10 Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Laundry Kiloan

Ads

Sebelum berbisnis laundry sebaiknya mengetahui kelebihan dan kelemahan bisnis laundry. Jangan hanya membayangkan keuntungan saja namun kelemahan dari bisnis pun patut untuk dipertimbangkan. Kelemahan jika tidak diketahui dan diwaspadai nantinya akan menyebabkan kehancuran bisnis tersebut bahkan bisa menyebabkan kebangkrutan. Memang setiap bisnis ada ancamannya masing-masing, langkah untuk membuat bisnis mampu bertahan adalah dengan mewaspadai segala ancaman-ancaman maupun kelemahan yang terjadi dalam bisnis tersebut dan mengelola bisnis dengan baik-baiknya sehingga ancaman-ancaman tersebut mampu teratasi dengan baik. Bagi yang ingin berbisnis laundry, simak beberapa kelebihan dan kelemahan bisnis laundry berikut ini:

Kelebihan Bisnis Laundry

bisnis laundry

bisnis laundry

Sponsor

Setiap orang yang ingin membuka bisnis laundry biasanya hanya membicarakan kelebihan bisnis tersebut tanpa mengetahui kelemahannya. Padahal kelebihan dan kelemahan bisnis laundry merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan bisnis laundry yang menguntungkan:

Banyak yang Membutuhkan

Salah satu kelebihan bisnis laundry saat ini adalah banyak yang membutuhkannya. Kesibukan saat ini banyak yang membuat orang tidak sempat untuk mencuci bajunya sehingga banyak yang menggunakan jasa laundry ini. Bagi yang memiliki jadwal padat pun bisa menggunakan jasa ini untuk meringankan pekerjaan mereka. Biasanya orang yang membutuhkan jasa laundry ini adalah orang yang bekerja di perkantoran, tinggal di apartemen, mahasiswa yang tinggal di kost, bekerja di pabrik dan masih banyak lagi lainnya.

Bisnis yang Mudah

Kelebihan dari bisnis laundry ini adalah relatif mudah untuk dijalankan. Hanya dengan mengandalkan mesin cuci, bisnis laundry ini akan bisa dijalankan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan keahlian khusus sebab sudah menggunakan mesin cuci. Setiap orang yang tidak bisa mencuci pasti bisa mencuci jika menggunakan mesin tersebut.

Meski tidak membutuhkan keahilan khusus, karyawan yang nantinya akan direkrut harus diberikan pengarahan bagaimana caranya mengoperasikan mesin dengan benar dan mengenalkan metode pre washing. Pre washing ini adalah mencuci pakaian di bagian-bagian tertentu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Metode ini akan melakukan pencucian di bagian kerah, atau pada bagian-bagian yang kotor. Banyak pelanggan laundry yang mengeluhkan pakaiannya yang masih kotor karena tidak menggunakan metode pre washing ini.

Bisa Dijalankan Sendiri

Bagi pebisnis laundry yang baru pertama kali membuka bisnis bisa membuka laundry ini tanpa karyawan sehingga bisa dijalankan sendiri terutama jika pelanggannya belum banyak semua cucian bisa dijalankan sendiri. Namun jika usaha laundry sudah berkembang tidak bisa diatasi sendiri dan unit mesin cuci pun harus ditambah. Manajemen waktu sangat diperlukan di sini agar cucian bisa selesai dengan tepat waktu. Tidak hanya itu saja, ada sistem laundry coin yang akan memungkinkan pelanggan untuk mencuci pakaiannya sendiri namun menggunakan mesin cuci milik laundry sehingga tanpa karyawan bisnis sudah bisa berjalan.

Memiliki Penghasilan Tetap

Jika sudah memiliki pelanggan yang pasti penghasilan setiap bulannya akan bisa dihitung. Penghasilan tersebut bisa dihitung per hari, per minggu kemudian di rekap per bulannya dengan begitu Anda bisa tahu berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya. Penghasilan tersebut masih bruto atau penghasilan kotor, nantinya penghasilan tersebut masih dibagi lagi untuk gaji karyawan jika menggunakan karyawan, biaya listrik, detergent dan lain sebagainya. Jika memiliki laba sebaiknya sebagian ditabung untuk membeli aset agar usaha laundry semakin berkembang maju, namun jika menanggung kerugian harus dianalisis apa yang salah dengan sistem bisnis yang Anda jalankan.

Dikerjakan di Rumah

Kelebihan bisnis laundry lainnya adalah bisa dikerjakan di rumah sehingga Anda tidak perlu menyewa tempat untuk menjalankan usaha laundry tersebut. Hal ini pun sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga sebab dia bisa menjalani bisnis laundry ini tanpa harus meninggalkan pekerjaan rumah. Mesin cuci ini sudah dilengkapi timer otomatis sehingga ketika mencuci bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah yang lainnya.

Kelemahan Bisnis Laundry

bisnis laundry kiloan

bisnis laundry kiloan

Selain memiliki banyak kelebihan, bisnis laundry ini juga memiliki banyak kekurangan. Berikut ini adalah kelemahan bisnis laundry yang harus diwaspadai dan diperhatikan:

Persaingan yang Ketat

Saat ini bisnis laundry menjadi bisnis yang banyak dijalankan oleh masyarakat terutama oleh ibu rumah tangga. Persaingan yang ketat ini sebenarnya bisa menjadi kelebihan dan kelemahan bisnis laundry. Mengapa demikian?, hal itu dikarenakan semakin ketat bisnis laundry yang ada saat ini akan membuat para pelaku bisnis untuk semakin memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Tidak hanya wangi saja namun pakaian yang dicucikan pun akan bersih. Ketatnya persaingan bisnis juga akan membuat pelaku bisnis laundry semakin kreatif dan inovatif misalnya saja memberikan diskon di hari-hari tertentu atau memberikan gratis mencuci dengan syarat misalnya sudah melaundrykan pakaian sebanyak 10 kali. Semakin kreatif dalam memberikan service kepada pelanggan akan membuat pelanggan puas dan datang kembali ke laundry Anda.

Limbah

Kelemahan bisnis laundry lainnya adalah menghasilkan banyak limbah. Jika ingin membuka bisnis sebaiknya harus memperhatikan limbah yang dihasilkan. Tidak hanya laundry saja, namun bisnis lainnya pun harus memperhatikan buangan limbah ini. Bisnis laundry yang menjadi limbah adalah air bekas mencucinya, selama ini banyak pebisnis laundry yang secara sembarangan membuang air berkas cucian ke sungai maupun ke gorong-gorong. Secara tidak langsung jika hal ini dilakukan secara terus menerus akan membuat lingkungan menjadi semakin tercemar. Oleh sebab itu jika ingin membuka bisnis laundry perhatikan dengan benar limbah air cuciannya. Caranya dengan menggunakan IPAL atau menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Biaya Perawatan yang Besar

Salah satu kelemahan bisnis laundry yang harus Anda perhatikan adalah biaya perawatan yang besar. Sebenarnya tidak hanya bisnis laundry saja namun semua bisnis pun membutuhkan biaya perawatan dan biaya operasional yang besar. Contoh biaya yang dikeluarkan adalah perawatan mesin cuci maupun perbaikan jika mesin cuci mengalami kerusakan dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Masyarakat Sudah Memiliki Mesin Cuci

Harga mesin cuci yang murah menjadikan daya beli masyarakat terhadap mesin cuci ini semakin meningkat. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini di setiap rumah sudah memiliki mesin cuci. Jika setiap masyarakat sudah memiliki mesin cuci maka pelanggan laundry akan semakin berkurang sebab dibandingkan mengeluarkan uang untuk mencucikan baju di laundry mereka memilih untuk mencuci di rumah yang lebih irit biaya.

iklan

Masyarakat Semakin Kritis

Masyarakat kini semakin cerdas dan cara berpikirnya pun semakin luas. Dengan pola pikir yang seperti itu akan membuat masyarakat semakin kritis terhadap service atau layanan yang diberikan dan menilainya dengan begitu ketat. Satu kesalahan saja akan membuat masyarakat memberikan  nilai minus yang besar. Biasanya hal ini terjadi pada pelanggan wanita dimana  mereka akan memperhatikan secara detail pakaian yang mereka cucikan di laundry. Jika ada hal yang kurang mengenakkan terjadi pada pakaiannya maka pelanggan tersebut akan meminta ganti rugi kepada pihak laundry.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kelemahan bisnis laundry yang patut untuk dipertimbangkan khususnya bagi Anda yang berencana membuka bisnis laundry.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kelemahan usaha laundry -kerugian usaha laundry -kelemahan laundry -kelemahan dan kelebihan usaha laundry -kelemahan dan kelebihan bisnis laundry -kelemahan dan elebihan usaha la -kelemahan bisnis lovebird -kelemahan ancaman dan peluang bisnis laundry -usaha loundri kelemahan dan kelebihan -kekurangan usaha laundry -

Tags: apa saja kelebihan dan kelemahan bisnis laundry kelebihan dan kelemahan bisnis laundry kelebihan dan kelemahan bisnis laundry terbaru

Posting Terkait "10 Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Laundry Kiloan"

4 Cara Daftar Bitcoin dan Bertransaksi dengan Aman
Cara daftar Bitcoin – Bitcoin saat ini
3 Cara Mendapatkan Bitcoin Berbayar Maupun Gratisan
Banyak yang bertanya bagaimana cara mendapatkan Bitcoin
5 Cara Membuat Bitcoin Wallet dan Kelebihannya
Cara membuat Bitcoin Wallet – Saat ini
9 Kelebihan dan Kelemahan Bitcoin yang Wajib Diketahui
Kelebihan dan kelemahan Bitcoin - Setelah dihebohkan

Tinggalkan pesan "10 Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Laundry Kiloan"