangkan
KTA terbaik 2017 – Setelah mengetahui berbagai
5 Faktor Penentu KTA Diterima Oleh Bank  
  Faktor penentu KTA diterima – Ketika
  1. author

    Anthon4 bulan agoBalas

    Pada penjelasan diatas dikatakan bahwa : ” Untuk mencairkan tabungan emas dipegadaian , maka harga yang kita dapatkan disesuaikan dengan harga awal ketika mulai menabung”. Jadi kalu begitu nggak ada untungnya dong ? Alias hanya numpang nyimpan.. Atau maksudnya gimana ?.

    • author

      carainvestasibisnis4 bulan agoBalas

      Halo Mas Anthon, pencatatan transaksi yang dicetak di tabungan emas menggunakan gram emas. Saat mencairkan tabungan emas maka jumlah uang yang didapat sesuai dengan harga “buyback” / harga beli berdasarkan jumlah gram yang dicairkan. Harga mengikuti harga saat transaksi pencairan karena harga emas fluktuatif tiap harinya. Jadi bila saat harga turun ya bukan hanya untung sih tapi juga malah rugi :-). Jadi pintar-pintar saja kapan akan mencairkan tabungan emasnya :-). Saran saya, menabung emas di pegadaian ataupun investasi emas lainnya memang lebih cocok untuk investasi jangka panjang sehingga harga emas pun sudah mengalami kenaikan dibandingkan saat awal Anda menabung.

  2. author

    explore881 bulan agoBalas

    sebetulnya kalau mau untuk cepat bukan menabung emas di pegadaian ini hanya cara invetasi yang relatif aman meskipun keuntungan relatif kecil juga

    • author

      carainvestasibisnis1 bulan agoBalas

      Yap betul sekali, semakin tinggi profitnya maka akan semakin tinggi juga risikonya. Sekarang tinggal giliran Anda memilih tergantung pada kebutuhan & profil risikonya 🙂

Tinggalkan pesan "Cara Menabung Emas di Pegadaian dan Syarat Pencairannya"