Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Agar Terhindar Dari Penipuan Emas

ads

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu – Baru-baru ini, ranah publik baru saja digemparkan oleh penemuan emas batangan palsu dalam dan kasus penggandaan uang. Ternyata masyarakat masih banyak saja yang tertipu dengan metoda penipuan emas dan cara cepat kaya secara instan.

Tak hanya investasi emas online namun investasi emas fisik pun sarat dengan penipuan bila Anda tidak hati-hati dan cermat.

Salah satu cara menghindari penipuan berkedok investasi emas adalah mengetahui ciri-ciri emas asli dan tahu cara membedakan emas asli dan emas palsu tsb. Cara yang paling aman untuk investasi emas adalah membelinya di gerai-gerai ANTAM karena sudah terjamin keasliannya dan memiliki sertifikat khusus.

Nah bila karena suatu hal tidak memungkinkan membeli emas ANTAM secara langsung, maka pada kesempatan kali ini, Cara Investasi Bisnis akan mengulas ciri-ciri emas batangan palsu dan cara mengetahui emas batangan mana yang asli yang dapat Anda gunakan untuk menghindari penipuan emas ini.

Cara Membedakan Emas Asli dan Emas Batangan Palsu

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengenali ciri-ciri emas batangan asli ataupun palsu, yaitu:

  1. Emas Palsu Tak Memiliki Identitas Emas Asli

Cara pertama membedakan emas batangan asli dan palsu adalah dengan melihat identitas pada fisik emas. Saat ini emas batangan asli yang beredar di Indonesia hanya diproduksi oleh ANTAM yang telah dilengkapi dengan identitas fisik yang sama dengan identitas yang tertera pada sertifikatnya. Identitas emas tsb biasanya meliputi kadar emas, berat emas, nomor lot, logo LM dsb. Bila emas batangan tsb tidak memiliki identitas yang tercetak di fisiknya, sebaiknya Anda patut curiga bahwa emas tsb palsu.

Baca juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian dan Syarat Pencairannya

cara membedakan emas batangan asli antam

Ciri-Ciri Fisik Emas Batangan Asli (source: antamlogammulia.com)

Sponsor

  1. Emas Palsu Menempel Pada Magnet

Ciri-ciri emas palsu yang umum adalah emas batangan tsb tidak sepenuhnya emas namun mengandung bagian logam tertertu seperti tembaga, kuningan, nikel, atau logam lain lalu disepuh dengan emas sehingga dari luar tampak seperti asli.

Cara membedakan emas asli dan palsu untuk kasus ini adalah dengan menggunakan media magnet. Karena adanya logam pada emas palsu menyebabkan emas palsu tsb akan menempel pada magnet tsb. Sementara emas batangan asli tidak akan menempel pada medan magnet. Ingat gunakan media magnet yang cukup kuat. Akan lebih baik lagi bila Anda memiliki emas batangan asli dari ANTAM sebagai pembandingnya.

Cara membedakan emas batangan asli dan palsu dengan magnet ini sebaiknya janganlah dijadikan patokan namun gunakan sebagai titik awal identifikasi saja.

  1. Emas Palsu Meninggalkan Bekas Goresan

Cara membedakan emas asli dan palsu berikutnya adalah dengan melakukan uji goresan. Cobalah emas batangan tsb goreskan pada keramik, bila meninggalkan noda goresan hitam maka emas tsb palsu. Sementara emas asli tidak akan meninggalkan bekas goresan.

  1. Menggunakan Batu Uji dan Air Uji Emas

Alat uji emas ini biasa digunakan toko emas maupun Pegadaian untuk membedakan emas asli dan palsu atau untuk memastikan keaslian emas. Cara kerja alat ini cukup mudah yaitu dengan cara menggosokkan emas ke batu uji lalu teteskan air uji ke bekas goresan tsb. Jika goresan tsb hilang maka emas itu adalah palsu. Air uji yang digunakan adalah asam klorida dan asam nitrat.

cara membedakan emas asli dan palsu

Cara Memastikan Keaslian Emas Dengan Menggunakan Test Kit Goresan (source: vandijk-toetsstenen.nl)

Harga test kit ini memang lumayan, tetapi sebaiknya Anda miliki bila Anda serius berbisnis emas untuk membedakan emas asli dan palsu. Bahkan sekarang cairan pengujian telah didesain khusus agar dapat memastikan karatasenya.

  1. Menggunakan Alat Uji Elektronik

Sekarang sudah banyak alat uji emas secara elektronik yang mampu membedakan emas asli dan palsu. Alat ini pun dapat mengukur karatase dari emas tsb. Semakin canggih alat yang digunakan semakin mahal pula harganya.

ads
cara membedakan emas batangan asli dan palsu

Alat Uji Emas Elektronik (source: ebay.com)

Nah itulah beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang perlu diketahui. Cara yang tidak ribet dan paling mudah adalah membelinya di gerai-gerai resmi ANTAM untuk menghindari penipuan emas tsb. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membedakan emas asli dengan kuningan -cara membedakan emas asli dan palsu -ciri ciri emas asli -cara membedakan emas dan kuningan -ciri emas asli -cara mengetahui emas asli -cara membedakan emas asli -ciri ciri emas -cara mengetes emas -cara membedaKan emas -

Tags: Cara Investasi Emas Asli Emas Palsu Penipuan Emas

Posting Terkait "Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Agar Terhindar Dari Penipuan Emas"

5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana
Bisakah KTA dibatalkan?, lalu bagaimana cara membatalkan
6 KTA Terbaik 2017 yang Bisa Anda Pertimbangkan
KTA terbaik 2017 – Setelah mengetahui berbagai
5 Faktor Penentu KTA Diterima Oleh Bank  
  Faktor penentu KTA diterima – Ketika

Tinggalkan pesan "Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Agar Terhindar Dari Penipuan Emas"