11 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berbisnis

Jaman sekarang menjadi seorang enterpreneur atau wirausahawan seperti sebuah keharusan. Karenanya wajar jika kemudian banyak bisnis baru yang bermunculan. Apakah bisnis Anda salah satunya? Apapun bisnis yang Anda pilih, penting untuk memastikan Anda tidak melakukan hal berikut demi kelancaran pengelolaan bisnis. Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Ads

Meniru bisnis orang lain

hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis

hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis

Sponsor

Dengan semakin banyaknya produk bisnis baru tentunya akan sedikit menyulitkan Anda untuk menemukan ide bisnis. Hal ini bisa jadi malah meningkatkan kemungkinan adanya persaingan bisnis. Akibat terbatasnya ide bisnis yang dimiliki, tidak sedikit dari para pelaku bisnis yang kemudian memilih menjalankan bisnis yang sudah ada. Bisnis yang dijalankan biasanya dipilih karena dianggap laku keras. Memilih bisnis yang demikian memang tidak ada salahnya. Namun akan lebih baik jika Anda melakukan sedikit inovasi terhadap bisnis tersebut sehingga kendati memiliki ide yang sama, tampilannya tetap berbeda. Hal ini guna mengurangi tingkat persaingan, sehingga nantinya masing masing pebisnis tidak saling menjatuhkan.

Banyak mengeluh

Bisnis yang baru berjalan memang akan sangat menguras pikiran dan tenaga Anda. Hal ini wajar terjadi mengingat Anda perlu melakukan banyak hal agar bisnis bisa berjalan sebagaimana mestinya. Namun seringkali pebisnis pemula justru lebih banyak mengeluh ketika baru menjalankan bisnisnya. Inilah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis. Jika Anda terus saja mengeluh, maka efeknya tidak akan bagus terhadap kelangsungan bisnis. Karenanya hindari mengeluh saat memulai bisnis. Sebaliknya berikan semangat untuk diri sendiri agar bisa memaksimalkan pengelolaan bisnis.

Kurang fokus

hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis

hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis

Selain banyak mengeluh, kurang fokus terhadap pengelolaan bisnis juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis. Mengelola bisnis merupakan suatu pekerjaan yang memerlukan fokus yang tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak hal yang perlu Anda lakukan mulai dari menyiapkan produk sampai pemasarannya. Nah jika Anda tidak fokus, bagaimana pengelolaan bisnis akan berhasil dengan baik? Karenanya pastikan untuk selalu fokus saat mengelola bisnis.

Mudah putus asa

Bisnis tidak selamanya bisa berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Ada kalanya bisnis mengalami banyak kendala yang membuat Anda kebingungan mencari solusinya. Nah seringkali kendala yang ditemui membuat Anda jadi mudah putus asa. Padahal putus asa merupakan hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis. Sama halnya dengan kurang fokus, mudah putus asa juga akan berdampak terhadap kelangsungan bisnis Anda. Nah karenanya akan lebih baik jika Anda tetap optimis dalam menjalankan bisnis apapun kendala yang dihadapi.

Pembagian keuntungan yang tidak tepat

Pembagian keuntungan

Pembagian keuntungan

Ketika bisnis Anda kelola bersama partner Anda, maka nantinya diperlukan pemahaman akan cara membagi keuntungan bisnis yang tepat. Seringkali keuntungan bisnis dibagi berdasarkan jumlah modal yang diberikan. Cara pembagian keuntungan yang demikian memang tidak sepenuhnya salah. Namun pembagian keuntungan yang hanya didasarkan pada modal berisiko menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut sampai terjadi. Karenanya lakukan pembagian keuntungan berdasarkan modal dan kontribusi keahlian serta tenaga yang diberikan.

Memilih karyawan secara asal asalan

Dengan semakin berkembangnya bisnis yang Anda kelola, maka kebutuhan akan karyawan tentunya akan semakin meningkat pula. Keberadaan karyawan tentunya bisa sedikit meringankan beban Anda dalam mengelola bisnis. Dengan kata lain, Anda akan menyerahkan sebagian dari tanggung jawab Anda pada karyawan tersebut. Untuk memastikan pengelolaan bisnis tetap berjalan dengan baik kendati dikerjakan oleh orang lain, maka pastikan Anda hanya memilih karyawan terbaik. Anda bisa menilainya berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, karakter dan kepribadiannya.

Kurang memahami bisnis

Agar bisa mengelola bisnis dengan baik, Anda perlu memahami bisnis yang akan dikelola. Misalnya untuk bisnis fashion, Anda hendaknya sudah memahami mengenai pemasarannya, target konsumennya siapa saja dan kisaran harga untuk masing masing produk fashion yang Anda. Hal ini sangat penting mengingat dengan memahami bisnis yang sedang dikelola, maka Anda akan lebih mudah menjalankannya. Berbeda halnya jika Anda tidak mengetahui sama sekali mengenai bisnis yang akan dijalankan. Anda tentunya akan kesulitan mengelolanya. Ini bisa menjadi salah satu contoh hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis.

Terlalu banyak pertimbangan

pertimbangan bisnis

pertimbangan bisnis

Bisnis memang perlu dikelola dengan melalui banyak pertimbangan. Namun jangan jadikan pertimbangan tersebut menjadi sebuah batasan bagi bisnis Anda. Seringkali akibat terlalu banyak pertimbangan, bisnis jadi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang seharusnya dihindari. Lakukan pertimbangan terhadap beberapa hal, misalnya perekrutan karyawan dengan sewajarnya. Dengan begitu, pertimbangan yang dilakukan tidak sampai membatasi jalannya bisnis Anda. Bukankah Anda akan lebih leluasa menjalankan bisnis jika tidak terlalu banyak mempertimbangkan banyak hal.

Pengeluaran yang tidak terkontrol

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu mengatur keluar masuknya uang. Anda bisa membuat pembukuan sederhana agar pengeluaran bisnis bisa lebih terkontrol. Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda tentunya akan lebih mudah untuk mengetahui berapa besar pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Hal ini sangat penting peranannya bagi kemajuan bisnis Anda. Berbeda halnya jika pengeluaran dan pemasukan tidak dikendalikan. Anda akan kesulitan dalam menghitung pengeluaran sekaligus pemasukan yang diterima. Jika kondisi ini terus dibiarkan, akibatnya tidak akan bagus untuk perkembangan bisnis Anda.

Rekan bisnis yang tidak kompeten

Seiring dengan perkembangan bisnis Anda, keberadaan rekan bisnis tentunya bisa membantu Anda dalam pengelolaan bisnis. Nah agar tujuan tersebut bisa terlaksana, pilihlah rekan bisnis yang berkompeten, yang artinya ia memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis. Dengan memiliki rekan bisnis yang kompeten, Anda tentunya bisa membagi tugas pengelolaan bisnis. Jadi hindari memilih rekan bisnis yang hanya bisa menanam modal saja, karena keahliannya bisa sangat berharga untuk kemajuan bisnis.

Produk bisnis yang tidak tepat

Sebelum menjalankan bisnis, ada baiknya jika Anda sudah memiliki gambaran mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan. Paling tidak Anda sudah melakukan analisa mengenai target konsumen, strategi pemasaran dan prospek penjualan produk tersebut kedepannya. Nah dengan mengetahui hal tersebut, Anda tentu akan lebih mudah memasarkan produk tersebut nantinya. Berbeda halnya jika Anda menjual produk atau jasa secara gambling tanpa mempertimbangkan target konsumen, strategi pemasaran dan prospeknya. Kemungkinan produk atau jasa untuk bisa diminati konsumen tentunya akan semakin rendah.

Produk atau jasa memang seolah menjadi penentu sebuah bisnis. Karenanya Anda perlu benar benar memilih produk atau jasa yang tepat agar keduanya bisa diminati. Salah satunya bisa dengan memilih produk yang unik. Atau lakukan inovasi terhadap produk yang sudah ada sehingga dihasilkan produk baru yang berbeda. Dengan begitu, produk Anda diharapkan bisa diminati konsumen.

iklan

Menjalankan bisnis memang tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sekaligus dipelajari. Salah satunya mengenai hal yang tidak boleh dilakukan ketika berbisnis. Kesebelas hal tersebut diatas bisa menjadi pedoman bagi Anda agar saat menjalankan bisnis nanti bisa menghindarinya. Dengan begitu diharapkan bisnis bisa berjalan dengan baik.

Tinggalkan pesan "11 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berbisnis"