6 Ketentuan Gadai Emas di Pegadaian yang Wajib Diperhatikan

ads

Gadai emas di Pegadaian – Salah satu cara untuk bisa mendapatkan dana cepat tanpa masalah adalah menggadaikan barang berharga. Pegadaian menjadi solusi bagi orang yang membutuhkan dana dengan cepat sebab selain proses gadai yang cepat, pegadaian ini tidak memiliki risiko dibandingkan dengan peminjaman uang lainnya. Salah satu barang yang bisa digadaikan adalah logam mulia seperti emas. Emas memiliki harga yang stabil dibandingkan dengan logam mulia yang lainnya sehingga banyak yang menjadikan emas ini sebagai investasi, dan tabungan sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan emas ini akan sangat berguna untuk bisa mendapatkan dana. Banyak yang enggan untuk menjual emas dikarenakan harganya akan semakin meningkat, sehingga banyak yang memilih untuk menggadaikannya. Pinjaman dana bisa didapatkan namun emas tersebut tidak hilang hanya disimpan dan dititipkan di pegadaian. Bagi yang menginginkan gadai emas di pegadaian, ada beberapa ketentuan yang harus dipahami oleh Anda yaitu berikut ini:

Syarat Gadai Emas

Gadai Emas

Gadai Emas

Sponsor

Segala sesuatunya memiliki persyaratan sendiri-sendiri, baik yang akan mengajukan kredit di Bank maupun menggadaikan barang berharga. Preaturan di pegadaian hampir sama dengan peraturan di lembaga keuangan lain, menggadaikan emas ini pun ada tata caranya. Untuk formalitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk bisa menggadaikan emas ini di pegadaian Anda harus menunjukkan KTP.  Tidak hanya itu saja, Anda yang berniat untuk menggadaikan emas harus disertai dengan surat-surat pembeliannya dari tokonya. Surat tersebut berguna untuk menaksir perkiraan dari harga emas tersebut.

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang formal sehingga kondisi fisik emas yang Anda gadaikan dibutuhkan dan menjadi hal mutlak dan harus Anda penuhi. Pegadaian tidak menginginkan barang yang digadaikannya merupakan barang yang bermasalah sehingga jika ada barang yang bermasalah Pegadaian tidak bisa memprosesnya. Begitu pula dengan menggadaikan sepeda motor dan barang berharga lainnya harus ada surat tanda bukti seperti BPKB maupun sertifikat.

Biaya Gadai

Gadai Emas

Gadai Emas

Gadai emas di pegadaian Anda harus memperhatikan biaya gadai yang harus Anda keluarkan. Biasanya pegadaian akan membebankan biaya flat pada 15 hari pertama setelah barang digadaikan. Pada 15 hari pertama itu pegadai akan dikenakan biaya yang sama. namun yang harus diperhatikan di sini adalah jika pembayarannya melebihi dari masa 15 hari akan dikenakan biaya yang bertambah sampai dengan masa gadai tersebut habis. Semakin lama Anda membiarkan emas Anda di pegadaian tentunya biaya yang harus Anda bayarkan semakin besar sehingga akan lebih baik jika Anda membayar pinjaman Anda di pegadaian tidak terlalu lama agar tidak semakin memberatkan.

Hindari Masa Tenggang

Dalam lembaga keuangan selalu ada masa aktif waktu tersebut dan ada masa tenggangnya. Akan sangat fatal jika sampai nasabah melebihi batas waktu masa aktif. Pasti  akan ada dampak yang memberatkan nasabah jika sampai melebihi dari masa gadai tersebut. Pegadaian akan memberikan waktu selama 4 bulan, dalam masa tersebut biaya di pegadaian akan melonjak setelah hari ke-15 dari pertama kali masa gadai. Agar biaya untuk pegadaian tersebut tidak melonjak tajam, Anda bisa memperpanjang masa gadai tersebut sehingga sehabis 4 bulan dan belum memiliki dana Anda harus memperpanjangnya.

masa tenggang Gadai Emas

masa tenggang Gadai Emas

Hindarilah masa tenggang pegadaian sebab akan membuat biaya sewa Anda menjadi melonjak tajam. Untuk bisa menghindari biaya yang melonjak Anda juga diwajibkan untuk mencicil pinjaman tersebut. Sebagai contohnya adalah Anda meminjam uang 2 juta rupiah, kemudian Anda bisa mencicilnya sebesar 500 ribu rupiah. Setelah itu pinjaman Anda di pegadaian tersisa 1,5 juta rupiah tentu saja biaya sewanya akan jauh lebih murah.

Biaya Administrasi

Meskipun disebut sebagai solusi untuk dana cepat namun tetap saja ada biaya administrasi yang harus ditanggung oleh peminjam. Setiap kali Anda akan melakukan gadai nantinya akan ada biaya administrasi yang mana besarnya biaya administrasi tersebut disesuaikan dengan jumlah pinjaman yang didapatkan dari pegadaian. Semakin besar dana atau pinjaman yang Anda pinjam dari pegadaian tentu saja biaya administrasinya akan semakin besar.

biaya administrasi

biaya administrasi

Sebagai contohnya adalah pinjaman sebesar 100 ribu sampai dengan 5 juta rupiah, biaya yang harus ditanggung oleh nasabah atau peminjam sekitar 15 ribu. Untuk pinjaman antara 5,1 juta sampai dengan 10 juta besarnya biaya administrasi yang harus Anda tanggung sebesar 25 ribu. Untuk pinjaman dengan besar 10,1 juta rupiah sampai dengan 20 juta rupiah besarnya biaya administrasi yang harus Anda tanggung sebesar 40 ribu rupiah.

Perbedaan Nilai Gadai dan Taksiran

nilai gadai dan nilai taksiran

nilai gadai dan nilai taksiran

Untuk bisa menentukan nilai gadai emas di pegadaian, petugas akan menaksir nilai dari barang berharga yang Anda gadaikan tersebut. Semakin berharga dan besar nilai ekonominya maka semakin banyak pinjaman atau nilai gadai yang akan Anda dapatkan. Jika Anda menggadaikan emas tentu saja pihak bank akan melihat biaya taksirannya melalui surat yang diberikan oleh toko emas tempat Anda membeli emas tersebut. Jika tidak ada suratnya pihak pegadaian berhak menolak pengajuan pinjaman Anda. Semakin berat emas yang Anda gadaikan, semakin banyak karatnya tentu saja nilai gadainya akan semakin tinggi. Misalnya saja emas yang Anda gadaikan memiliki nilai taksir sekitar 2,5 juta rupiah, nilai gadai atau pinjaman yang bisa Anda dapatkan tidak sebesar itu. Dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan sebesar 2,1 juta rupiah. Anda patut mengetahui besarnya pinjaman supaya nantinya Anda tidak kecewa karena besarnya pinjaman tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Semua Pegadaian menerapkan sistem yang serupa sehingga jangan kecewa jika pinjaman yang Anda dapatkan tidak sebesar dengan nilai emas yang Anda miliki.

Biaya Titip Gadai

Pegadaian akan merawat dan menjaga barang Anda oleh sebab itu selain biaya administrasi biaya yang harus Anda tanggung berupa biaya titip gadai. Secara umum semua pegadaian menerapkan sistem yang sama karena pada dasarnya pegadaian adalah sistem sewa titip yang nantinya akan memberikan hak kepada peminjam untuk melakukan piutang dengan agunan berupa barang berharga. Barang tersebut dijadikan sebagai jaminan dan akan terus berada di sana sampai pihak peminjam mampu melunasi semua pinjamannya tersebut.

Gadai emas di Pegadaian

Gadai emas di Pegadaian

ads

Pegadaian pun akan membebankan biaya titip dengan perhitungan dengan rumus taksiran/biaya administrasi dan dikalikan dengan 120. Angka 120 merupakan angka untuk menaksir di Pegadaian konvensional. Sebagai contoh kalkulasinya adalah biaya 2.500.000 : 15.000 x 120 maka akan didapatkan angka 20.000 untuk 15 harinya. Jika Anda ingin menggadaikan emas dengan waktu 15 hari maka biaya untuk titip gadai Anda sebesar 15.000 yang akan Anda bayarkan awal gadai kemudian ditambah dengan nilai gadai maksimal sebesar 2.100.000  ditambah dengan biaya titip gadai tersebut sehingga didapatkan angka sebesar 2.155.000.

Pegadaian memang akan mengatasi masalah keuangan Anda, namun ada baiknya jika Anda memikirkan juga ketentuan-ketentuan yang akan muncul ketika menggadaikan barang tersebut. Begitu pula ketika akan gadai emas di pegadaian, beberapa ketentuan yang telah dijelaskan diatas sebaiknya Anda pertimbangkan.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

ketika sudah habis masa gadai apakah bisa d perpanjang masa sewa nya -syarat wajib gadai emas di pegadaian -yang perlu di perhatikan dalam mengadaikan emas -

Tags: Gadai emas di Pegadaian hitung Gadai emas di Pegadaian review Gadai emas di Pegadaian total Gadai emas di Pegadaian

Posting Terkait "6 Ketentuan Gadai Emas di Pegadaian yang Wajib Diperhatikan"

5 Cara Main Bitcoin Supaya Profit Tinggi
Bagi pemula tentu bingung bagaimana cara main
Pegadaian Syariah vs Pegadaian Konvensional: Mana yang Lebih Bagus?
Pegadaian syariah vs Pegadaian Konvensional – Tidak
Pegadaian Syariah: Solusi Dana Cepat Sesuai Syariah Islam
Selain ada pegadaian berbasis konvensional, kini ada
4 Jenis-Jenis Kredit yang Penting untuk Diketahui
Jenis-jenis kredit belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Tinggalkan pesan "6 Ketentuan Gadai Emas di Pegadaian yang Wajib Diperhatikan"