4 Syarat Menabung Emas atau Dolar Serta Keuntungan dan Kerugiannya

ads

Banyak yang masih bingung menguntungkan mana menabung emas atau dolar?. Kesadaran masyarakat akan investasi yang meningkat membuat masyarakat mencari sesuatu hal yang bisa dijadikan sebagai investasi. Masa depan memang perlu direncanakan dengan matang terutama masa depan untuk hari tua kelak. Salah satu cara menyiapkan masa depan adalah dengan berbisnis atau dengan investasi. Bagi pemula yang belum memiliki pengalaman di bidang investasi sebelum melakukan investasi dolar atau emas sebaiknya mencari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang kedua investasi tersebut. Jangan sampai mengambil investasi yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Memilih investasi emas atau dolar adalah hal yang tepat khususnya bagi investor pemula dikarenakan tidak membutuhkan modal yang besar. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum menabung emas atau dolar:

Kelebihan Investasi Emas

kelebihan investasi Emas

kelebihan investasi Emas

Sponsor

Menabung emas atau dolar bisa dilakukan di bank. Saat ini bank menawarkan berbagai macam investasi yang bisa dipilih khususnya untuk investasi jangka panjang. Salah satu investasi yang ditawarkan oleh bank adalah investasi emas. Pegadaian pun juga menawarkan investasi emas ini. Nilai emas yang cenderung stabil membuat siapa pun menjadi tertarik untuk berinvestasi dengan emas tersebut. Sebenarnya sejak zaman dahulu investasi emas ini sudah dijalankan oleh orang tua namun jenisnya belum terlalu banyak seperti saat ini.  Dengan berinvestasi dengan emas Anda akan mendapatkan keuntungan berikut ini:

Likuiditas Tinggi

Emas merupakan logam mulia yang memiliki likuiditas tinggi dan berbeda dengan logam mulia lainnya yang tidak memiliki likuiditas tinggi. Harga emas yang stabil dan banyak peminatnya membuat emas sangat menguntungkan dan menggiurkan. Jika Anda memiliki emas Anda akan mudah sekali mendapatkan uang ketika ada kebutuhan mendesak. Nantinya Anda bisa menggadaikan emas tersebut atau bisa juga menjualnya. Dari penjualan tersebut Anda akan mendapatkan keuntungan dikarenakan harga emas yang meningkat dari waktu ke waktu.

Tahan Terhadap Inflasi

Ketika Anda bingung ingin menabung emas atau dolar, salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah ketahanannya terhadap inflasi. Inflasi tersebut tidak boleh disepelekan sebab inflasi ini memiliki pengaruh yang besar terhadap mata uang dan investasi yang ada di Indonesia. Keunggulan menabung emas ini adalah emas tahan terhadap inflasi bahkan bisa digunakan sebagai penyeimbang inflasi. Jika Anda menabung di Bank dalam bentuk mata uang, tabungan Anda tersebut bisa tergerus oleh inflasi yang tinggi.

Memiliki Nilai Tukar yang Sama

Menabung emas ini memiliki keunggulan seperti memiliki nilai tukar yang sama. Tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia pun emas memiliki nilai tukar yang sama sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan harga emas ke depannya.

Mudah Dilakukan

Bagi investor pemula investasi emas akan sangat menguntungkan sebab mudah dilakukan. Belum banyaknya pengalaman bagi investor pemula harus hati-hati mengambil jenis investasi. Investasi dengan cara yang rumit sebaiknya dihindari sebab bisa menyebabkan kerugian. Pilihlah investasi yang mudah dijalankan seperti emas. Orang yang awam dengan investasi pun bisa dengan mudah berinvestasi dengan emas ini.

Minim Risiko

Kelebihan investasi emas yang menguntungkan bagi investor adalah mini risiko. Hal itu dikarenakan harga emas yang tidak pernah turun dari waktu ke waktu justru cenderung naik akan menguntungkan bagi investor. Berbeda dengan investasi lainnya yang nilainya begitu fluktuatif sehingga keuntungan tidak bisa diprediksi.

Kerugian Emas

Selain keuntungan diatas, Anda juga harus mempertimbangkan kerugian emas tersebut. Beberapa kerugian investasi emas adalah rentan mengalami hilang jika tidak disimpan di tempat yang aman, rentan mendapatkan emas palsu dan diperlukan berat emas yang banyak agar mendapatkan keuntungan yang besar khususnya jangka panjang.

Menabung Dolar

Menabung Dolar

Menabung Dolar

Menabung emas atau dolar memiliki kelebihan dan kerugiannya masing-masing. Uang dolar Amerika Serikat adalah salah satu mata uang asing yang digunakan sebagai patokan bank di seluruh dunia. Untuk mendapatkan keuntungan, investor bisa menjual uang dolarnya di saat mata uang ini menguat. Saat mata uang dolar menguat saat itulah mata uang rupiah akan menjadi tertekan.  Meskipun suku bunganya rendah namun menabung dolar ini memiliki keuntungan yang tidak akan bisa didapatkan dibandingkan dengan tabungan biasa.  Contoh nyata seperti saat krisis moneter, mereka yang bekerja di luar negeri akan mendapatkan keuntungan karena gaji dolar yang mereka dapatkan bisa berlipat-lipat ketika ditukar dengan mata uang rupiah. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian menabung dolar sebagai investasi:

Keuntungan

  • Mata Uang dolar tidak akan pernah terkena penurunan mata uang berbeda dengan mata uang lainnya. Jika Anda memiliki uang dolar senilai 100 USD maka uang yang akan Anda miliki tersebut tetap memiliki nilai yang sama yaitu 100 USD. Berbeda jika Anda memiliki uang 10 juta ketika ditukarkan nilainya tergantung dengan kurs rupiah saat itu.
  • Perubahan kurs yang begitu cepat bahkan terus menguat bisa membuat Anda akan mendapatkan keuntungan meskipun saat itu nila rupiah sedang memburuk.

Kerugian

Selain memiliki berbagai macam keuntungan, ada beberapa kerugian yang akan didapatkan ketika menabung dolar ini.  Kerugian menabung mata uang dolar ini adalah mudah terkena inflasi.

Syarat

syarat menabung dolar

syarat menabung dolar

Ketika akan menabung emas atau dolar Anda harus memperhatikan syarat-syaratnya. Syarat menabung emas atau dolar ini lumayan mudah sehingga prosesnya tidak akan ribet. Simak syarat-syaratnya berikut ini:

Kartu Identitas

Menabung emas atau dolar memiliki syarat yang sedikit berbeda. Dolar bisa dilakukan oleh WNI maupun WNA, sedangkan menabung emas hanya bisa dilakukan oleh WNI. Bagi WNI yang ingin menabung dolar atau emas harus melampirkan data diri berupa KTP, SIM atau Paspor. Sedangkan bagi WNA yang ingin berinvestasi dengan dolar harus melampirkan identitas yang masih berlaku. Identitas tersebut adalah KITAP, KITAS atau KIMS.

Membuka Rekening Tabungan

Syarat untuk menabung emas Anda harus membuka rekening tabungan terlebih dahulu barulah bisa menabung emas. Dengan melampirkan fotokopi identitas disertai dengan identitas asli rekening tabungan emas pun bisa dilakukan.

Mengisi Formulir

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi formulir. Akan ada biaya administrasi yang ditanggung untuk membuka tabungan di awal. Untuk menabung emas juga dikenakan biaya titip emas tersebut meskipun fisik emas belum ada. Khusus untuk menabung dolar pun dikenakan biaya setoran awal.

ads

Menabung

Setelah melengkapi syarat-syarat di atas kini Anda sudah bisa menabung. Menabung emas bisa dilakukan dengan menyetorkan sejumlah uang untuk membeli emas sedangkan menabung dolar bisa dalam bentuk setoran IDR dan juga Valas.

Emas atau dolar sama-sama menguntungkan sebab memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh investasi lainnya. Emas maupun dolar bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang dan juga jangka pendek. Bagi investor pemula khususnya dolar, Anda membutuhkan trik khusus untuk investasi dolar tersebut agar tidak mengalami kerugian. Trik tersebut sama dengan investasi emas yaitu dengan membandingkan nilai beli dan nilai jualnya. Dibandingkan Anda terus memikirkan lebih baik mana menabung emas atau dolar, mengapa tidak Anda coba untuk berinvestasi dengan keduanya karena sama-sama menguntungkan terutama di masa depan.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara bisnis dolar dan keuntungannya -

Tags: cara Menabung Emas atau Dolar Menabung Emas atau Dolar pilih mana Menabung Emas atau Dolar tips Menabung Emas atau Dolar

Posting Terkait "4 Syarat Menabung Emas atau Dolar Serta Keuntungan dan Kerugiannya"

5 Cara Membatalkan KTA Sebelum dan Setelah Pencairan Dana
Bisakah KTA dibatalkan?, lalu bagaimana cara membatalkan
6 KTA Terbaik 2017 yang Bisa Anda Pertimbangkan
KTA terbaik 2017 – Setelah mengetahui berbagai
5 Faktor Penentu KTA Diterima Oleh Bank  
  Faktor penentu KTA diterima – Ketika

Tinggalkan pesan "4 Syarat Menabung Emas atau Dolar Serta Keuntungan dan Kerugiannya"