Cara Membeli dan Menjual Emas Agar Menguntungkan

Salah satu tujuan berinvestasi emas adalah memperoleh keuntungan atas selisih harga jual dan harga beli, yaitu membeli emas saat murah dan menjual emas kembali saat mahal. Nah agar tujuan investasi emas tsb dapat Anda peroleh maka ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan.

ads

Baca: Tips Sukses Berinvestasi Emas

cara membeli dan menjual emas agar menguntungkan

Sponsor

Tips / Cara Membeli Emas Yang Benar dan Aman

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar Anda tidak tertipu dalam membeli emas:

1. Cek Harga Emas Batangan

Sebelum membeli emas, pastikan Anda mengetahui harga emas batangan yang akan Anda beli. Sebagai standar harga emas batangan maka sebaiknya Anda melihat harga yang dikeluarkan oleh ANTAM. Sah-sah saja bila Anda membeli emas batangan di toko yang menawarkan harga lebih murah dari harga ANTAM, namun tetap pastikan bahwa toko tsb terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi, apalagi bila Anda membelinya secara online.

Baca juga: Investasi Emas ANTAM Yang Menguntungkan

Bila Anda tertarik dengan jual beli emas batangan, atau membeli emas untuk jangka pendek dengan tujuan menjualnya kembali, maka belilah emas saat harganya turun. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran berat emas akan mempengaruhi harga. Semakin besar ukuran emas yang Anda beli maka semakin murah pula harga beli emas per gramnya.

2. Beli dari Tempat Yang Terpercaya

Memang banyak toko baik offline maupun online yang menawarkan pembelian emas batangan, baik secara dicicil ataupun secara cash dengan harga yang bervariasi. Bila membeli emas batangan dari ANTAM yang sudah terpercaya dirasa lebih mahal maka Anda dapat membeli dari tempat lain asalkan TERPERCAYA! Penting sekali Anda membeli emas batangan dari tempat / toko yang terpercaya sehingga Anda terhindar dari penipuan.

Baca: Cara Jitu Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

Lalu bagaimana cara mengenali tempat / toko tsb terpercaya?

Ada banyak cara untuk melakukannya, misalnya dengan melihat apakah toko tsb sudah berdiri sejak lama? Apakah ada isu negative tentang pelayanan toko tsb? Bila Anda membeli secara online pastikan ada alamat fisik yang dapat Anda hubungi.

3. Sertifikat

Saat membeli emas batangan, pastikan kesesuaian berat, kadar emas dan nomor batch yang tercetak di emas batangan adalah sama / sesuai dengan yang tertera pada sertifikatnya. Pastikan pula baik emas fisik dan sertifikatnya Anda simpan di tempat yang aman karena menjual emas tanpa sertifikat akan menurunkan harga jual. Perlu Anda ketahui, pasar Indonesia lebih menyukai emas dengan sertifikat ANTAM resmi.

Itulah 3 tips / cara membeli emas yang benar dan aman. Lalu bagaimana cara menjual emas batangan yang menguntungkan?

Tips / Cara Menjual Emas Agar Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar dapat menjual emas dengan harga tinggi:

1. Cek Harga Emas

Sebelum Anda menjual emas pastikan Anda mengecek harga jual kembali emas yang berlaku saat ini. Di www.logammulia.com, Anda tak hanya dapat memeriksa harga beli namun juga harga jual kembali. Agar Anda dapat menjual emas dengan menguntungkan pastikan Anda menjualnya saat harga jual kembali (buy back) lebih tinggi daripada harga beli emas yang tertera di faktur saat Anda membelinya.

Baca juga: Harga Perak dan Harga Emas Hari Ini

2. Cari Toko Dengan Harga Buyback Terbaik

Setelah Anda mengetahui harga buy back standar versi ANTAM, sekarang saatnya Anda mencari toko emas yang menawarkan harga buy back terbaik untuk menjual emas batangan yang Anda miliki. Perlu Anda ketahui, kebanyakan toko emas akan menawarkan harga buy back lebih tinggi dibandingkan yang ditawarkan oleh ANTAM itu sendiri. Anda dapat mengunjungi toko tsb untuk mendapatkan harga atau bila toko tsb sudah memiliki situs online maka lebih baik cek di situs nya saja sehingga Anda tidak capek. Toko emas di mall biasanya menawarkan harga buy back tinggi pula.

ads

Itulah tips / cara membeli dan menjual emas batangan agar tetap menguntungkan. Berdasarkan pengalaman pribali, agar menguntungkan, belilah emas batangan di ANTAM dan menjual emas di toko emas.

image credit: en.tempo.co

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menabung emas -cara menjual emas agar tidak rugi -cara menabung emas yang menguntungkan -tips menabung emas -Jual emas batangan di toko emas -bisnis jual beli emas -cara jual beli emas -cara menjual emas di toko emas -cara menjual emas -Cara membeli emas -

Tags: Cara Investasi Keuntungan Investasi Tips Trik

Posting Terkait "Cara Membeli dan Menjual Emas Agar Menguntungkan"

5 Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda Untuk Masa Tua Gemilang
Cara Mempersiapkan Dana Pensiun – Pensiun merupakan
Menabung Saham atau Investasi Reksa Dana, Mana Yang Lebih Baik?
Menabung saham merupakan salah satu program kepemilikan
Mengenal Indeks Saham: Apa Itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan salah

Tinggalkan pesan "Cara Membeli dan Menjual Emas Agar Menguntungkan"